BERSINAR BERSAMA PAUS, KOALA, DAN LUMBA-LUMBA DI QUEENSLAND

BERSINAR BERSAMA PAUS, KOALA, DAN LUMBA-LUMBA DI QUEENSLAND

Sunday, 31-07-2016 | 16:04

Snorkeling di The Great Barrier Reef

 

Nama Queensland mungkin belum begitu familiar di telinga kita, tapi kalau disebutkan The Great Barrier Reef dan Gold Coast, pasti mayoritas akan berseru “Ah ya... Itu tujuan favorit banyak turis.” Betul! Great Barrier Reef dan Gold Coast itu berada di Negara Bagian Queensland di Australia sebelah timur laut. Dan kalau sudah mengenal Queensland lebih jauh, dijamin Anda akan menjadikan Queensland –tak hanya Great Barrier Reef dan Gold Coast—destinasi liburan selanjutnya.

 

ADA APA SAJA DI QUEENSLAND?

Banyak sekali yang ditawarkan Queensland, dan terutama yang nggak ada di negara kita. Kesampingkan dulu sementara Great Barrier Reef dan Gold Coast karena Indonesia memang punya terumbu karang yang tak kalah cantik dan pantai aneka jenis. Tapi kalau menonton atraksi genit humpback whale alias paus bongkok gimana? Memeluk koala? Melihat di depan mata buaya mencaplok mangsanya? Ngasih makan lumba-lumba liar? Belum lagi belanja penuh gaya, pesta pantai, makan malam al fresco di kota yang metropolis tapi tetap santai dan ramah. Mau??

Tourism and Events Queensland (TEQ) sedang giat memperkenalkan Queensland ke pasar Indonesia yang dianggap sangat potensial. Queensland yang terkenal sebagai Sunshine State-nya Australia dengan mengusung semboyan “Queensland, Where Australia Shines –Di mana Australia Bersinar” menjanjikan shining moment yang akan melekat di hati dan terbawa hingga kita pulang liburan dari sana.

“Kami sangat gembira bisa memperkenalkan Queensland, Australia kepada salah satu pasar paling menjanjikan di Asia Tenggara, Indonesia,” ujar Ms. Lim Mui Khim, Direktur Internasional, Asia Selatan/Tenggara Tourism and Events Queensland saat media luncheon di Cloud Lounge & Dining, The Plaza, Jakarta, 27 Juli 2016 lalu.

Berikut momen-momen spesial khas Australia yang akan kita dapatkan saat berlibur di Queensland:

 

Puas Menonton Paus

Juni hingga Oktober waktunya ribuan paus bongkok alias humpback whales mampir ke garis pantai Queensland dalam perjalanan migrasi epik sepanjang 5.000 km antara tempat mencari makan di Antartika dan tempat berkembang biak di Queensland. Asyiknya, paus ini genit dan suka pamer dengan berakobrat, melompat atau menampar permukaan air laut dengan sirip dan ekor besarnya. Seru banget ‘kan menontonnya sambil berwisata cruise dari Brisbane, Gold Coast, Pulau Fraser dan Teluk Hervey (pusatnya menonton paus di Australia).

 

Menonton humpback whales

 

Memeluk Koala

Nggak setiap kali ke Australia kita bisa bebas memeluk salah satu hewan khasnya yaitu koala. Nah, di Queensland bisa. Karena Queensland salah satu dari hanya dua negara bagian di Australia tempat kita bisa memeluk koala. Kita bisa melakukannya di Currumbin Sanctuary di Gold Coast, Lone Pine Sanctuary di Brisbane, dan Australia Zoo di Sunshine Coast.

 

Memberi Makan Lumba-Lumba Liar

Bertemu lumba-lumba di alam liar memang bisa banget di Indonesia. Tapi disamperin lumba-lumba itu dan berkesempatan ngasih makan? Hmmm... jarang-jarang ya lumba-lumba liar berenang ke tepi pantai untuk “bertemu” orang. Nah, kita dapat suguhan ini di Tangalooma Wild Dolphin Resort, di Pulau Moreton, hanya 75 menit dengan ferry dari Brisbane. Kawanan lumba-lumba itu memang senang bermain dan mendapatkan perhatian. Makanya mereka senang diberi makanan.

 

Berlibur dengan Penuh Gaya

Brisbane, ibu kota Queensland, merupakan kota yang berjiwa muda, penuh semangat dan gairah hidup. Meskipun kota kosmopolitan tapi suasanannya tenang dan santai. Melalui kecintaannya pada keaslian, Brisbane memiliki kebanggaan terhadap budaya Laneway (gang jalanan), cafe al fresco, bar, galeri seni, dan pedesaan urban.

 

Dinner al fresco di Brisbane

 

Merasakan Atmosfer Pantai Khas Australia

Nggak sah ke Queensland kalau belum ke Gold Coast yang cuma 1 jam berkendara ke selatan dari Brisbane. Gold Coast terkenal akan pantai-pantainya yang menakjubkan, dilengkapi berbagai wahana seru seperti Movie World dan Sea World, yang kesemuanya menawarkan petualangan pantai, dan gaya hidup pantai yang santai namun kosmopolitan. Jangan lewatkan Surfers Paradise Beach, surganya selancar dan sekaligus surga belanja!

 

Sunset di Gold Coast

 

Menyelami Warna-Warni Great Barrier Reef

The Great Barrier Reef merupakan terumbu karang terbesar di dunia, dengan panjang 2.300 km sepanjang garis pantai Queensland. Dengan lebih dari 3.000 sistem terumbu dan pulau karang serta ratusan pulau tropis indah yang memiliki beberapa pantai emas terindah di dunia, siapa yang tak bermimpi ingin menyelam ataupun hanya sekadar snorkeling di sana. The Great Barrier Reef dengan segala keajaiban kehidupan lautnya merupakan salah satu destinasi turis yang paling banyak diminati. Kalau yang nggak bisa snorkeling apalagi menyelam, jangan khawatir. Anda bisa menikmati Great Barrier Reef dengan tur helikopter, naik perahu layar, perahu glass bottom, ataupun kapal semi-selam.

 

Untuk ke Great Barrier Reef kita harus ke Kota Cairns dulu. Dan Silk Air ada penerbangan langsung dari Singapura ke Cairns. Sedangkan kota resor Port Douglas, tepat di sebelah utara Cairns, menjadi favorit selebriti internasional antara lain Matthew McConaughey, Kate Hudson, Tom Hanks, Steven Spielberg) dan para penikmat kuliner sebagai tempat untuk menikmati makanan luar biasa, berenang dengan binatang laut , atau hanya sekadar bersantai.

Berpetualang di Rawa-Rawa

Menyaksikan buaya air asin yang badannya sangat besar mencaplok mangsanya sungguh pengalaman yang tiada duanya. Jalan ke utara menuju Hartley’s Crocodile Adventures di Cairns, kita bisa ikut tur rawa dari cruise perahu sambil melihat buaya atau bahkan meluncur di flying fox di atas buaya sepanjang 4 meter di Cairns ZOOM & Wildlife Dome.


Memanjakan Diri di Kepulauan Whitsunday

Kepulauan Whitsunday, yang berlokasi tepat di pusat The Great Barrier Reef dijuluki sebagai surga di bumi versi Australia. Pantai Whitehaven, yang selalu terpilih sebagai salah satu pantai terbaik di dunia, terletak di pulau terbesar dari 74 pulau di Kepulauan Whitsunday, memiliki panjang 7 km dan memiliki pasir silika putih dengan salah satu kemurnian terbaik di dunia.

Dua pulau pribadi yang menonjol yaitu Pulau One & Only Hayman dan Pulau Hamilton. Keduanya merupakan tempat untuk memanjakan orang tersayang Anda dengan penginapan mewah dan tur udara Heart Reef yang romantis.

 

Itu sema baru sebagian kecil lho. Ada banyak lagi yang bisa dilihat dan dilakukan di Queensland sesuai minat Anda.

 

TUAN RUMAH ACARA OLAH RAGA BERGENGSI

Gold Coast akan menjadi tuan rumah acara olah raga kelas dunia, termasuk Sudirman Cup 2017 (baru kali ini kejuaraan bulu tangkis beregu campuran ini diadakan di luar Asia) dan Commonwealth Games 2018.

Acara khas lainnya (acara olah raga maupun lifestyle) yang diadakan setiap tahun antara lain Gold Coast Airport Marathon, Blues on Boardbeach, Brisbane EKKA, Woodford Festival, Ironman Cairns, dan banyak lagi!


CARA KE QUEENSLAND

Ada beberapa alternatif, ya walaupun memang belum ada penerbangan langsung dari Jakarta. Kita bisa terbang dari Singapura ke Brisbane dengan 24 flights dari Singapore Airlines. Atau terbang dulu ke Sydney, lanjut ke Gold Coast. Atau kalau tujuan utamanya ke The Great Barrier Reef bisa naik Silk Air dari Singapura ke Cairns.

 

MATA UANG

Dolar Australia (AUD). AUD 1= +/-Rp 9.900.

 

Info lebih detil bisa diklik di www.queensland.com

Teks: Mayawati NH, Tourism and Events Queensland Foto: www.queensland.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


336

Back to Top