MARI BERPESTA SAMPAI PAGI DI KOH PHANGAN!

MARI BERPESTA SAMPAI PAGI DI KOH PHANGAN!

Saturday, 16-07-2016 | 15:02

Apa yang paling menarik dari Koh Phangan? Pantai-pantainya? Ya memang, seperti juga pulau-pulau lainnya di Thailand, Koh Phangan memiliki pantai-pantai yang menarik. Tapi bukan untuk itu turis mancanegara datang ke pulau tetangga Koh Samui yang berada di Teluk Thailand ini. Melainkan untuk merasakan pesta pantai paling heboh sejagat, Full Moon Party!

 

BAGAIMANA MULANYA?

Awalnya, beberapa tahun lalu, sekelompok turis yang tengah berlibur di Koh Phangan melihat bulan purnama paling indah di pantai. Akhirnya mereka merancang sebuah pesta pantai sambil menikmati indahnya bulan purnama di sebuah pantai yang garis pantainya amat sangat panjang dan dari atas terlihat seperti bulan sabit. Pantai Haad Rin namanya. Dan sejak saat itu makin banyak turis dari berbagai belahan dunia datang tiap menjelang bulan purnama untuk merayakan Full Moon Party di Haad Rin, Koh Phangan. Dan ini diklaim sebagai World Original Full Moon Party.

 

BAGAIMANA PERSIAPAN PESTANYA?

Di sekitar area pesta di Haad Rin sudah terlihat keramaian dari sore hari. Para pedagang aneka “perlengkapan” pesta sudah menggelar lapaknya dari mulai area parkir sampai di jalan-jalan menuju pintu masuk pesta. Yang paling banyak tentu saja pedagang minuman. Uniknya, mereka nggak menjual minuman per botol tapi per ember. Ember? Iya, ember kecil yang isinya beragam minuman botol atau kaleng. Jadi penjual sudah memilihkan campuran minuman beralkohol plus soft drink dalam satu paket/ember. Satu ember biasanya terdiri dari minimal dua jenis minuman. Harganya mulai THB 200. Ember kecil ini befungsi sebagai gelas tempat mencampur minuman yang gampang ditenteng ke sana ke mari selama pesta berlangsung.

 

Paket minuman yang dijual per ember


Lapak yang juga ramai diantre para party goers adalah yang menyediakan fasilitas untuk membuat lukisan cat air di wajah dan sekujur tubuh. Bayar, lalu silakan pakai cat air dan kuas yang disediakan sebebas mungkin untuk mewarnai wajah dan tubuh. Ini adalah pilihan lain kalau kita nggak mau beli tattoo temporer glow in the dark yang juga banyak ditawarkan.

 

Melukis wajah

 

Wajah dan tubuh penuh lukisan

 

Tattoo glow in the dark

 

Untuk menambah meriahnya penampilan, banyak juga yang membeli kaos kutung berwarna stabilo bertuliskan Full Moon Party, atau juga topi yang glow in the dark. Pokoknya semua berlomba tampil seheboh mungkin.

 

Aneka kaos kutung Full Moon Party

 

ADA TIKET MASUKNYA?

Iya ada, sebesar THB 100 saja. Uang ini dimanfaatkan pengelola untuk kebersihan, keamanan dsb. Setelah membeli tiket masuk di depan gerbang, kita akan diberi gelang karet warna-warni sebagai tanda masuk.

 

Harga tiket masuk

 

Gelang tanda masuk

 

PESTANYA SEPERTI APA?

Heboh, rame, seru dan sedikit gila! Di sepanjang pasir pantai yang panjang dan lebar itu dibangun beberapa panggung, ada sedikit kursi-kursi terutama di depan bar atau klub tertentu. Setiap panggung atau setiap bar memutar musik pesta keras-keras, ditingkahi aksi DJ. Jadi musik itu bertumpang tindih satu sama lain, cukup memekakkan telinga. Yeah, ini memang party ‘kan? Para party goers asyik bergoyang di atas panggung-panggung maupun di hamparan pasir pantai. Sesekali juga ada aksi dengan api. Lapak-lapak yang menjual minuman juga ada lagi di dalam area pesta. Jadi jangan takut haus karena kehabisan minuman yang sudah Anda beli dari luar. Walaupun area pestanya sangat luas, tapi tetap saja saking banyaknya orang (bisa sampai 30.000), suasananya berjubel. Dan you know, pestanya berlangsung sampai pagi bahkan lanjut sampai sorenya lagi. Puncak pesta tentu saat tengah malam hingga dini hari, di mana orang sudah lebih menggila.

 

 

 

ADA YANG BILANG PESTANYA NGGAK AMAN?

Aman kok, dan nggak semengerikan yang digambarkan beberapa tulisan. Asal Anda pergi beramai-ramai (minimal 4 orang), jangan berpencar, dan jangan mabuk. Minum boleh, tapi tahu batas. Misalnya pun Anda ber-4 cewek semua, asal Anda nggak mengundang, para lelaki di pesta itu juga nggak akan sembarangan mengganggu. Yang jelas, jaga baik-baik semua barang pribadi Anda: ponsel, kamera, dompet (kalau perlu nggak usah bawa dompet dengan banyak kartu-kartu penting, tapi bawa uang secukupnya aja untuk beli minuman dan ongkos pulang).  

 

 

Tips lainnya:

-          Jangan bawa paspor asli, cukup fotokopinya saja.

-          Jangan pakai perhiasan berharga.

-          Pakai sepatu dan jangan dilepas dengan alasan Anda ingin menikmati pasir pantainya yang halus karena ada cukup banyak pecahan botol di pasir.

-          Jangan menerima makanan dan minuman dari orang asing.

-          Segila apa pun pesta ini, drugs tetap tidak dibenarkan. Jangan coba-coba!

 

CARA KE KOH PHANGAN

Dari Jakarta lebih dekat dan murah terbang ke Kuala Lumpur, lalu sambung terbang ke Surat Thani (salah satu kota di Thailand bagian selatan, tempat pelabuhan kapal ferry menuju Koh Phangan berada). Begitu tiba di Bandara Surat Thani, belilah paket transportasi bus + kapal ferry. Bus akan mengantar ke Donsak Pier, lalu di Donsak Pier kita langsung diarahkan naik ke kapal ferry untuk menuju Koh Phangan (di Thong Sala Pier). Total perjalanan bus + ferry dari Surat Thani ke Koh Phangan 3,5 jam dengan ongkos +/-THB 700 (dengan Seatran Ferry). Perusahaan kapal ferry yang melayani rute ke Koh Phangan ada beberapa, di antaranya yang paling populer dan harganya medium adalah Seatran. Ada lagi Lomprayah yang lebih mahal, dan Raja Ferry yang paling murah.

 

 

Tips: Nggak usah bingung dengan banyaknya pilihan transportasi dari banyak perusahaan beda-beda karena di Thailand penawaran yang satu dan lainnya nggak bakal beda jauh. Kalaupun beda, ada harga ada barang. Yang lebih mahal pasti lebih bagus servis dan moda transportasinya.

 

CARA KE HAAD RIN

Dari tempat kita menginap di area mana pun di Koh Phangan, naik taksi (tepatnya songtheaw –sejenis angkot) ke Haad Rin rata-rata ongkosnya THB 100/orang. Pulangnya, jam berapa pun, kita bisa naik songthaew lagi yang banyak mangkal di luar.

Kalau Anda datang ke Haad Rin langsung dari Koh Samui, disarankan naik reguler ferry terakhir dari Samui pkl.18.30, dan pulang dengan reguler ferry lagi yang terpagi pkl.07.00. Nggak disarankan naik speedboat sewaan dan pulang tengah malam karena kadang ombak besar dan cukup berbahaya.

 

Jadwal Full Moon Party 2016: 21 Juli, 18 Agustus, 16 September, 17 Oktober, 14 November, 14 Desember.

Sudah ada jadwal hingga 2018, silakan cek: http://fullmoonparty-thailand.com/schedules.html

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, fullmoonparty-thailand.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


689

Back to Top