NYASAR NGGAK APA-APA, ASAL JANGAN SAMPAI KECOPETAN DI BARCELONA (Bagian 4)

NYASAR NGGAK APA-APA, ASAL JANGAN SAMPAI KECOPETAN DI BARCELONA (Bagian 4)

Monday, 12-09-2016 | 14:35

Plaza de Espanya

 

Apa yang orang cari dari wisata Eropa tersedia lengkap di Barcelona. Ya, segala macam tipe wisatawan bisa menikmati kota ini karena lengkap dari museum yang menyimpan barang seni tinggi, bangunan bersejarah, makanan lezat, hingga bar-bar heboh. Belum lagi ada Camp Nou, stadion yang menjadi markas klub sepak bola kaya Barcelona FC. Ibu kota daerah otonomi Catalonia yang berada di sudut timur laut Semenanjung Iberia ini merupakan kota terbesar kedua di Spanyol setelah Madrid. Posisinya menghadap ke Laut Mediterania, sehingga punya garis pantai yang panjang.

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA

-  FONT MAGICA (THE MAGIC FOUNTAIN OF MONTJUIC)

 

Air mancur ini letaknya di depan MNAC. Di depannya ada 4 pilar berdiri menjulang, menandai tempat ini. Pertunjukan air mancur menari dengan kombinasi lampu warna-warni dan musik yang spektakuler berlangsung Kamis-Minggu setiap pkl.19.00-21.00 (Oktober-April); 21.00-23.30 (Mei-September); setiap setengah jam sekali.

 

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Espanya (line 1 & 3). Rute merah Bus Turistic, dari MNAC turun dengan tangga di teras depan.

 

-  PLAZA DE ESPANYA

 

Ini salah satu alun-alun terkenal juga di Barcelona yang berada di kaki Montjuic Hill. Penandanya adalah monumen berukir indah yang ada air mancurnya di tengah pertemuan jalan raya dan dua menara setinggi 47 m di depannya. Dari sini menghadap ke selatan kita bisa melihat Font Magica dan MNAC. Di dekat monumen ada bangunan yang dulunya tempat adu banteng vs matador, tapi sejak dilarang, berubah menjadi pusat perbelanjaan. O ya, alun-alun ini nggak bisa buat nongkrong karena di sekitarnya jalan raya, beda dengan Plaza Catalunya.

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Espanya (line 1 & 3). Rute merah Bus Turistic.

 

-  PARC GUELL

 

Awalnya rumah taman ini didesain Gaudi untuk temannya, Eusebio Guell. Dan akhirnya disumbangkan Guell untuk dikelola dewan kota sebagai taman umum. Ada taman, area terbuka, struktur dekoratif, koridor dan jembatan yang terbuat dari batu alam. Selain struktur batu alamnya, tempat ini juga mencolok karena mozaik yang terbuat dari pecahan ubin warna-warni. Untuk sampai ke area terbuka kita harus naik tangga yang cukup panjang. Setengah jalan, di tengah-tengah tangga ada patung naga dengan mozaik ubin. Banyak yang berfoto di sini. Masuk taman ini gratis. Yang bayar kalau mau ke Casa Museu Gaudi, di dekat Parc Guell.

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Lesseps atau Vallcarca (line 3); keluar dari Vallcarca ke taman ini jalannya menurun (arah sebaliknya dari Bus Turistic). Rute biru Bus Turistic. Turun bus, masih harus jauh berjalan mendaki karena taman ini berada di atas bukit.

 

-  CASA MILA (LA PEDRERA)

 

Satu lagi karya besar Gaudi yang memberi kontribusi bagi arsitektur Barcelona. Gedung ini dikerjakan terakhir sebelum ia mendedikasikan hidupnya penuh bagi pembangunan Sagrada Familia. Gedung apartemen ini fasadnya dibuat bergelombang, dari batu putih. Tak ada satu pun bagian gedung ini yang berdinding lurus. Mila diambil dari nama keluarga yang menempati lantai satu. Lantai paling atas dijadikan Museum El Espai Gaudi yang menampilkan contoh-contoh karya Gaudi. Dari museum pengunjung bisa naik ke atap di mana ada cerobong-cerobong berbentuk agak menakutkan.

 

Jam buka: Pkl.09.00-20.30 (Maret-Oktober), 09.00-18.30 (November-Februari).

Tutup: 1 & 6 Januari, 25 & 26 Desember.

Tiket masuk: EUR 20,50 (termasuk audio guide)

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Diagonal (line 3). Rute merah dan biru Bus Turistic.

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


478

Back to Top