MENYAMBANGI NEGERI SONG JOONG KI DAN SONG HYE KYO (Bagian 6-Tamat)

MENYAMBANGI NEGERI SONG JOONG KI DAN SONG HYE KYO (Bagian 6-Tamat)

Saturday, 27-08-2016 | 12:23

Korea (baca: Korea Selatan) memang nggak ada matinya. Sejak Winter Sonata tahun 2002 sampai Descendants of The Sun yang sekarang lagi ngetop dan ditayangkan RCTI ini, Korea jadi tujuan favorit pejalan dari Indonesia. Ya, gegara serial drama yang dibintangi Song Joong Ki sebagai Kapten Yoo dan Song Hye Kyo sebagai Dokter Kang, banyak yang ingin jalan-jalan ke Negeri Ginseng ini. Ada yang ingin ke coffee shop tempat kencan kedua tokoh utamanya, dan bahkan ada yang berharap bertemu pria secakep Song Joong Ki dan wanita secantik Song Hye Kyo di Korea.

 

(Bagian 5 bisa dibaca di sini)

 

Setelah di bagian 1-4 dibahas mengenai obyek-obyek wisata di 3 kota utama di Korea yaitu Seoul, Gyeongju dan Busan, dan di bagian 5 tentang pasar favorit di Korea, di bagian terakhir ini giliran makanan Korea yang unjuk gigi.

 

  1. BIBIMBAP

 

Melihat sepintas menu ini seperti nasi campur di Indonesia. Karena menunya terdiri dari nasi (ada nasi putih, nasi merah, nasi coklat) yang di atasnya diberi macem-macem sayur plus daging (bisa pilih daging sapi, ayam atau babi), plus kuah di mangkok terpisah. Disajikan dalam mangkuk batu yang panas. Salah satu restoran ternama yang menyajikan menu ini adalah Bibigo Hot Stone yang terletak 1F Sinmunno 1ga Jongno-gu Seoul, Korea. Restoran ini sering dikunjung artis Korea. Seperti restoran di Indonesia, resto ini juga memajang foto artis ternama Korea yang singgah di resto itu. Harga per porsi mulai 12.000 won.

 

  1. MAYAK GIMBAP

 

Mayak Gimbap merupakan jajanan atau camilan yang sering dijadikan teman perjalanan. Terbuat dari nasi putih dibungkus rumput laut  kering dengan isi bermacam-macam. Mulai dari sayuran seperti wortel, bayam, lobak hingga ikan. Banyak dijual di Gwangjang Market atau di Insadong. Harga mulai 3.000 won.

 

 

  1. BINDAETTEOK

 

Bindaetteok merupakan makanan yang digoreng, terbuat dari kacang hijau yang diblender dicampur tepung, plus sawi putih dan beberapa bumbu lain. Kalau di Indonesia mirip dengan bakwan atau  pancake kalau di Amerika. Rasanya gurih dan sedikit berminyak. Harga per biji 3.000 won.

 

  1. TTEOKBOKKI

 

Makanan ini dulu dianggap menu  kerajaan Korea. Tteokbokki terbuat dari tepung beras atau memang disebut kue beras yang dimasak dengan pasta. Tteokbokki yang berbentuk silinder disebut garaetteok. Bisa dinikmati di Gwangjang Market. Harga bervariasi mulai 3.000 won.

 

  1. JEON

 

Jeon merupakan menu yang berupa macam-macam gorengan atau pancake yang terbuat dari tepung dicampur makanan laut seperti kerang, udang, cumi, dan sebagainya. Beberapa restoran di Gwangjang Market menyajikan menu ini sebagai makanan pembuka. Satu set jeon yang dihidangkan dalam piring besar diberi harga hingga 10.000 won.

 

  1. SUSHI JUKDO MARKET

 

Sebagai pasar ikan yang besar, sebagian besar restoran di Jukdo Market menyajikan menu sushi, makanan ikan laut mentah dengan kombinasi makanan tradisional lain seperti kimchi, kacang rebus, ubi rebus dan sebagainya. Yang menarik, irisan-irisan daging ikan, cumi, kerang ditata secara menarik dengan hiasan wortel yang dibentuk seperti bunga. Ada juga menu favorit lain, berupa udang besar yang ditata di atas garam dalam balutan alumunium foil. Harga per porsi bervariasi dari 1000 won hingga 120.000 won, tergantung jenis makanannya.

Teks: Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


358

Back to Top