INGIN MEMELUK KOALA? BERKUNJUNGLAH KE QUEENSLAND!

INGIN MEMELUK KOALA? BERKUNJUNGLAH KE QUEENSLAND!

Thursday, 13-10-2016 | 13:15

 

 

Dengan semboyan “Where Australia Shines” atau “Di Mana Australia Bersinar”, Negara Bagian Queensland memposisikan diri sebagai destinasi untuk mendapatkan pengalaman khas Australia. Salah satu pengalaman khas yang bisa kita dapatkan di negara bagian dengan ibu kota Brisbane ini adalah memeluk koala.

 

APAKAH KOALA ITU SEJENIS BERUANG?

Bukan, koala bukan beruang. Memang sepintas mirip beruang, atau lebih mirip wombat, binatang khas Australia lainnya. Koala (Phascolarctos cinereus) adalah salah satu binatang mamalia berkantung (marsupial) khas dari Australia. Bedanya mamalia berkantung dengan mamalia plasental adalah, koala melahirkan anak yang belum matang dan kecil sekali (bayangkan, bayi koala hanya sekitar 2 cm, buta dan belum berbulu), yang kemudian dirawat dan dibesarkan di dalam kantungnya. Bayi koala yang dikenal dengan sebutan Joey berdiam di kantung induknya selama 6-7 bulan.

 

 

DI MANA HABITATNYA?

Habitat koala di hutan eukaliptus karena daun eukaliptus inilah makanannya. Jarang sekali koala turun dari home tree-nya, dan dia juga jarang minum (kata “koala” dalam bahasa Aborigin berarti “tidak minum”), karena daun eukaliptus mengandung banyak air. Hutan eukaliptus ini banyak terdapat di sisi timur Queensland, juga di Negara Bagian New South Wales, Victoria, dan South Australia.

 

 

KENAPA KOALA TAMPAK MALAS?

Koala tampak seperti binatang pemalas. Ya, mereka tidur atau tak beranjak dari pohon eukaliptus tempatnya tinggal selama 18-20 jam sehari. Ada mitos yang menyebut koala mabuk getah daun eukaliptus. Padahal bukan mabuk, bukan juga pemalas. Tapi itu karena koala butuh banyak energi untuk melakukan pencernaan karena tingkat metabolismenya rendah. Tidur adalah cara terbaik untuk menghemat energi.

 

DI MANA BISA MEMELUK KOALA?

Queensland adalah salah satu dari hanya dua negara bagian di Australia yang mempunyai izin untuk menjadikan koala sebagai atraksi turis. Jadi dengan membayar sejumlah tertentu, turis bisa foto bersama dan memeluk koala. Tapi jangan salah, koala di sini tidak dieksploitasi secara serampangan. Para petugas memperlakukan koala dengan sangat hati-hati. Memeluknya aja ada aturan, tangan kita disatukan di depan perut untuk membentuk gendongan. Ada juga yang menyediakan dudukan koala supaya gendongan lebih stabil.

 

 

DreamWorld dan Currumbin Wildlife Sanctuary di Gold Coast adalah dua tempat dari hanya sedikit tempat yang membuka kesempatan bagi turis untuk berfoto bareng dengan koala. Koala yang bisa difoto bareng juga sudah mereka siapkan dan dilatih untuk terbiasa digendong berganti-ganti orang. Koala yang masih terlalu kecil atau belum siap nggak akan dibolehkan untuk difoto bareng turis.

 

 

Tempat lainnya di Queensland di mana turis bisa berfoto dengan koala adalah Lone Pine Sanctuary di Brisbane dan Australia Zoo di Sunnshine Coast.

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Paul Manias

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


758

Back to Top