CESKY KRUMLOV: SALAH SATU DESA TERINDAH DI DUNIA

CESKY KRUMLOV: SALAH SATU DESA TERINDAH DI DUNIA

Friday, 11-11-2016 | 12:13

 

Beberapa waktu lalu sempat ramai pemberitaan tentang desa terindah di dunia salah satunya ada di Sumatera Barat yakni Desa Pariangan. Nah selain Pariangan, oleh majalah Budget Travel juga dipilih 4 desa lainnya yakni Wengen (Swiss), Eze (Prancis), Niagara on the Lake (Kanada), dan Cesky Krumlov (Ceko).

Nggak salah kalau desa atau kota kecil ini dipilih sebagai salah satu yang terindah. MyTrip yang pernah ke sana tahun 2015 atas undangan Kedubes dan Tourism Ceko juga jatuh cinta pada kota ini pada pandangan pertama. Selain keberadaan Cesky Krumlov Castle yang makin mengukuhkan Ceko sebagai negeri dongeng, suasana kota ini membawa kita kembali ke Abad Pertengahan. Sulit membandingkan Cesky Krumlov dengan pedesaan lainnya di Eropa seperti Salzburg di Austria atau Vianden di Luxembourg, karena tidak ada kastil sebesar ini yang langsung dikelilingi perumahan rakyat. Tak heran banyak turis rela menghabiskan beberapa malam di sini khusus untuk meneruskan mimpinya di negeri dongeng! Selain itu, National Geographic pernah menobatkan foto berlatar Cesky Krumlov sebagai pemenang Traveler Photo Contest 2014.

 

MATA UANG

Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 545 dan EUR 1= +/-CZK 27.

Agak susah membelinya di Jakarta, jadi bawa EUR saja, setibanya di Praha langsung ditukar.

 

CARA KE CESKY KRUMLOV

Kalau dari Jakarta tentu ke Praha dulu. Cara ke Praha dari Jakarta bisa dibaca di sini. Dari Praha ke Cesky Krumlov bisa naik kereta tapi harus nyambung kereta lain atau bus. Jadi lebih baik naik bus.  

  • Naik Student Agency Bus dari Praha ke Cesky Krumlov (CZK 200; 3 jam).
  • Naik Cesky Krumlov Shuttle dari berbagai kota di Austria seperti Vienna, Salzburg dan Hallstatt ke Cesky Krumlov (mulai CZK 900) dengan durasi tercepat 3,5 jam.

 

CARA KELILING KOTA

 

  • Paling enak menginap di dalam kawasan old town karena ke mana-mana tinggal jalan kaki.
  • Naik taksi dari pusat kota ke stasiun kereta maupun terminal bus Cesky Krumlov sekitar CZK 80-100.
  • Ikut tur jalan kaki gratis dengan membayar seikhlasnya kepada tour guide dari Wiseman dengan ciri khas payung merah. Biasanya turnya berlangsung selama 2 jam dan dimulai dari kantor Tourist Information yang ada di main square (Námestí Svornosti).

 

Cesky Krumlov Card

Supaya lebih ekonomis, kita bisa membeli Cesky Krumlov Card (harganya CZK 200) yang memperbolehkan kita berkunjung ke 4 tempat wisata utama, yaitu:

- Castle Museum dan Castle Tower

- Ceský Krumlov Regional Museum

- Museum Fotoatelier Seidel

- Egon Schiele Art Centrum

 

TEMPAT-TEMPAT MENARIK UNTUK DIKUNJUNGI:

CESKY KRUMLOV CASTLE

 

Kastil yang dibangun sejak abad ke-13 sampai ke-19 di bawah Keluarga Rosenberg ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Lokasinya yang di atas perbukitan dan dikelilingi pedesaan dan Sungai Vltava membuat kastil ini seperti di negeri dongeng. Menaranya didesain dengan dua gaya arsitektur, Barok dan Renaissance.

Saking besarnya, mengunjungi seluruh bagian kastil butuh sehari penuh. Karenanya, tur di dalam kastil ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Rute Tur I dan Rute Tur II, tidak termasuk ke Teater Barok. Tur ini  sudah termasuk satu pemandu dengan bahasa asing yang kita pilih.

Harga tiket/tur untuk dewasa dari CZK 35 sampai CZK 300.

Kalau hanya melihat-lihat taman kastil aja sih gratis.

Untuk jam buka, silakan kunjungi http://www.castle.ckrumlov.cz.

 

EGON SCHIELE ART CENTRUM

Artis, pelukis dan ekspresionis kenamaan ini biasa datang mengunjungi ibunya yang lahir di Cesky Krumlov. Beberapa karyanya yang paling terkenal dan terisinpirasi dari Cesky Krumlov adalah Dead Town, Yellow Town atau Town on the Blue River. Lucunya, pada awal abad ke-20 karyanya dianggap erotis karena memperlihatkan tubuh wanita-wanita cantik tanpa sehelai benang pun menutupinya, namun setelah wafat, karyanya malah semakin dipuja.

Jam buka:

April–Oktober: Setiap hari pkl.10.00–18.00

November–Januari: Selasa-Minggu pkl.10.00–18.00

Harga tiket: CZK 140 (dewasa)  

 

SATLAVA: RESTO MEDIEVAL YANG DIREKOMENDASIKAN

 

Ada satu restoran dengan konsep medieval age yang berkesan banget untuk MyTrip, namanya Šatlava. Direkomendasikan untuk booking tempat terlebih dahulu kalau mau makan di restoran unik ini karena selalu penuh. Ingat ‘kan tempat makan di film-film Lord of The Rings atau Hercules yang menyerupai gua ketika masuk ke dalamnya? Begitulah perasaan MyTrip saat masuk ke dalamnya. Mereka langsung masak di perapian yang ada di tengah-tengah restoran karena hampir seluruh hidangan utamanya adalah barbecue seperti di Abad Pertengahan. Saus barbecue-nya top banget, sesuai dengan lidah Indonesia! Porsinya juga nggak tanggung-tanggung, jadi pastikan kita datang ke sini dengan perut kosong. Harga hidangan utamanya mulai CZK 110 saja. Untuk reservasi, kunjungi website-nya: http://www.satlava.cz.

 

PENGINAPAN

Kebanyakan penginapan di Cesky Krumlov berupa pension atau bed and breakfast bergaya pedesaan. Untuk pension di city center, harga yang dipatok mulai EUR 35 untuk dua orang per malam, sedangkan untuk hostel, per orang biasanya mulai EUR 10.  

 

MORE TO KNOW:

 

Di Cesky Krumlov kita juga bisa berkunjung ke berbagai museum dan galeri unik seperti Marionette Museum, Wax Museum atau Agency of Czech Ceramic Design. Sedangkan bagi yang suka olahraga dan tantangan adrenalin bisa bersepeda di sepanjang Schwarzenberg Waterway di Gunung Šumava atau sekadar berkano di sepanjang Sungai Vltava. Yang suka belanja pernak-pernik cantik, banyak sekali toko-toko kecil yang menarik di sepanjang jalan menuju kastil.

 

Toko suvenir

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


253

Back to Top