ASAL TAHU TRIKNYA, KE MALDIVES BISA MURAH LHO!

ASAL TAHU TRIKNYA, KE MALDIVES BISA MURAH LHO!

Thursday, 24-03-2016 | 15:04

Banyak yang kepingin honeymoon di Maldives. Tapi banyak juga yang ragu, “Apa saya mampu ya?” Mengingat, katanya, harga resornya mahal-mahal bingiiit. Semalam aja juta-jutaan. Yang berbujet backpacker akhirnya mencoret Maldives dari bucket list-nya. Padahal, asal tahu triknya, ke Maldives pun bisa murah lho!

 

Begitu tahu bisa murah, banyak yang langsung merencanakan perjalanan ala backpacker ke Maldives. Hoho, tapi nanti dulu. Maldives itu memang nggak lebih gede dari Pulau Jawa, tapi negara ini terdiri dari banyak pulau! Buat mengeksplornya nggak bisa jalan darat pakai bus umum. Wong public boat aja hanya menjangkau pulau tertentu. Jadi memang bisa murah, tapi tentu nggak semurah backpacking di Vietnam atau negara Asia Tenggara lainnya.

 

Untuk keliling ke beberapa pulau harus ikut tur yang banyak ditawarkan di penginapan. Turnya ada yang mahal, ada juga yang lebih ekonomis. Ngotot mau jalan sendiri? Bisa sih, tapi cuma sebatas di Male City dan Maafushi Island. Pastinya kurang afdol liburan di Maldives kalau cuma ke dua tempat itu.

 

Kenali Maldives

Yuk kenali Maldives dulu supaya ada gambaran sebelum memutuskan mau ke Maldives dengan gaya apa.

  • Maldives atau Maladewa terletak di Samudera Hindia, tepatnya 400 km di barat daya India dan 700 km di barat daya Sri Lanka.
  • Bentuk negaranya adalah negara republik yang berupa kepulauan membujur dari utara ke selatan (sepanjang 823 km, dan selebar 130 km).
  • Kepulauannya terdiri dari kumpulan atol (atol adalah coral reef yang mengelilingi sebuah laguna, sebagian atau seluruhnya).
  • Kurang lebih ada 26 atol yang berjajar dan di dalamnya ada 1.190 pulau (200 pulau berpenghuni dan 105 pulau resor).
  • Tiga atol yang sering disebut: North Male Atoll, South Male Atoll, dan Ari Atoll.
  • Ibu kotanya Male City yang luasnya hanya 1,77 km2 dan berada di ujung selatan North Male Atoll.
  • Total luas areanya 90.000 km2. Lebih kecil dari Pulau Jawa yang luasnya 126.700 km2.

 

Cara Ke Sini

Ada 3 pilihan maskapai dari Jakarta ke Male:

  • Mihin Lanka: Jakarta-Male dengan transit di Colombo Sri Lanka. Total perjalanan (termasuk transit) +/-7 jam. Harga PP mulai Rp 7,6 juta.
  • Singapore Airlines: Jakarta-Male dengan transit di Singapura. Total perjalanan (termasuk transit) 7-9 jam. Harga PP mulai Rp 12,7 juta.

Sedangkan Air Asia punya rute Kuala Lumpur-Male. Durasi: 4-6 jam. Harga mulai Rp 2,8 juta (basic fare).

Catatan: Semua harga dicek untuk terbang September 2016 dan dapat berubah sewaktu-waktu.

 

Bandaranya yang bernama Ibrahim Nasir International Airport atau lebih dikenal dengan Male International Airport berada di Pulau Hulhule, beda pulau dengan Male City. Tapi terhubung dengan Male City dengan public boat, dengan waktu tempuh <10 menit. Ongkosnya 10 rufiyaa (Rp 9.000), atau bisa juga dengan public speedboat 35 rufiyaa (Rp 31.500).

 

Visa: Nggak butuh visa jika waktu kunjungan <30 hari.

 

Mata Uang:  Maldivian Rufiyaa. 1 USD= 15 rufiyaa. 1 rufiyaa= +/-Rp 800-900

 

 

Dhoani

Moda Transportasi:

  • Male City: banyak taksi yang tarifnya sama ke mana pun, +/-30 rufiyaa (Rp 27.000). Tapi mengeksplornya dengan jalan kaki juga bisa karena kotanya kecil.
  • Antarpulau: public ferry (hanya ke pulau tertentu, nggak ada yang ke resor), speedboat, seaplane, atau dhoani (perahu tradisional Maldives). Selain public ferry, semuanya sistem carter, atau merupakan bagian dari fasilitas antar jemput dari penginapan.

 

 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan:

Gerombolan hiu

Diving

Bagi para hardcore divers yang mau puas eksplor bawah lautnya disarakan untuk memilih live-on-board alias tinggal di kapal. Karena bisa lebih mudah menjangkau utara-selatan. Tapi kalau cuma sekadar ingin menyelam dan disambi leyeh-leyeh ya bisa pilih resor sesuai keinginan dan bujet, lalu ambil paket menyelam yang ditawarkan.

 

Jangan berharap melihat aneka warna terumbu karang di Maldives ya! Ini Maldives, Bung, bukan Indonesia! Soal terumbu karang dan kekayaan biota laut, udah deh, Indonesia juaranya! Tapi bukan berarti nggak OK menyelam di Maldives karena alam bawah lautnya menawarkan kelebihan lain. Gerombolan grey reef sharks gendut, juga night dive yang sesuatu banget dengan tontonan ikan hiu, marble ray dan moray eel mengejar mangsa, semua patut diperhitungkan. Eagle ray juga hampir pasti ditemukan. Obyek-obyek makro, manta ray, whale shark juga ada. Ada jenis-jenis hiu lain yang jadi andalan Maldives, di antaranya, leopard shark, guitar shark dan bull shark, hanya jika Anda beruntung. Ya,Maldives boleh dibilang surganya hiu. Tiada hari tanpa hiu!

 

Berapa bujetnya untuk menyelam?

  • Paket menyelam LOB (live-on-board) dengan kapal standar 7 malam: USD 1.800.
  • Paket menyelam dengan tinggal di resor:

     - 6 hari menyelam USD 500 (belum termasuk akomodasi dan makan).

     -Menyelam2 hari USD 250-300.

     -Menyelam hanya sekali mulai USD 100.

Catatan: Semua harga di atas untuk per orang, dan bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

Pemandangan dari seaplane

Non Diving

Bukan honeymooners dan bukan divers pun sah-sah aja kok ke Maldives. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan.

  • Beaching, juga berendam cantik di laut atau kolam renang.
  • Snorkeling. Bisa dilakukan di pantai-pantai resor (gratis bagi penghuni resor) atau naik boat ke snorkeling spot.
  • Surfing, kayaking, jetski, parasailing, kite-surfing, water-ski, island hopping ke picnic island, dolphin & sunset cruise, naik kapal selam, night fishing, barbeque di pulau kosong, tur keliling resor, yoga, Male city tour (melihat Grand Friday Mosque, monumen tsunami, kediaman presiden, pasar ikan, Sultan Park, museum nasional).
  • Naik seaplane. Dengan naik pesawat kecil yang take off dan landing di laut ini kita bisa memandang atol-atol yang dirubung resor-resor mewah dari ketinggian. Durasi terbang: 15 menit. Operator satu-satunya: Trans Maldivian yang punya konter di bandara, dan terminalnya dekat bandara. Pemesanan: Sistemnya carter satu pesawat. Makanya kalau cuma berdua, pilihannya ya ikut paket dari penginapan.

 

Durasi Ideal:

  • Untuk menyelam minimal 7-8 hari (termasuk kedatangan dan kepulangan).
  • Untuk leyeh-leyeh di resor plus mengikuti beragam kegiatan non diving minimal 5 hari (termasuk kedatangan dan kepulangan).

 

Penginapan:

Dari segi area: Area favoritnya di sekitaran 3 atol populer (North Male Atoll, South Male Atoll, dan Ari Atoll). Sebaiknya menginaplah di ketiga area ini, karena biaya seaplane atau boat transfernya lebih murah. Kebanyakan satu resor satu pulau.

Dari segi harga: Dari hostel yang sangat basic di Kota Male min. Rp 150.000-an, atau hotel standar di Kota Hulhumale +/- Rp 600.000, resor sederhana di tepi pantai di Maafushi Island min. USD 100, resor standar yang menghuni satu pulau min.USD 200 (hanya room rate) sampai resor super mewah yang ribuan dolar per malam, semua tersedia.

 

Suasana resor

Untuk backpacker disarankan menginap di Maafushi Island.

Pulau berpenduduk ini terletak di South Male Atoll. Butuh 90 menit naik public boat atau 30 menit dengan speedboat dari Male City atau bandara. Inilah pulau ideal bagi backpackers yang ke Maldives. Di sini banyak penginapan murah namun tetap beratmosfer Maldives. Makan juga bisa murah karena rumah makan lokal banyak tersedia. Kamar dari yang Rp 1,5 juta per malam sampai yang seminim-minimnya Rp 400.000 tersedia di pulau ini.

 

Yang harus diperhatikan saat buking penginapan:

  • Mayoritas penginapan mengenakan charge untuk antar jemput dari/ke bandara. Jadi pastikan dulu berapa charge-nya. Karena ada resor yang “kelihatannya” murah, tapi ongkos antar-jemputnya mahal.
  • Cermati juga apakah harga yang ditawarkan room rate aja, half board (incl.breakfast & dinner dengan sistem buffet, juga gratis minuman tertentu sepanjang hari), atau full board (makan 3X dengan sistem buffet plus minum sebebasnya untuk jenis minuman tertentu).

                                                                                                              

 

Teks: Mayawati NH Foto: Shutterstock

2 COMMENTS


Amanda Anastasia Jul 02, 2016 Reply

Saya lagi cari info ttg Maldives, eh ketemu artikel ini. Superb!! Lengkap banget! Nggak spt artikel2 lain yg judulnya doang bombastis tp isinya nggak ada. Makasih ya, ini saya jadikan panduan saya


Agustina Aug 10, 2016 Reply

Baru nemu artikel ini. Nyesel nemunya setelah saya udah ke Maldives. Panduannya lengkap n jelas banget


275

Back to Top