ITINERARY EKSPLOR KOREA 7 HARI

ITINERARY EKSPLOR KOREA 7 HARI

Tuesday, 03-01-2017 | 14:48

Bukchon Hanok

 

Enaknya eksplor Korea, Seoul dan sekitarnya berapa hari? Ke mana aja? Itu pertanyaan yang sering diajukan banyak orang yang ingin ke Korea. MyTrip merekomendasikan 7 hari karena perjalanan ke Korea dengan pesawat aja udah +/-8 jam belum termasuk transit. Jadi, untuk perjalanan PP udah makan waktu 2 hari. Dan untuk menjelajah Seoul dan sekitarnya paling sedikit butuh 4-5 hari. Berikut ide itinerary keliling Korea 7 hari, plus rekomendasi kuliner dan penginapan.

 

HARI 1

JAKARTA-SEOUL

Penerbangan malam hari, tiba di Seoul esok paginya.

 

HARI 2

SEOUL

Deoksugung Palace

 

- Dari Bandara Incheon langsung ke penginapan di Seoul.

- Makan siang di dekat hotel dan mengunjungi tempat wisata di tengah kota Seoul. Salah satunya istana peninggalan Raja Joseon: Deoksugung Palace. Tapi kalau hari Senin jangan ke sana karena tutup.

- Dekat Deoksugung Palace ada kuil megah bernama Jongmyo Shrine yang merupakan situs sejarah yang dilindungi UNESCO.

- Kembali ke hotel.

 

HARI 3

SEOUL

Gyeongbokgung Palace

 

- Istana lainnya di tengah kota Seoul: Gyeongbokgung Palace. Tutup setiap Selasa.

- Mampir sebentar ke Bukchon Hanok Village yang nggak jauh dari Gyeongbokgung Palace. Bukchon telah ada sejak ratusan tahun lalu. Uniknya, tempat ini merupakan ikon budaya Korea dengan ratusan rumah tradisional yang disebut Hanok.

- Makan malam dan belanja suvenir khas Korea di Insadong yang merupakan daerah perbelanjaan di tengah kota Seoul. Toko-toko berderet di kiri-kanan jalan dan banyak pilihan produk khas Korea dengan harga terjangkau.

- Kembali ke hotel.

              

HARI 4

GAPYEONG: NAMI ISLAND

Feri ke Nami Island

 

- Pagi hari menuju Gapyeong di perbatasan Provinsi Gyeonggi dan Gangwon. Ada beberapa atraksi menarik yakni Nami Island, Petit France, Jarasum Camping Site, Taman Bunga Arboretum, Cheongpyeong Lake dsb.

- Yang paling terkenal di Gapyeong tentu saja Nami Island yang merupakan lokasi syuting film Winter Sonata. Nuansa Nami Island bisa berbeda-beda setiap musimnya. Di sini banyak pepohonan rindang, aneka ornamen buatan manusia, danau besar, pemandangan bukit di seberang danau dan tempat untuk bersantai. Untuk masuk ke Nami Island kita harus melewati gerbang imigrasi yang disebut Naminara Republic. Nami Island diibaratkan sebuah negara tersendiri.

 

Imigrasi Nami Island

 

- Lanjut ke Petit France, desa kebudayaan Prancis yang didirikan di pinggiran kota. Di sini kita bisa menyaksikan aneka makanan khas Prancis, kebudayaan, benda-benda seni serta miniatur Menara Eiffel. Foto-foto aja di sini atau duduk-duduk dan makan siang menikmati nuansa Prancis di Korea.

 

Petit France

 

- Mampir sebentar ke Cheongpyeong Lake, danau buatan di Sungai Bukhangang. Ada permainan air seperti jet ski, banana boat dan ski air. Di tepi danau juga terdapat restoran dan kafe.

- Kembali ke hotel, masih menginap di Seoul.

 

HARI 5

SEORAKSAN NATIONAL PARK, LOTTE WORLD

Seoraksan National Park

 

- Untuk menuju Seoraksan National Park sebaiknya kita berangkat lebih pagi karena perjalanan cukup jauh. Dari tengah kota Seoul +/- 3 jam dengan naik subway, lanjut dengan bus antarkota, lanjut lagi dengan bus umum. Pemandangan gunung tinggi sudah terlihat saat kita turun dari bus. Gunung Seoraksan merupakan gunung ketiga tertinggi di Korea. Saat musim dingin gunung ini diliputi salju. Kita juga bisa mencapai puncak gunung Seoraksan dengan cable car di ketinggian 860 m.

- Sore hari sempatkan mampir ke Lotte World. Selain merupakan theme park di area tertutup, juga ada Lotte Department Store untuk belanja atau makan malam. Banyak wahana yang bisa dimainkan anak-anak maupun orang dewasa. Ada Komedi Putar, Giant Loop, Lotty Train, World Monorail, Parade Karnaval dsb.

- Kembali ke hotel, masih menginap di Seoul.

 

Lotte World

 

HARI 6

SEOUL

Namsan Tower

 

- Hari terakhir, belanja! Salah satu tempat belanja yang populer yaitu Dongdaemun Market. Banyak produk fesyen dengan harga terjangkau. Salah satu gedung yang banyak menjual aneka tekstil dan produk fesyen di Dongdaemun adalah Pyounghwa Fashion Town Market. Di sana terdapat sekitar 2.000 toko. Minimal butuh setengah hari untuk mengitari gedung ini. Kalau mau tempat belanja yang lebih nyaman dan modern, datanglah ke Lotte Fitin yang masih di area Dongdaemun.

- Namdaemun Market bisa dijadikan tujuan untuk belanja oleh-oleh murah-meriah. Pengunjung bisa berjalan sambil melihat-lihat barang yang dijual di kiri dan kanan jalan.

- Myeongdong Market merupakan tempat belanja paling top dan ramai di Seoul. Kebanyakan produk yang dijual bermerek internasional. Harga barang relatif mahal. Ada beberapa mal terkenal di Myeongdong yaitu Shinsegae, Lotte dan Migliore. Selain itu, jalan-jalan utama di Myeongdong juga dipenuhi toko-toko yang menjual merek ternama seperti Mango, Zara, Uniqlo, Giordano, H&M, Etude, GAP, Missha, Nature Republic dsb.

- Seoul Tower & Namsan Park terletak dalam satu area. Di bawah Seoul Tower kita bisa menyaksikan ribuan gembok cinta yang dikaitkan di pagar kawat. Selain itu, ada 7 kerangka kawat menjulang tinggi yang berbentuk pohon Natal untuk meletakkan gembok-gembok cinta. Ke sini disarankan malam hari saat lampu-lampu di Seoul Tower mulai menyala. Pemandangan kota Seoul juga bisa kita saksikan dari tempat ini.

 

HARI 7

SEOUL-JAKARTA

Dengan penerbangan pagi, tiba di Jakarta menjelang sore.

 

REKOMENDASI KULINER:

Bibimbap

 

  • Di Namdaemun Market banyak makanan khas Korea yang dijual di tenda-tenda non permanen. Makanan yang ditawarkan rata-rata bakar-bakaran seperti bulgogi.
  • Myeongdong Kyoja merupakan salah satu restoran khas Korea di distrik Myeongdong yang menyajikan menu kalguksu, bibimguksu, kongguksu, kimchi dsb.
  • Kimbap Cheonguk merupakan restoran khas Korea yang menjual aneka macam kimbap (mirip sushi, dibungkus dengan helaian rumput laut). Menunya antara lain Bulgogi Kimbap, Tuna Kimbap, Cheese Kimbap, Kimchi.
  • Makanan halal banyak di daerah Itaewon. Seperti kebab Turki, roti canai, nasi briyani, kari ayam, bibimbap halal dan aneka makanan halal lainnya. Kebanyakan penjualnya orang Pakistan, Arab, India, Maroko dan Turki. Restorannya antara lain Spain Pocadillos Morrocan Sandwich, Sultan Kebab, Mr. Kebab.

 

REKOMENDASI PENGINAPAN:

  •  Hotel *4 dan *5 rata-rata tarifnya >Rp 1 juta/malam. Bahkan untuk *5 bisa >Rp 2 juta. Penginapan *3, kelas melati dan hostel-hostel backpacker masih bisa didapatkan dengan harga
  • Di Myeongdong banyak hostel backpacker tetapi tarifnya lebih mahal dibanding lokasi lain. Misalnya, salah satu hostel di dalam gang di Myeongdong seperti Zaza Backpacker Hostel bisa mematok tarif Rp 600.000/malam/orang. Dan hotel *2 atau *3 di sini bisa >Rp 1 juta/malam. Namun Myeongdong di pusat kota dan dekat dengan banyak pusat perbelanjaan serta banyak dilewati kendaraan umum.
  • Tarif lebih murah bisa didapatkan di Banana Backpacker Hostel di dekat Stasiun Subway Jongno sekitar Rp 300.000/malam/orang.

 

Baca lebih lengkap tentang Korea di sini dan di sini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks: Lisa Merinda Foto: Lisa Merinda, Shutterstock

2 COMMENTS


oda Jul 19, 2018 Reply

mantap < a href ="https://cvtugu.com" > rental mobil jogja< /a>


Andre Sep 07, 2018 Reply

asyik ya, ferinya bagus..[url=https://www.agitourjogja.com]salam[/url]


468

Back to Top