HO CHI MINH CITY, ALTERNATIF LIBURAN MURAH DI ASIA TENGGARA (Bagian 2-Tamat)

HO CHI MINH CITY, ALTERNATIF LIBURAN MURAH DI ASIA TENGGARA (Bagian 2-Tamat)

Wednesday, 02-11-2016 | 15:06

Pho,  makanan khas Vietnam

 

Ho Chi Minh City (HCMC) di Vietnam merupakan pilihan yang tepat jika Trippers ingin ekpslor negara Asia, khususnya Asia Tenggara, dengan bujet terbatas. Apa-apa serba murah di HCMC, bahkan cenderung lebih murah dari Jakarta. Tapi hati-hati saja dengan scam ya.

 

OBYEK-OBYEK WISATA WAJIB KUNJUNG

-  Ben Thanh Market

 

Ini adalah pasar yang sangat terkenal di Vietnam. Suka atau nggak suka belanja, wajib hukumnya ke sini kalau ke HCMC. Anda bisa menemukan berbagai macam suvenir, aneka barang-barang lucu, jajanan, makanan, produk fesyen, dan lain-lainnya di dalam satu tempat ini. Jika siang hari pedagang berjualan di dalam gedung, malam harinya mereka tumpah ruah di tengah jalan. Harga-harganya murah abesss. Anda bisa tawar-menawar dengan para pedagang hingga setengah harga dan transaksi dapat dilakukan menggunakan USD. Kalau nggak pede tawar-menawar, cari section fixed price di dekat pintu masuk yang berhadapan dengan patung kuda.

 

-  Cu Chi Tunnels

 

Salah satu situs peninggalan Perang Vietnam yang kini dikelola pemerintah untuk spot wisata. Terowongan ini dulu menghubungkan Vietnam dengan Kamboja untuk memasok makanan dan senjata. Terowongan ini juga menghubungkan antardesa di Saigon. Merupakan satu-satunya tempat yang tidak dapat dikuasai Amerika saat perang dulu.

Tinggi terowongan +/-70 cm dengan lebar hanya 50 cm. Ada lubang kecil di setiap 5-10 m untuk aliran udara. Hebatnya, terowongan ini memiliki kedalaman hingga 3 tingkat! Ada rumah tinggal, rumah sakit, hingga dapur umum di dalamnya. Kita harus jongkok atau merunduk saat menyusurinya.

Oleh pemandu Anda akan diperlihatkan model-model “jebakan” yang dibuat warga untuk antisipasi. Seperti rangka door trap yang berisi paku-paku dan jebakan di tanah yang jika diinjak langsung jeblos ke lubang berisi paku.

 

-  Taman-taman di tengah kota

 

Taman-taman ini sangat terawat, bersih, dan sejuk. Dengan pepohonan yang rindang, Anda akan sangat menikmati taman ini. Banyak orang melakukan aktivitas di sini. Berolah raga, membaca buku, mengobrol, dan lainnya. Kadang ada juga pameran-pameran foto.

 

-  Mekong Delta

 

Di sungai Mekong ini Anda akan menemui pasar terapung. Kalau ikut tur Anda akan diajak berkeliling sepanjang Sungai Mekong dengan perahu, menikmati sunset dan Anda juga bisa singgah ke pemukiman masyarakat dengan berkeliling naik sepeda.

 

-  Ho Chi Minh Museum

 

Terletak tak jauh dari Ben Thanh Market. Museum ini berisi mengenai peradaban masa lampau Vietnam. Bagaimana perkembangan Ho Chi Minh City dari masa ke masa.

 

MAKAN DAN MINUM

-  Hati-hati bagi teman-teman Muslim, HCMC has many kind of pork. Anda akan menemui banyak menu yang menggunakan daging babi. Tapi jangan khawatir, banyak tersedia makanan cepat saji di setiap sudut jalan. Atau Anda bisa mencoba makanan halal di belakang Masjid Jami’ah.

-  Cobalah pho, makanan khas Vietnam. Pho isinya mie putih dengan kuah dan topingnya bermacam-macam. Jika Anda makan di warung nasi atau rumah makan pinggir jalan, walaupun menunya penuh dengan variasi daging babi, Anda bisa memintanya tanpa daging babi.

 

 

-  Di setiap sudut Anda akan menemui gerai kopi. Dari yang merek franchise hingga warung kopi kaki lima. Anda harus mencoba kopi Vietnam. Selain rasanya kuat, cara penyajiannya pun unik. Disarankan mencoba Trung Nguyen Coffee kebanggaan masyarakat Vietnam.

 

TIPS & TRIK

-  Tukar VND di Indonesia secukupnya saja untuk kebutuhan awal (naik bus atau taksi dari bandara ke penginapan), karena kursnya beda jauh banget dengan kalau Anda menukarnya di money changer di pusat kota HCMC, tapi tukarnya/belinya dengan USD ya, bukan dengan rupiah.

-  Cari paket-paket tur dari penginapan atau agen-agen travel di District 1. Harga kurang lebih sama. Biasanya bisa ditawar kalau Anda berombongan.

-  Pakailah alas kaki yang nyaman ketika mengikuti tur karena Anda pasti banyak berjalan kaki. Tak lupa sunblock untuk melindungi kulit, HCMC termasuk iklim tropis dan cukup panas.

-  Hati-hati jika menyeberang jalan. Traffic sedikit semrawut dengan banyaknya sepeda motor (lebih banyak dari Jakarta) tetapi tidak macet dan jarang yang ugal-ugalan. Tipsnya: Melangkahlah pelan-pelan dan biarkan motor-motor itu sendiri yang menghindari Anda. Kalau terlalu takut, tunggu penduduk lokal yang juga mau menyeberang dan ikutilah mereka sampai selamat ke seberang.

-  Kalau menggunakan taksi, pilihlah Vinasun Taxi yang terpercaya. Taksi lain di HCMC banyak yang pakai argo kuda, hati-hati.

-  Saat membuka peta atau celingukan di pinggir jalan, jangan kaget kalau dihampiri orang yang ingin menawarkan jasanya. Sebaiknya tolak halus.

Teks: Andriani Silalahi, Diona RK, Heidy Suzanne Foto: baotanghochiminh.vn, bay area bites, globeprime.com, govietnam.info, pho97southlands.com, theplanetd.com, trover.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


189

Back to Top