KE SWISS NGGAK AFDOL KALAU NGGAK NAIK KERETA COKELAT 2016-10-29 00:00

Jalan-jalan di Swiss begitu mudah karena ada Swiss Travel System yang menjangkau semua tempat di Swiss, seterpencil apa pun, dengan transportasi publik seperti kereta, bus, funicular, gondola, dan kapal. Tingkat ketepatan waktu transportasi publiknya, keamanannya, kebersihannya juga patut diacungi jempol. Selain kereta-kereta biasa, Swiss juga punya kereta panoramik yang sesuai namanya, akan melewati rute-rute panoramik yang sayang kalau dilewatkan.

 

KERETA PANORAMIK APA SAJA YANG PATUT DICOBA?

THE CHOCOLATE TRAIN

 

Kereta yang merupakan kerjasama GoldenPass Services dan Cailler-Nestlé ini berangkat dari Montreux ke kota kecil Broc, rumah bagi cokelat merek Cailler (baca: Kaiye). Sepanjang jalan jangan lewatkan pemandangan yang amat permai yang bisa dilihat dari jendela kereta yang besar. Tur ini memakan waktu 8,5 jam.

Persinggahan pertama kita akan turun di sentra pembuatan keju La Maison de Gruyeres. Kedua,  mampir untuk jalan-jalan di Desa Gruyere dengan highlight kastil bergaya medieval. Nah perhentian ketiga atau terakhir adalah di Maison Cailler di Broc. Di pabrik cokelat ini selain kita diajak melihat proses pembuatan cokelat, tentu saja kita juga akan diberi kesempatan icip-icip cokelat. Hmmm... yumyum! Rugi ‘kan kalau nggak nyobain Chocolate Train ini?

Ada dua tipe kereta: Yang satu lebih modern dengan jendela besar; satunya lagi kereta klasik Belle Epoque Pullman dari tahun 1915.

Waktu operasional:

- Mei, Juni, September dan Oktober: Senin, Rabu dan Kamis.

- Juli-Agustus: setiap hari.

Harga tiket: sekitar CHF 100 (+/-Rp 1,3 juta)

 

GOLDENPASS LINE

Rute Lucerne- Montreux

 

Inilah kereta panoramik pertama di dunia. Menghubungkan dua area di Swiss yang berbahasa Jerman dan Prancis. Pertama dengan Lucerne-Interlaken Express. Kemudian dengan BLS ke Zweisimmen. Dan terakhir dengan GoldenPass Panoramic atau GoldenPass Classicdari Gstaad ke Montreux di Lake Geneva.

Catatan penting: Kalau punya Swiss Pass, kita akan dapat potongan harga untuk membeli tiket kereta panoramik. Baca di “Check in-nya di Stasiun Kereta, Bagasi Kita Bisa Terbang Langsung ke Jakarta”

 

10 RUTE KERETA PANORAMIK DI SWISS

1. Glacier Express (St.Moritz-Zermatt)

 

2. Bernina Express (Chur-Tirano di Italia)

3. GoldenPass Line (Luzern-Montreux)

4. Wilhelm Tell Express (Luzern-Lugano)

5. Pre-Alpine Express (St.Gallen-Luzern)

6. Regio Express Bern-Luzern & Lotschberger (Luzern-Brig)

7. Jungfrau Railways (Interlaken-Jungfraujoch)

8. Lavaux Line (Genewa-Brig)

9 Jura Foot Line (Basel-Genewa)

10. Three City Line (Luzern-Chur)

 

 

Untuk lengkapnya silakan kulik www.goldenpass.ch.

 

 

Teks: Mayawati NH Foto: Swiss Travel System
Comment