TRIK MURAH DAN EFISIEN EKSPLOR PHUKET (Bagian 2)

TRIK MURAH DAN EFISIEN EKSPLOR PHUKET (Bagian 2)

Saturday, 15-10-2016 | 13:32

Maya Beach di Phi Phi Islands

 

Beberapa tahun lalu waktu ada penerbangan langsung Jakarta-Phuket dengan salah satu budget airlines, Phuket sempat menjadi destinasi favorit. Apalagi dari Phuket bisa island hopping ke Phi Phi Islands yang terkenal dengan Maya Beach-nya, yang menjadi lokasi syuting filmnya Leonardo DiCaprio, The Beach. Sekarang udah nggak ada penerbangan langsungnya. Tapi Phuket dan pantai-pantainya tetap menggoda untuk didatangi. Apalagi banyak cara murah untuk mengeksplornya.

 

JOIN TOUR, SEWA MOBIL, SEWA MOTOR, NAIK OJEK, ATAU NGANGKOT UNTUK KELILING?

Patong Beach

 

Mau nyaman dan gampang, tentu ikut join tour yang banyak ditawarkan di agen-agen yang bertebaran di kawasan turis. Bisa ikut tur ke Phang Nga Bay (salah satunya mengunjungi James Bond Island yang terkenal itu), ke Phi Phi Islands, atau island hopping ke beberapa pulau. Harga variatif, tergantung fasilitas yang didapat, juga tergantung kelihaian Anda menawar, antara THB 1.200-1.800 untuk one day tour.

Mau nyaman tapi tak terikat jadwal? Sewa mobil berikut supir. Harga sewa seharian THB 1.000-1.500. Sebaiknya cari info sebanyak-sebanyaknya mengenai lokasi wisata yang ingin Anda kunjungi. Beritahu supir, biar dia yang mengatur rutenya. Kalau betah di suatu tempat, Anda bisa berlama-lama dan skip lokasi lainnya. Tapi untuk island hopping yang butuh sewa boat, tetap lebih baik ikut join tour. Atau jika punya dana ekstra bisa carter boat.

Jika mahir baca peta, bisa mengendarai motor dan ingin sedikit berpetualang, sewa motor aja. Sama lah seperti di Bali, banyak turis berkeliaran dengan motor. Di Phuket pun begitu. Harga sewa motor per hari sekitar THB 200. Sewalah motor atas referensi tempat menginap atau yang berada di sekitar itu. Jangan menjaminkan paspor untuk sewa motor ya. Nggak perlu punya SIM internasional untuk sewa motor.

 

Songthaew

 

Untuk jarak dekat, misalnya dari Pantai Patong ke Pantai Karon, atau keliling di dalam Phuket Town, bisa naik ojek (THB 50-100/orang), atau naik songthaew (angkot) bertrayek THB 30-50/orang, atau sewa tuktuk (THB 300-400). Baik songthaew maupun tuktuk bisa disewa maupun dinaiki sesuai trayek. Ojek jelas kelihatan karena berplat kuning dan tukang ojeknya pakai rompi. Tuktuk dan songthaew juga bisa disewa untuk jarak jauh, misalnya ke Phrom Thep Cape, sekitar THB 800, lebih murah dikit dari harga sewa mobil.

 

BUJET MAKAN DI PHUKET

Biaya makan di Thailand pada umumnya sama dengan di Jakarta atau malah lebih murah. Kalau makan mie kuah atau nasi campur di warung sederhana yang banyak di pinggir jalan sekitar THB 50-80 ajah! Kalau mau makan Chinese food atau Thai food di restoran pun untuk 2 orang palingan THB 300-400.

 

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: asiawebdirect.com, beachwallpaperhd.com, krabiview.com, nanomed.org

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


377

Back to Top