DI KOTA INILAH CEKO DAN SLOWAKIA MEMUTUSKAN BERPISAH

DI KOTA INILAH CEKO DAN SLOWAKIA MEMUTUSKAN BERPISAH

Monday, 25-07-2016 | 16:56

Villa Tugendhat

 

Bagi kebanyakan wisatawan, apabila mendengar kata Ceko, maka yang muncul di benaknya adalah Praha. Mungkin belum banyak yang tahu kota-kota indah lain di Republik Ceko yang layak dikunjungi. Salah satunya adalah Brno yang merupakan kota terbesar kedua di Ceko. Disebut juga sebagai kota pelajar karena 23% penduduknya merupakan pelajar dan 5% di antaranya pelajar internasional dengan jumlah total sekitar 89.000 pelajar. Kota ini dinamis dan modern dengan banyaknya bar maupun pub yang diramaikan anak muda. Mungkin bagi yang sudah pernah keliling Eropa akan merasakan kota ini mirip dengan Utrecht (Belanda) dan juga Leeds (Inggris). Modernitas dan sejarah terharmonisasi dengan baik di tengah kesibukan para pelajar dan penduduk kota metropolitan. Kota ini juga memiliki bangunan minimalis yang terkenal, Vila Tugendhat, tempat di mana Ceko dan Slowakia yang dulunya satu negara akhirnya memutuskan berpisah.

 

CARA KE BRNO

Kalau dari Jakarta tentu ke Praha dulu. Cara ke Praha dari Jakarta bisa dibaca di sini. Lanjut, dari Praha ke Brno:

-          Naik Student Agency bus yang kebetulan bermarkas di Brno. Hampir seluruh kota yang dilayani perusahaan bus ini punya rute ke Brno. Praha-Brno ongkosnya CZK 210 (2 jam), Vienna-Brno CZK 220 (2,5 jam).

-          Naik Kereta Cesky Drahy dari Praha dengan harga CZK 210 dan waktu tempuh 2 jam.

 

Selain dari Jakarta, ke Brno juga bisa naik pesawat dari London menggunakan Ryan Air, harganya mulai EUR 32 dengan waktu tempuh 2 jam. Dari bandara ke pusat kota naik bus nomor 76 atau 89 hanya 20 menit, harga tiket CZK 25.

 

CARA KELILING KOTA

-          Kendaraan umum seperti bus, tram dan trolley bus dapat digunanakan dengan mudah dan murah. Harga tiketnya bervariasi dari CZK 25–310. Harga tergantung berapa lama durasi tiket yang diambil (60 menit, 90 menit, 24 jam, 5 hari).

 

-          Sightseeing city tour menggunakan minibus yang parkir di Namesti Svobody (Alun-alun Svobody) setiap Kamis, Jumat dan Sabtu selama 2 jam. Harga tiket: CSK 170 untuk dewasa.

 

-          Walking tour juga ada banyak, bisa ditanyakan di Tourist Information Center. Biasanya satu sesi 3 jam dan terdiri dari 4 orang dengan harga mulai CZK 690 per grup.

 

MATA UANG

Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 500 dan EUR 1= +/-CZK 26.

Agak susah membelinya di Jakarta, jadi bawa EUR saja, setibanya di Praha langsung ditukar.

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA:

VILLA TUGENDHAT

 

Suasana tur di Villa Tugendhat

 

Walaupun dari luar terlihat seperti bangunan biasa yang minimalis, Situs Warisan Dunia UNESCO ini ternyata menjadi bangunan minimalis terbaik yang dibangun awal abad ke-19 oleh Ludwig Mies van der Rohe. Tatanan vila ini membuat siapa pun yang masuk ke dalamnya berkhayal memiliki rumah seperti ini. Dan istimewanya, di taman vila inilah pertama kali dilakukan percakapan mengenai perpisahan Cekoslowakia yang sekarang sudah terbagi menjadi RepublikCeko dan Slowakia. Barang-barang bersejarahnya pun masih tersimpan rapi di bangunan indah ini, walaupun ada yang hanya replikanya seperti replika meja bundar yang menjadi saksi bisu ditandatanganinya perjanjian perpisahan kedua negara tersebut. Ada lagi yang mencengangkan yaitu kursi-kursi Barcelona yang harga satuannya mencapai USD 5.000!

 

Tips: Karena hanya boleh 15 orang yang masuk pada setiap jamnya, kita harus buking dari jauh hari. Bisa melalui email ke info@tugendhat.eu atau buking online di http://rezervace.spilberk.cz/list.

 

Jam buka: 10.00–18.00 (Selasa-Minggu)

Harga tiket untuk extended tour selama 90 menit: CZK 350 (dewasa).

 

SPILBERK CASTLE


 

Berada di atas bukit di tengah kota Brno, Spilberk Castle wajib dikunjungi apabila kita ingin melihat keindahan Brno dari ketinggian. Kastil ini merupakan warisan Raja Moravia pada abad ke-13 yang merupakan ayah dari Raja Charles yang menjadi Raja Ceko pada ratusan tahun lalu. Penjara bawah tanah merupakan tempat yang paling diminati pengunjung karena dianggap sebagai salah satu penjara terburuk pada masa pemerintahan Kekaisaran Austro-Hungarian.

 

Jam buka: 09.00–17.00 (Selasa-Minggu; November-April)

Harga tiket: CZK 90 (dewasa)

 

THE CATHEDRAL OF St. PETER AND PAUL

 

 

Katedral ini awalnya dibangun abad ke-14 dengan interior yang didominasi gaya Barok. Lalu katedral terbesar di Brno ini dibangun kembali awal abad ke-20 oleh August Kirstein sebagai wujud “Gothic Revival” --ditunjukkan dengan menara setinggi 84 m. Hal unik dari tempat ini adalah bel yang berbunyi setiap  jam 11 siang, bukan tepat tengah hari seperti lazimnya. Itu karena dulu salah seorang penduduk sengaja membunyikan bel 1 jam lebih awal untuk memulai perang “Swedish Siege”yang dijadwalkan tengah hari. Hasilnya, para tentara Swedia tidak siap menerima serangan dan Brno merupakan satu-satunya kota yang mampu mengalahkan Swedia pada perang tersebut.

 

OSSUARY OF THE CHURCH OF St. JAMES

Pada abad ke-13 banyak orang meninggal karena wabah hitam dan kolera, dan juga korban “Perang 30  Tahun” atau “Swedish Siege”. Jenazah-jenazahnya dikuburkan di sekitar Church of St.James, dan baru pada abad ke-17 kerangka-kerangka yang berjumlah lebih dari 50.000 ini dipindahkan ke ruang bawah tanah gereja karena tergusur pembangunan.

 

Tips: Karena kunjungan ke Ossuary ini dibatasi hanya 30 menit untuk 1 grup (30 orang), jadi sebaiknya buking dulu di kostnice@ticbrno.cz.

Jam buka: 09.30– 18.00 (Selasa-Minggu).

Harga tiket: CZK 140 (dewasa).

 

TIPS HANGOUT DI BRNO:

Buat yang hobi nongkrong, banyak pub dan bar di Brno menyediakan happy hour pada jam tertentu dan dapat dilihat di papan pengumuman di depannya. Namun, akan ramai oleh para pelajar setempat.

 

TEMPAT-TEMPAT LAIN YANG BISA DIKUNJUNGI:

-          Cabbage Market yang merupakan pasar di alun-alun kota dengann landmark berupa Parnas Fountain

-          Old Town Hall

-          Capuchin Crypt and Church

-          Municial Park di Petrov Hill

 

Petrov Hill

 

PENGINAPAN

Tidak perlu khawatir karena ada hotel *3 dan *4 yang menawarkan harga mulai EUR 35 untuk double bed. Ada juga dormitory room di youth hostel dengan harga mulai EUR 9.

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


530

Back to Top