MENYAMBANGI NEGERI SONG JOONG KI DAN SONG HYE KYO (Bagian 2)

MENYAMBANGI NEGERI SONG JOONG KI DAN SONG HYE KYO (Bagian 2)

Tuesday, 23-08-2016 | 11:53

Namsan Tower

 

Korea (baca: Korea Selatan) memang nggak ada matinya. Sejak Winter Sonata tahun 2002 sampai Descendants of The Sun yang sekarang lagi ngetop dan ditayangkan RCTI ini, Korea jadi tujuan favorit pejalan dari Indonesia. Ya, gegara serial drama yang dibintangi Song Joong Ki sebagai Kapten Yoo dan Song Hye Kyo sebagai Dokter Kang, banyak yang ingin jalan-jalan ke Negeri Ginseng ini. Ada yang ingin ke coffee shop tempat kencan kedua tokoh utamanya, dan bahkan ada yang berharap bertemu pria secakep Song Joong Ki dan wanita secantik Song Hye Kyo di Korea.

 

(Bagian 1 bisa dibaca di sini)

 

 

KOTA DAN OBYEK-OBYEK WISATA FAVORIT DI KOREA

SEOUL

Seoul yang juga ibu kota Korea Selatan, selain memiliki wisata modern, juga mengedepankan wisata sejarah. Obyek-obyek wisatanya antara lain:

 

  1. SHOPPING: NAMDAEMUN, DONGDAEMUN, MYEONGDONG, INSADONG

Pasar Namdaemun

 

Seoul punya banyak distrik yang terkenal sebagai tempat belanja, di antaranya:

Pasar Namdaemun merupakan pasar tradisional terbesar dan tertua di Korea. Juga terkenal sebagai pasar terlengkap yang menjual hampir seluruh jenis produk kecuali bahan konstruksi.

Pasar Dongdaemun yang buka 24 jam merupakan pusat perbelanjaan terbesar dengan sekitar 26 mal dan puluhan ribu toko. Walaupun berbagai produk dapat ditemukan di pasar ini, tempat ini terkenal terutama karena produk fashion dan tekstil yang murah dan uptodate.

Myeongdong nggak jauh dari kedua pasar di atas, merupakan tempat belanja utama anak muda di Seoul. Di sini berbagai produk fashion terbaru dapat ditemukan tetapi harganya relatif lebih mahal dari Namdaemun dan Dongdaemun. Myeongdong sangat terkenal sebagai tempat belanja utama di kalangan turis-turis Jepang.

Insadong, nama sebuah jalan yang dipenuhi toko-toko suvenir, adalah tempat wajib bukan cuma untuk belanja, tetapi juga buat cuci mata. Bila bujet nggak terlalu mencekik, belanja suvenir di Insadong sangat direkomendasikan.

 

Tips: Berbelanja di tempat-tempat ini (kecuali Myeongdong), bisa nawar tapi jangan kayak nawar di Pasar Senen yang sampai 50% ya, kecuali Anda nggak masalah diusir dari toko. Biasanya harga dapat ditawar 10-15% di Insadong, sedangkan di Namdaemun dan Dongdaemun berkisar 10-30%.

 

  1. GEDUNG 63

 

Gedung berlantai 63 yang di dalamnya ada akuarium, Teater Imax, dan Art Gallery yang katanya merupakan museum tertinggi di dunia.

 

  1. NAMSAN TOWER

 

Mirip dengan Gedung 63, tetapi menara yang total tingginya jika dihitung dari permukaan laut  479,7 mdpl ini terletak di atas Gunung Namsan sehingga menjadikannya lebih tinggi dari Gedung 63. Menara ini terkenal di kalangan anak muda Korea sebagai tempat untuk “menggembok” atau “mengikat” cinta di sebuah pagar di lantai atas. Pecinta drama seri Korea pasti tahu deh! O ya, di sini juga ada Teddy Bear Museum (mesti bayar lagi).

 

 

  1. NAMISOM

 

Namisom atau Naminara Republic terletak di Chuncheon, sebelah timur Seoul. Cara termurah dan tercepat menuju tempat ini dengan kereta metro. Namisom memposisikan diri sebagai sebuah negara pulau imajiner sehingga memiliki paspor, visa, perangko, mata uang, dan sebagainya. 3-4 jam cukup untuk menjelajahi pulau kecil ini.

 

 

  1. SUWON HWASONG

 

Adalah kota benteng peninggalan Dinasti Joseon. Terletak di Kota Suwon, +/-1 jam dari Seoul dengan bus atau kereta metro. Terdapat beberapa tempat seperti istana, museum, benteng, yang biaya masuknya 1.000-4.000 won. Dapat juga dinikmati gratis bila tidak ingin mengunjungi museum atau istana kecil yang ada di kompleks benteng ini karena secara umum tidak begitu berbeda dengan istana di Seoul.

 

  1. PERTUNJUKAN COOKIN’ NANTA

 

Pertunjukan yang wajib ditonton bagi siapa pun yang mengunjungi Korea. Sejak debutnya pada Oktober 1997, pertunjukan ini selalu dipadati pengunjung. Kita harus pesan tiket jauh hari untuk bisa menikmati pertunjukan yang menampilkan 5 koki dengan atraksi yang segar. Ada kombinasi musik, akrobat, lawak dan tari. Main setiap Senin-Jumat dan hari libur. Sehari ada 3 kali pertunjukan. Durasi pertunjukan 100 menit. Alamat: Gangbuk Nanta Theater, Seoul, Jung-gu, Jeong-dong 15-1, Jeong-dong A & C. Bisa diakses dari pintu keluar  5 Seodaemun stasiun (Seoul Subway Jalur 5)

 

  1. HIBURAN MALAM: HONGDAE, ITAEWON, GANGNAM

Hampir di seluruh pelosok Seoul kita dapat menemukan bar. Klub-klub di sekitar Universitas Hongdae dan Gangnam terkenal di kalangan anak muda, sementara Itaewon ramai oleh orang asing. Klub di area Hongdae relatif lebih murah (beberapa klub gratis untuk orang asing). Sementara Gangnam lebih banyak dikunjungi kalangan menengah ke atas. Bahasa Inggris nggak banyak digunakan di Gangnam, sementara di Itaewon Bahasa Inggris malah lebih banyak terdengar.

 

(Bersambung ke sini)

Teks: Adi Pamungkas, Riswanto Tan Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Riswanto Tan, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


896

Back to Top