PANDUAN CERDAS EKSPLOR NEW ZEALAND

PANDUAN CERDAS EKSPLOR NEW ZEALAND

Wednesday, 07-12-2016 | 10:19

 

Libur akhir tahun ini ada yang mau ke New Zealand? Dingin? Nggak dong. Desember di New Zealand justru awal musim panas. Suhunya berkisar 20-30 derajat celcius. Enak, sejuk, nggak panas-panas amat. Lagipula, New Zealand itu seru dan asyik dieksplor kapan aja, sepanjang tahun!

Sebelum berangkat liburan ke sana, ini baca dulu panduan cerdas yang MyTrip rangkumkan untuk Anda.

 

INFO UMUM

Letak: Negara kepulauan ini berada di tenggara Benua Australia, dikelilingi Laut Tasman dan bagian selatan Samudera Pasifik. Terdiri dari 2 pulau utama, yaitu North Island dan South Island.

Luas: 268.021 km2 (lebih luas sedikit dari 2X Pulau Jawa).

Ibu kota: Wellington.

Kota utama turis: Auckland, Wellington, Christchurch, Rotorua, Lake Tekapo, Queenstown.

Zona waktu: GMT+12 (lebih cepat 5 jam dari WIB) selama musim semi–musim gugur dan GMT+13 selama musim dingin. 

Bahasa: Mayoritas bahasa Inggris. Sedangkan bahasa M?ori banyak dipakai sebagai nama tempat, namun tidak dipakai secara aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Kode telepon: +64

Mata uang: New Zealand Dollar (NZD). NZD 1 = +/-Rp 9.700.

Tips:

  • Kalau tidak sempat beli NZD di Jakarta, bawalah USD.
  • Nilai tukar di bank sedikit lebih rendah dari money changer. Tapi bank hanya menarik komisi NZD 5. Sedangkan money changer mengambil komisi minimum 1% dari jumlah yang ditukarkan. Jadi kalau menukar dalam jumlah banyak lebih baik di bank. 

Stop kontak: Lubangnya pipih dan tipis, dan tidak sejajar. Jadi bawalah adaptor dengan 2 atau 3 kaki yang tipis.

 

 

Internet/Wi-Fi: Hampir semua hotel berbintang, hostel maupun B&B memberlakukan batasan untuk internet gratis di kamar. Ada juga yang hanya menyediakan internet gratis di lobi. Nggak semua restoran atau kafe menyediakan Wi-Fi gratis.

Air minum: Air keran di tempat umum bisa diminum. Nggak semua hotel memberikan air mineral gratis. Harga sebotol air mineral ukuran 1,5 liter +/-NZD 4.

 

PENGAJUAN VISA NEW ZEALAND KE MANA?

Alamat NEW ZEALAND VISA APPLICATION CENTRE

Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19

Jl. Prof. Dr. Satrio Lot 18

Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940

Telepon: (021) 30418701

E-mail: info.nzid@vfshelpline.com

Kunjungi www.vfsglobal.com/newzealand/indonesia.

 

KAPAN WAKTU TERBAIK?

 

Semua atraksi turistik lengkap tersaji sepanjang tahun. Bahkan kita bisa merasakan salju di luar musim dingin. Hanya saja, anginnya cukup kencang, terutama pada musim gugur dan musim semi.

 

CARA KE NEW ZEALAND

Dari Jakarta: Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Qantas, Jetstar membuka rute Jakarta–Auckland atau Jakarta–Wellington (dengan transit). Durasi: +/-10 jam (belum termasuk transit).

Dari Singapura: Singapore Airlines, Air New Zealand, Qantas, Malaysia Airlines atau British Airways terbang ke Aukcland atau Wellington dan transit di Australia.

Dari Australia: Qantas, Jetstar dan Air New Zealand merupakan maskapai utama yang menghubungkan dua negara ini. Hampir semua bandara di Australia melayani penerbangan ke New Zealand. Durasi: +/-3,5 jam.

Penting!

Untuk pemegang paspor Indonesia, jika transit di Australia >8 jam dan <72 jam harus memiliki Transit Visa. Lakukan permohonan visa sebelum berangkat.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE PUSAT KOTA

Bandara Auckland

  • Airbus Express. Berangkat setiap 10 menit saat weekdays dan 15 menit saat weekend.
  • Jika pergi berempat atau lebih disarankan naik shuttle bus atau taksi.

 

Bandara Wellington

 

 

  • Bus Airport Flyer berangkat setiap 20 menit menuju Queensgate–Lower Hutt.
  • Taksi.
  • Shuttle bus.

 

Bandara Christchurch

  • Ada tiga bus menuju kota. Purple line ke Avonhead, Bus No.29 menuju Fendalton dan Bus No. 125 menuju Westlake dan Restwood yang lewat setiap 30 menit.
  • Taksi, ada tambahan uang penjemputan atau drop off NZD 5,5.
  • Shuttle bus, dengan tujuan pusat kota, di sekitar Fendalton.

 

Bandara Queenstown

  • Bus, No.6 (Kevin Heights/Hilton), No.8 (Arthurs Point), No.9 (Fernhill/Sunshine Bay), No.10 (Arrowtown), No.11 (Queenstown/Remarkables Park), No.12 (Quail Rise/Lake Hayes Estate) dan Wanaka Service. Semua jurusan Connectabus ini berangkat setiap 15 menit.
  • Airport Shuttle ke Queenstown Town Center.
  • Taksi.

 

Penting!

Orang New Zealand termasuk disiplin dan tepat waktu. Jika kita ikut tur jangan sampai terlambat. Mereka biasa datang lebih awal dan jika semua peserta sudah datang, tur bisa berangkat lebih awal.

 

YANG GRATIS:

Semua museum nasional dan taman botanik di New Zealand gratis. Tapi kalau mau berkontribusi, masukkan saja ke kotak donasi.   

 

TRANSPORTASI KELILING NEW ZEALAND

Pesawat

Untuk penerbangan domestik, bagasi kabin yang diperbolehkan hanya 7 kg sedangkan check in luggage 23 kg. Hanya ada dua maskapai utama untuk penerbangan antarkota yaitu Air New Zealand dan Jetstar.

 

Kapal feri

Kapal feri di New Zealand terkenal cepat, on time, aman dan nyaman. Ada berbagai macam perusahaan yang melayani pelayaran dari pulau besar ke pulau-pulau kecil di sekitarnya, misalnya dari Auckland bisa naik Fullers atau Explore untuk menuju Hauraki Gulf Island, seperti Pulau Waiheke, Great Barrier, Rangitoto, Rotoroa Island dll. Terkadang tiket feri bisa digabungkan dengan beberapa tur di pulau-pulau tersebut.

 

Sewa mobil

 

 

Untuk bisa menyewa mobil dan menyetir di New Zealand kita harus memiliki SIM Internasional dan mempelajari peraturan lalu lintasnya (lihat di www.nzta.govt.nz). Untungnya sama dengan di Indonesia, kita menyetir di sebelah kiri jalan. Ingat, ada pembatasan kecepatan dan jangan dilanggar ya! Jangan lupa mengisi penuh tangki bensin sebelum mengembalikannya atau mereka akan menarik uang melalui kartu kredit kita.

 

Kereta api

 

Ada dua perusahaan besar kereta api di New Zealand, yaitu Rail New Zealand dan KiwiRail. Keduanya bekerja sama dengan layanan kereta api dan feri yang sama, yaitu The Northern Explorer, The Coastal Pacific, The Tranz Alpine dan Interislander.

 

Rail New Zealand

Perusahaan kereta api nasional ini memberikan kemudahan dengan 5 jenis ticket pass yang bisa digabungkan dengan bus antarkota dengan hari yang bisa kita tentukan sendiri. Juga disediakan ticket pass terpisah untuk Scenic Bus Passes dan Scenic Train Passes.

 

KiwiRail

Perusahaan kereta swasta ini menawarkan ticket pass yang menggabungkan layanan kereta dan kapal feri. Ada dua jenis ticket pass. Yang pertama, Fixed Pass yang memperbolehkan kita melakukan perjalanan tanpa batas dengan kereta api dan kapal feri dalam jangka waktu tertentu. Ada juga Freedom Pass yang memungkinkan kita memilih durasi perjalanan dengan kereta api dan kapal feri dalam jangka waktu sekitar 9 bulan.

 

Bus

Intercity merupakan perusahaan nasional bus di New Zealand yang juga menawarkan dua macam travel pass.

 

Flexi Pass

Travel pass yang bisa dibeli online berdasarkan lama perjalanan dan bisa digunakan juga untuk Interislander Ferry. Kita juga bisa online booking perjalanan dan tur atau aktivitas di Milford Sound, Mount Cook, Waitomo Cave dan banyak lagi di website mereka dengan menggunakan Flexi Pass.

 

Travel Pass

Ada juga Travel Pass yang menawarkan paket transport di berbagai tempat di New Zealand. Jadi kita tinggal tentukan bagian mana yang ingin kita jelajahi. Travel Pass ini bisa menggabungkan beberapa rute sehingga harganya lebih murah. Travel Pass bisa digunakan untuk Interislander Ferry dan TranzAlpine.

 

BAGAIMANA SOAL MAKANAN DAN MINUMAN?

Makanan khas New Zealand adalah lamb steak dengan kentang dan sayuran rebus. Banyak hidangan fusion, misalnya penggabungan Western dan Asian taste di berbagai restoran.

 

Lamb steak

 

Local dairy milk products di sini memiliki kualitas prima. Buat yang suka sekali dengan gelato dan keju, New Zealand bisa dibilang surganya. Salah satu toko yang menjual keju berkualitas adalah The Kapiti Store, A New Zealand Original, di Auckland.

Ada dua minuman yang menjadi kebanggaan warga lokal. Yang pertama kopi dan kita akan melihat banyak orang menyambangi toko kopi lokal seperti Mojo atau Carribean Coffee Roasters. Yang kedua, wine. Wine New Zealand cukup populer. Yang paling terkenal Sauvignon, Pinot Noir dan Riesling. Banyak vineyard yang menawarkan tur dan tasting session.

 

APA SUVENIR KHASNYA?

Salah satu oleh-oleh paling khas dari New Zealand adalah kalung dengan liontin berupa simbol-simbol khas suku M?ori dengan berbagai arti. Aslinya, liontin ini dibuat dari batu jamrud, namun ada juga yang terbuat dari tulang sapi atau batok kelapa. Simbol-simbol ini antara lain: Hei Tiki, Toki Blade, Twist, Koru, Fish hook, Manaia.

 

Hei Tiki

 

KEAMANAN

Tingkat keamanan hampir di semua kota di New Zealand sangat tinggi. Tetapi, ada baiknya tetap waspada dan hati-hati, terutama di kota besar dan ramai.

Teks: Agusmia Putri Hareani & Mayawati Nur Halim Foto: Mayawati Nur Halim, Shutterstock

1 COMMENTS


Iyesh Oct 18, 2017 Reply

Terima kasih infonya. "Toko Online Grosir Busana Baju Muslim Maxi Gamis Dress Busui Pashmina Jilbab Murah" www.iyesh.com


562

Back to Top