NYASAR NGGAK APA-APA, ASAL JANGAN SAMPAI KECOPETAN DI BARCELONA (Bagian 3)

NYASAR NGGAK APA-APA, ASAL JANGAN SAMPAI KECOPETAN DI BARCELONA (Bagian 3)

Sunday, 11-09-2016 | 14:28

View dari MNAC

 

Apa yang orang cari dari wisata Eropa tersedia lengkap di Barcelona. Ya, segala macam tipe wisatawan bisa menikmati kota ini karena lengkap dari museum yang menyimpan barang seni tinggi, bangunan bersejarah, makanan lezat, hingga bar-bar heboh. Belum lagi ada Camp Nou, stadion yang menjadi markas klub sepak bola kaya Barcelona FC. Ibu kota daerah otonomi Catalonia yang berada di sudut timur laut Semenanjung Iberia ini merupakan kota terbesar kedua di Spanyol setelah Madrid. Posisinya menghadap ke Laut Mediterania, sehingga punya garis pantai yang panjang.

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA

-  LA BOQUERIA (MERCAT/MARKET DE SANT JOSEP)

 

Pasar ini berada di La Rambla sisi barat. Berupa gedung dengan atap tinggi. Menjual makanan termasuk ikan dan daging mentah. Banyak pilihan buah potong yang dikemas di gelas plastik seharga EUR 1-2.

Jam buka: Pkl.08.00-20.30 (Senin-Sabtu).

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Liceu (line 3).

 

-  PLACA REIAL

 

Di bagian timur La Rambla. Di tengah alun-alun yang tertutup bangunan di keempat sisinya ini ada kolam air mancur. Biasanya turis maupun warga lokal yang nggak makan/minum di restoran yang ada di situ duduk-duduk di sekeliling air mancur. Maklum suasananya pun teduh karena banyak pohon palem. Keramaian di alun-alun ini biasanya bertahan sampai larut, ditemani lampu-lampu taman karya Gaudi. Seniman-seniman jalanan banyak mempertontonkan kebolehannya di sini.

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Liceu (line 3).

 

-  CATHEDRAL OF SANTA EULALIA

 

Berada di Barri Gotic, dikenal juga sebagai Catedral de Barcelona. Santa Eulalia yang menjadi nama katedral bergaya Gothic ini adalah santa pelindung Barcelona zaman Romawi dulu. Dulu di tempat yang sama dibangun basilika, tapi kemudian dihancurkan Bangsa Moor. Baru belakangan dibangun katedral ini. Gaya Gothic kental terlihat terutama dari bentuk menara-menara yang menjulang lancip. Interiornya tak kalah cantiknya. Di bagian samping bangunan utama ada taman terbuka. Jangan lupa naik ke menara untuk melihat Barri Gotic dari atas.

 

Tiket masuk: EUR 6 (termasuk ke menara)

Jam buka: Pkl.13.00-17.00 (hari kerja), 14.00-17.00 (Minggu dan hari keagamaan).

Gratis: Pkl.08.00-12.45 dan 17.45-19.30 setiap hari.

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Liceu (line 3). Rute merah Bus Turistic.

 

-  BARRI GOTIC (GHOTIC QUARTER)

 

Let’s get lost in Barri Gotic. Nggak apa-apa kok kalau sedikit nyasar di kawasan jalanan/gang-gang yang mirip labirin ini. Di mana tepatnya area ini? Kalau kita berdiri di La Rambla, di depan kita Plaza Catalunya dan di belakang Mirador de Colom, nah Barri Gotic di sebelah kanan (timur). Disebut sebagai jantungnya Barcelona

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Liceu (line 3). Rute merah Bus Turistic.

 

-  MUSEU NACIONAL D’ART DE CATALUNYA (MNAC)

 

Museum yang mengambil tempat di Palau Nacional, Parc de Montjuic ini terdiri dari 2 lantai yang memuat 6 ruang pamer utama: Romanesque Art, Gothic Art, Renaissance And Baroque Art, Modern And Contemporary Art, Drawings, Prints And Posters, Numismatics. Tiap ruang pamer memiliki ruang-ruang lainnya. Pokoknya luas deh. Maklum, segala jenis barang seni dipamerkan di sini. Penataannya begitu apik. Tas nggak boleh dibawa masuk, harus dititipkan di loker yang disediakan. Untuk membuka loker harus masukkan koin sebagai jaminan. Di kompleks museum ada kafe, resto, toko suvenir. Dari teras kita bisa memandang Font Magica dan Plaza de Espanya di bawah, serta La Sagrada Familia di kejauhan.

 

Jam buka: Pkl.10.00-20.00 (Selasa-Sabtu), 10.00-15.00 (Minggu dan hari libur), Senin tutup kecuali pas hari libur. Saat winter (Oktober-April) jam buka lebih pendek.

Tutup: 1 Januari, 1 Mei, 25 Desember.

Tiket masuk: EUR 12—ada diskon kalau punya tiket Bus Turistic (Minggu pertama tiap bulan gratis).

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Espanya (line 1 & 3). Rute merah Bus Turistic.

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


463

Back to Top