BERLIBUR ALA IBU SURI SAMPAI BELANJA KALAP DI WANGFUJING (Bagian 3-Tamat)

BERLIBUR ALA IBU SURI SAMPAI BELANJA KALAP DI WANGFUJING (Bagian 3-Tamat)

Monday, 26-09-2016 | 16:00

Wangfujing

 

Meskipun terdengar mainstream, tapi Beijing, ibu kota China, tetaplah menjadi salah satu tujuan favorit liburan. Mostly obyek wisatanya adalah wisata sejarah karena China memiliki sejarah kekaisaran yang sangat panjang. Ada Forbidden City yang merupakan istana terluas di dunia, dan tentu jangan lewatkan Great Wall atau Tembok Raksasa yang termasuk keajaiban dunia. Juga, pssst... shop till you drop di Wangfujing dan Silk Market.

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA:

HUTONG

 

Ini bukan nama obyek wisata, tapi adalah sebutan untuk gang-gang (jalan kecil) di kota lama Beijing. Tidak jauh berbeda dengan gang-gang di Indonesia lah, tapi ada hal menarik dari mengikuti Hutong Tour. Pertama,  kita bisa melihat keseharian masyarakat lokal dengan menggunakan kendaraan sejenis becak, makan di rumah mereka, tentunya dengan diorganisir oleh perusahaan tur kecil di hutong tersebut. Kedua,  mengetahui sejarah beberapa rumah kuno di hutong.

 

PANDA HOUSE DI BEIJING ZOO

 

Beijing Zoo, seperti kebun binatang pada umumnya, memilki koleksi binatang yang variatif. Tapi yang jadi primadona adalah Panda House, tempat binatang khas China berada. Jika ingin melihat panda beraktivitas harus datang pagi hari saat mereka makan karena setelah makan mereka lebih banyak tidur.

 

Ke sini: Naik subway Line 4.

Tiket masuk Zoo: RMB 10-20

Jam buka: 07.30-18.00

 

KUNGFU SHOW DI BEIJING RED THEATRE

Atraksi kungfunya seru, banyak adegan-adegan berbahaya seperti kepala dipukul, tidur di atas pisau --pokoknya aksi laga dicampur akrobat. Setelah pertunjukan selesai kita bisa berfoto dengan pemain inti di atas panggung maupun di luar panggung. Tapi harus bayar lagi ya, RMB 20 atau gratis kalau sudah membeli suvenir.

Ke sini: Naik subway Line 5.

Tiket masuk: RMB 10-20

Waktu pertunjukan: 17.15 dan 19.30

 

BEIJING OPERA

 

Di Beijing masih ada teater opera yang dikemas secara internasional, yaitu di Liyuan Theatre di Qianmen Jianguo Hotel. Walaupun waktu pertunjukan hanya 1 jam tapi cukup memberikan gambaran tentang Beijing Opera dan kita tidak perlu khawatir akan bahasanya karena arti dalam bahasa Inggrisnya ditampilkan di layar.

Alamat: Qianmen Jianguo Hotel, 175 Yong An Road, Xicheng District, Beijing

Ke sini: Naik subway Line 7.

Waktu pertunjukan: 19.30 setiap hari

Tiket masuk: RMB 110-400

 

WISATA BELANJA

Silk Market

 

Kita bisa meluangkan sisa waktu di malam hari atau bahkan menambah waktu liburan 1 hari khusus untuk mengunjungi tempat-tempat belanja seperti Wangfujing, Qianmen Street dan Silk Market (namanya silk tapi ini hanya nama, di tempat ini dijual aneka barang, bukan silk/sutera saja). China gitu lho.... Surga buat barang-barang murah asal pintar-pintar menawar. Jangan kalap ya, ingat-ingat batas maksimal bagasi.

Jika kita ikut group tour, di tengah perjalanan pasti diselipkan acara berkunjung ke minimal 1-2 toko yang direferensikan oleh pemerintah China dan letaknya searah dengan tempat wisata yaitu toko sutera, giok, mutiara, obat-obatan tradisional China, dan teh. Barang yang dijual berkualitas dan kita akan diceritakan proses membuatnya. Soal membeli atau tidak, itu terserah Anda, walaupun di beberapa toko, penjualnya memang agak sedikit memaksa. Kalau nggak suka dibawa ke toko-toko, pilih private tour dengan jadwal yang kita susun sendiri berikut pesan tegas “kami tak mau mampir ke satu toko pun!” Tentunya akan dikenakan biaya lebih besar.

 

Wangfujing

 

Tips Survival di Beijing

  • Jalanan Beijing tidak semuanya dilengkapi lampu penyeberangan, hanya zebra cross. Nggak perlu takut menyeberang, pengemudi akan hati-hati karena kalau menabrak orang, pengemudi yang disuruh menanggung. Tetapi sebaiknya jangan nekad karena ada saja pengemudi yang main serobot.
  • Rumah kuno di Beijing baik rumah penduduk maupun istana dan kuil, di bagian bawah pintunya selalu ada papan penghalang. Jadi kalau mau masuk harus melangkahi papan tersebut. Tujuannya selain menghalangi air masuk, juga menghalangi setan masuk karena menurut mereka setan yang jalannya melompat-lompat susah masuk jika di pintu ada papan penghalangnya (aya-aya wae). Konon ukuran tinggi papan di bawah pintu menggambarkan tinggi rendahnya jabatan atau derajat seseorang.
  • Pemesanan tiket CRH (China Railway Highspeed) bisa dilakukan di loket stasiun kereta (Beijing South Station jika naik dari Beijing; dan Shanghai Hongqiau jika naik dari Shanghai) atau membeli via travel lokal. Penjualan via internet hanya bisa dilakukan warga lokal karena pemesanan membutuhkan transfer dana dari rekening bank lokal.

Pilih hotel yang dekat dengan lokasi belanja sehingga bisa memanfaatkan sisa waktu untuk belanja, seperti di daerah Wangfujing. Di Beijing juga terdapat hotel murah di hutong. Tapi kalau kita ikut group tour, kita akan dijemput di depan hutong, bukan di depan hotel.

Teks: Kumala Budiyanto, Mayawati NH Foto: beijingrelocation.com, buffalo.edu, chinatravelinsider.com, huffingtonpost.ca, hypervocal.com, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


495

Back to Top