KE BELANDA HARUS COBA WISATA KANALNYA

KE BELANDA HARUS COBA WISATA KANALNYA

Thursday, 14-07-2016 | 13:08

Belanda memiliki kanal terbanyak di dunia dan hebatnya, hampir di setiap kota terdapat wisata kanal yang berbeda dan menakjubkan. Mulai dari wisata kanal yang melewati beberapa museum, gedung-gedung kuno, restoran hingga wisata kanal yang romantis. Berikut wisata kanal di Kota Utrecht, Delft dan Amsterdam.

 

UTRECHT

Kota Utrecht salah satu kota kuno di Belanda yang memiliki keunikan tersendiri soal kanal. Di sepanjang kanal berjajar restoran-restoran yang letaknya 2 m di bawah jalan dengan ruangan yang membobol tanah, masuk ke dalam jalan. Hal ini dimungkinkan karena kanal di kota yang terkenal dengan Dom Tower atau Domtoren ini dibendung sehingga airnya menyusut, mengakibatkan ada celah tanah yang dimanfaatkan jadi restoran. Saat musim panas tiba restoran ini laris manis, karena pengunjung selain menikmati makan dan minum, juga menikmati hangatnya matahari setelah beberapa lama berkutat dengan salju dan udara dingin.

 

Ada dua perusahan yakni Rederij Schuttevaer dan Rederij de Ster yang menawarkan wisata kanal, yang melalui rute Museum Miffy dan lainnya. Rederij Schuttevaer yang beralamatkan di Oudegracht 85, Utrecht  membuka tur tiap hari mulai pkl.11.00 hingga 17.00 setiap 1 jam sekali  dan untuk musim panas setiap 30 menit. Harga paket tur EUR 10,50.

 

DELFT

 

Kota Delft dikenal karena keindahan produk keramik Royal Deft, dengan ciri khas warna birunya atau  Delft Blue. Kota itu juga memiliki ikon bangunan Nieuwe Kerk atau Gereja Baru, Oude Kerk atau Gereja Tua serta Balai Kota atau Stadhuis.

 

Bangunan-bangunan ikonik itulah yang akan memanjakan mata saat pengunjung menyusuri kanal di Kota Delft, selain gedung-gedung ataupun jajaran perahu yang sedang dibersihkan pemiliknya. Cuma hati-hati dengan kepala karena perahu yang Anda tumpangi untuk wisata kanal ini sering melewati jembatan atau terowongan yang agak rendah. Bila tak hati-hati kepala bisa kejedot batu jembatan.

 

Kanal-kanal di Kota Delft hingga saat ini masih berfungsi sebagai jalur transportasi sekaligus juga berguna untuk menyimpan dan menjaga air agar tidak masuk ke pemukiman penduduk. Pendeknya, penduduk Delft sangat bangga akan kanal-kanal mereka.

Karena perahu-perahu menjadi sarana transportasi, Anda bisa menyetop perahu di tempat yang tersedia, tinggal naik layaknya naik metro mini, atau sewa dengan hitungan jam. Jadi tinggal pilih. Kanal yang paling ikonik adalah Kanal de Oude Delft atau The Old Deft, kanal tertua di Delft.

 

AMSTERDAM

 

Kota Amsterdam memiliki banyak kanal dan tentunya banyak paket wisata kanal yang akan memberi kesan mendalam bagi siapa saja yang datang berkunjung ke ibu kota Belanda itu. Paket wisata yang ditawarkan mulai dari yang berdurasi pendek sekitar 30 menit hingga paket wisata malam yang romantis. Beberapa rute wisata kanal akan melewati  bangunan bersejarah seperti Westertoren, Rumah Anne Frank (Anne Frank House), pelabuhan tua, Oosterdok dan banyak lagi.

 

Wisata kanal dibuka tiap hari kecuali malam Tahun Baru dan Hari Natal, pkl.10.00–17.45. Harga paket mulai EUR 16.

Teks & Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


673

Back to Top