SI BONGKOK YANG MENJADI MAGNET QUEENSLAND

SI BONGKOK YANG MENJADI MAGNET QUEENSLAND

Friday, 30-09-2016 | 14:43

Bukan hanya pecinta binatang atau kehidupan laut saja, tapi siapa pun pasti akan senang kalau bisa bertemu hewan yang tergolong langka di habitatnya langsung. Apalagi kalau hewannya besar, yaaa segede dinosaurus lah kira-kira. Hewan sebesar itu ada di depan mata, hanya dalam jarak beberapa meter, dan pastinya nggak berbahaya, wowww... excited!

 

Namanya humpback whale alias paus bungkuk (badannya memang seperti bungkuk atau bongkok). Hidupnya tentu di lautan. Jadi harus menyelam, snorkeling, atau berenang di laut lepas untuk bisa melihat dan dekat dengannyakah? Kabar baiknya: nggak harus! Kita bisa ikut tur naik kapal besar untuk bisa menyaksikan si bongkok ini berakrobat di depan kita. Datanglah ke Queensland, negara bagian Australia dengan ibu kotanya Brisbane, untuk melihat dari dekat sang paus bungkuk. 

 

JALUR MIGRASI

Setiap tahun selama musim dingin dan semi, gerombolan paus bungkuk mulai melakukan migrasi tahunan dari Antartika ke arah utara, yakni ke pesisir timur Australia, tepatnya ke tempat mereka berkembang biak di Kepulauan Whitsunday. Musim migrasi inilah yang memberi kita kesempatan melihat langsung si raksasa nan gemulai ini di lautan dari atas kapal cruise.

 

Penangkapan ikan paus di Australia berhenti pada awal 1960-an dan sejak itulah paus bungkuk yang sempat terancam punah ini perlahan mulai bertambah jumlahnya. Saat ini ada sekitar 20.000 paus bermigrasi setiap tahun dari akhir Juli sampai awal November saat mereka kembali dari tempat mereka mencari makan di Antartika.

 

DI MANA SAJA KITA BISA MENONTONNYA?

Tur kapal cruise untuk menonton paus bungkuk bisa ditemukan di beberapa lokasi termasuk di Gold Coast dan Fraser Island, tapi pusatnya dan paling populer adalah di Hervey Bay, berkendara beberapa jam dari Brisbane ke arah utara. Bukan hanya menjadi salah satu jalur migrasi, kondisi perairan Hervey Bay yang tenang juga digemari paus sebagai tempat relaksasi.

 

SEDEKAT APA KITA BISA MENONTON SANG PAUS?

Bisa sangat dekat, hanya beberapa meter saja, karena paus-paus tesebut, yang panjangnya bisa sampai 15 m dan beratnya 40-45 ton, senang mendekat ke kapal turis. Mereka telah menjadi terbiasa dengan para penonton di atas kapal. Bahkan para paus ini hobi pamer lho! Mereka melompat menembus permukaan laut dan menjatuhkan diri lagi ke air dengan punggungnya, atau menamparkan ekornya ke permukaan air hingga menimbulkan percikan yang amat besar, tapi tetap tak membahayakan kapal. Kita benar-benar disuguhi tontonan akrobat yang spektakuler! Pengalaman tak terlupa deh!

 

 

BERAPA HARGA PAKET TURNYA?

Spirit of Hervey Bay menawarkan harga: AUD 110 (dewasa), 100 (lansia atau pelajar), 60 (anak-anak 4-14 tahun), 300 (keluarga: 2 dewasa + 2 anak), 350 (keluarga: 2 dewasa + 3 anak), dan gratis untuk anak 0-3 tahun.

 

Blue Dolphin Marine Tours di Hervey Bay menawarkan harga: AUD 150 (dewasa), 120 (anak-anak 0-14 tahun), 480 (keluarga: 2 dewasa + 2 anak; tambahan anak AUD 80).

 

Tasman Venture di Fraser Island menawarkan harga: AUD 115 (dewasa), 60 (anak-anak 4-14 tahun), 310 (keluarga: 2 dewasa + 2 anak; tambahan anak AUD 45).

 

Durasinya ada yang 1/2 hari, 3/4 hari, atau seharian penuh. Sedangkan jadwalnya ada yang pagi atau sore. Perbedaan harga tentunya karena perbedaan fasilitas dan layanan yang diberikan. Harga valid untuk 2016. Sebaiknya booking dulu 1-2 hari sebelumnya.

 

BERENANG BERSAMANYA JUGA BISA

Di Mooloolaba yang berada di Sunshine Coast, ada satu operator yang membuka kesempatan langka untuk berenang bersama paus bungkuk. Mereka membatasi hanya 20 orang dalam satu kesempatan. Biasanya kapal akan bergerak ke area biasa para paus berada dan berhenti sekitar 100 m dari para paus. Barulah para peserta menceburkan diri. Setelah itu tergantung para paus itu mau mendekat atau tidak. Semua peserta dilarang keras menyentuh paus. Dan jangan sekali-sekali melanggar aturan ya!

 

Jadi kita paham ya, mengapa paus-paus itu selalu kembali ke tempat yang sama dan nggak takut sama kapal-kapal yang penuh turis. Itu semua karena baik operator tur maupun pesertanya semua memperlakukan paus-paus itu dengan sangat baik, nggak mengganggu apalagi menyakitinya baik sengaja maupun tidak. Mereka nyaman, mereka pun dengan senang hati memberikan tontonan yang memukau!

 

Teks: Paul Manias & Mayawati NH Foto: Courtesy Tourism & Events Queensland

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


818

Back to Top