NYASAR NGGAK APA-APA, ASAL JANGAN SAMPAI KECOPETAN DI BARCELONA (Bagian 2)

NYASAR NGGAK APA-APA, ASAL JANGAN SAMPAI KECOPETAN DI BARCELONA (Bagian 2)

Saturday, 10-09-2016 | 14:04

Mirador de Colom

 

Apa yang orang cari dari wisata Eropa tersedia lengkap di Barcelona. Ya, segala macam tipe wisatawan bisa menikmati kota ini karena lengkap dari museum yang menyimpan barang seni tinggi, bangunan bersejarah, makanan lezat, hingga bar-bar heboh. Belum lagi ada Camp Nou, stadion yang menjadi markas klub sepak bola kaya Barcelona FC. Ibu kota daerah otonomi Catalonia yang berada di sudut timur laut Semenanjung Iberia ini merupakan kota terbesar kedua di Spanyol setelah Madrid. Posisinya menghadap ke Laut Mediterania, sehingga punya garis pantai yang panjang.

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA

-  LA RAMBLA

 

Nggak sah ke Barcelona kalau nggak ke pedestrian tersibuk dan paling terkenal ini. Trotoarnya yang lebar ada di tengah, sementara jalan untuk kendaraan malah kecil di kiri-kanannya. Memanjang 1,2 km dari Plaza Catalunya di utara hingga Mirador de Colom di selatan (dekat dengan dermaga Port Vell), dirimbuni pepohonan dan disesaki toko suvenir maupun resto/kafe. Pelukis jalanan, manusia patung, penjual lotre dan termasuk copet bertebaran di sini. Museum yang ada di sini Wax Museum dan Erotica Museum. Cara termurah menikmati La Rambla ya jalan kaki dari ujung ke ujung. Kalau punya bujet lebih, boleh lah nongkrong di salah satu kafe terbuka, minimal buat minum sangria (minuman khas Spanyol), dan tentunya see and to be seen.

 

Warning: Bagian selatan La Rambla dipenuhi para penjaja seks begitu hari mulai malam. Mereka kadang juga merangkap sebagai copet dan penipu. Tentang tips menghindari copet di Barcelona baca: HAL-HAL YANG PERLU ANDA TAHU SEBELUM JALAN-JALAN KE SPANYOL (Bagian 3-Tamat)

 

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Drassanes (line 3, ujung selatan), atau Stasiun Liceu (line 3, tengah), atau Stasiun Catalunya (line 1&3, ujung utara).

 

-  PLAZA CATALUNYA


 

Boleh dibilang inilah pusat kotanya Barcelona. Posisinya di ujung utara (bagian kepala) La Rambla. Merupakan alun-alun luas dengan beberapa patung di sudut-sudutnya, kolam air mancur, kawanan merpati jinak. Di sini juga tempat mangkal Aerobus ke bandara dan titik awal Barcelona Bus Turistic. Stasiun Catalunya di bawahnya memiliki jalur metro maupun kereta Rodalies. Di sekitar plaza berjejer toko-toko barang bermerek, di antaranya Desigual (merek asal Spanyol), juga ada El Corte Ingles dept.store dan Hard Rock Cafe.

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Catalunya (line 1 & 3). Rute biru dan merah Bus Turistic.

 

-  MIRADOR DE COLOM

 

Berada di dekat Port Vell, ujung selatan (kaki) La Rambla. Monumen setinggi 60 m ini didedikasikan untuk Christopher Columbus yang menginjakkan kaki di sini setelah menemukan Benua Amerika. Di puncak monumen tampak patung Columbus dengan tangan menunjuk ke Dunia Baru (Amerika). Di bagian bawah monumen ada ruang bawah tanah yang merupakan konter informasi turis dan toko. Tiket Bus Turistic bisa juga dibeli di sini. Kita juga bisa beli tiket untuk naik lift ke atas monumen. Lumayan buat ngelihat Rambla, Montjuic Hill dan Port Vell dari atas. Turun lagi ke bawah, jalan sedikit ke arah dermaga, kita akan melihat La Rambla de Mar, jembatan kayu yang menghubungkan dermaga dengan Moll d’Espana. Kalau pas waktunya, kita bisa melihat jembatan ini dibuka untuk membiarkan kapal-kapal lewat.

 

Jam buka: Pkl.10.00-18.30 (November-April), 09.00-20.30 (Mei-Oktober).

Ke sini: Naik metro turun di Stasiun Drassanes (line 3). Rute merah Bus Turistic.

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


752

Back to Top