MENIKMATI SENI RUPA DARI GENERASI EMAS BELANDA

MENIKMATI SENI RUPA DARI GENERASI EMAS BELANDA

Saturday, 23-07-2016 | 17:06

Bila di arena sepak bola Belanda memiliki generasi emas di era Johan Cruyff, Johan Neeskens, Jan Jongbloed pada Piala Dunia 1974 atau generasi emas era Ruud Gullit, Marco van Basten, Frank Rijkaard, Ronald Koeman yang menjuarai Piala Eropa 1988, jauh-jauh sebelum itu, negeri Kincir Angin ini memiliki generasi emas di bidang lain, yakni di bidang seni rupa, tepatnya di abad ke-17.

 

 

Di masa itu perkembangan seni rupa atau seni lukis Belanda sangat pesat dengan melahirkan pelukis-pelukis ternama seperti  Johannes Veermer yang termasyur sebagai pelukis interior, Jan Steen yang ternama sebagai pelukis aliran realisme, Ruben yang dikenal dengan gaya Barok yang menonjolkan sensualitas, serta Rembrant, pelukis serba bisa dan ternama.

Lantas, bagaimana masyakarat sekarang bisa menikmati keindahan karya-karya mereka? Beruntung sekali, Belanda sebuah negara yang sangat menghargai pencapaian para seniman khususnya di bidang seni rupa. Di negeri ini banyak sekali museum yang memajang karya pelukis generasi emas Belanda tersebut, salah satunya Royal Picture Gallery Mauritshuis.

 

 

Galeri yang terletak di Kota Den Haag atau The Haque ini memajang koleksi lukisan-lukisan pelukis ternama abad  ke-17 itu. Seperti lukisan legendaris yang juga menjadi ikon galeri ini “The Girl with a Pearl Earring” karya Johannes Vermeer. Lukisan gadis cantik berkerudung kain warna biru dan kuning, dengan anting berbentuk ring yang sangat indah. Selain itu, galeri yang bertempat di sebuah gedung yang dibangun abad ke-17 ini juga memajang karya Rembrant yang fenomenal  berjudul “The Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp”. Menggambarkan  seorang dokter yang memberi pelajaran soal anatomi.

 

 

Pendeknya, bila Anda pecinta seni lukis wajib berkunjung ke museum ini karena setiap lukisan yang dipajang sungguh memukau. Lalu bagaimana dengan karya Vincent van Gogh, pelukis legendaris Belanda? Sabar... nanti dikabarkan di tulisan tentang Museum van Gogh di Amsterdam.

 

ROYAL PICTURE GALLERY MAURITSHUIS

Alamat: Plein 29, 2511 CS, Den Haag

Jam buka: pkl.10.00-18.00, kecuali Senin pkl.13.00-18.00, Kamis pkl.10.00-20.00.

Tiket masuk: EUR 14, EUR 12,50 (untuk rombongan), untuk anak-anak gratis.

Teks & Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


583

Back to Top