SPA SEHAT DENGAN BIR DI KARLOVY VARY

SPA SEHAT DENGAN BIR DI KARLOVY VARY

Tuesday, 12-07-2016 | 10:26

Hot Spring Colonnade

 

Kalau mendengar ada satu kota di Eropa yang menawarkan beragam spa di seantero kotanya, Anda tertarik berkunjung? Ah, spa ‘kan banyak di Jakarta, apalagi Bali, ngapain jauh-jauh ke Eropa! Eitsss... Nanti dulu. Yang ini bukanlah spa dengan berendam di air penuh rempah-rempah dan wewangian atau dipijit sambil luluran. Tapi, spa di sini adalah suatu perawatan yang telah diakui para dokter dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti kanker, stroke, atau stres dengan memanfaatkan air mineral yang tersebar di seluruh Karlovy Vary. Spa sehat! Dan, ssst... juga ada spa dengan bir lho! Mau tahu?

 

CARA KE SINI

Kota yang terletak sekitar 130 km di sebelah barat Praha ini dapat ditempuh dari Praha (ibu kota Ceko) menggunakan:

  • Kereta: Berangkat dari Praha Hlavni Nadrazi (Prague Main Railway Station) menuju Karlovy Vary dengan biaya CZK 322 (3 jam 17 menit).
  • Bus: Naik bus Student Agency dari Praha ke Karlovy Vary dengan biaya yang lebih murah dan cepat dari kereta yaitu CZK 160 (2 jam 15 menit).

Sedangkan cara ke Praha dari Jakarta bisa dibaca di sini.  

 

CARA KELILING KOTA

  • Karena datarannya yang berbukit, maka hanya tersedia bus dan funicular.
  • Di sepanjang Sungai Tepla yang membelah kota ini banyak kusir kereta kuda yang menawarkan jasanya. Dengan harga CZK 1.000, kita bisa merasakan berkeliling naik kereta kuda selama 30 menit.

 

MATA UANG

Koruna Ceko (Czech Crown/CZK). CZK 1= +/-Rp 500 dan EUR 1= +/-CZK 26. Agak susah membelinya di Jakarta, jadi bawa EUR saja, setibanya di Praha langsung ditukar.

 

OBYEK-OBYEK WISATANYA:

MILL COLONNADE & PARK COLONNADE

 

Mill Colonnade dan Park Colonnade

 

Di pusat kota mata kita akan dimanjakan oleh keindahan deretan bangunan sipil dan bersejarah yang bergaya Art Nouveau yang sebagian besar berada di atas perbukitan. Kita akan dibuat terpana dengan keindahan deretan bangunannya yang dibelah oleh Teplá  River (Sungai Hangat). Landmark yang nggak boleh kita lewatkan, Mill Colonnade yang dibuat pada 1881 dengan 124 tiang Korintus dan Park Colonnade yang bergaya Viena.

 

MOSER GLASS MUSEUM & GLASSWORKS

 

Koleksi Moser

 

Telah berdiri selama lebih dari 155 tahun, pabrik gelas Moser adalah salah satu yang tertua di Eropa. Semua gelas yang diproduksi asli buatan tangan para ahli pembuat gelas dan kita bisa melihat langsung proses pembuatannya. Selain itu kita juga bisa berkunjung ke museum yang berisi berbagai macam gelas-gelas Moser yang indah. Kalau ingin membawa pulang salah satu gelas Moser ini sebagai suvenir, kita bisa membelinya dengan harga mulai CZK 500.

Jam buka: Museum --pukul 09.00-17.00 (setiap hari)

                 Pabrik --pukul 09.00-14.30, dan istirahat pukul 10.30.-11.15 (setiap hari)

Tiket: Museum CZK 80, Pabrik CZK 120, Museum+Pabrik CZK 180 (Dewasa)

         Museum CZK 50, Pabrik CZK 70, Museum+Pabrik CZK 100 (Pelajar)

 

Museum Moser

                               

JAN BECHER MUSEUM

 

Salah satu ruang pamer Jan Becher Museum

 

Selagi di Karlovy Vary, kita wajib ngerasain minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi rempah-rempah alami yang paling terkenal di Ceko, Becherovka, di museum ini. Di sini kita juga dapat mempelajari sejarah Becherovka dan pembuatannya serta film tentang revolusi minuman yang berusia lebih dari 200 tahun ini. Kalau lapar, kita bisa ke Becherplatz yang letaknya bersebelahan dengan museum ini. Di sini ada restoran khas Ceko, Pivovar Karel IV. Harga makanannya mulai dari CZK 98 alias Rp 50.000 saja!

 

Lezat dan murahnya makanan di Resto Pivovar Karel IV

 

Jam buka: pukul 09.00-17.00 (setiap hari)

Tiket: Dewasa CZK 120

           Pelajar, Penyandang Cacat CZK 60

           Anak-anak <18 tahun CZK 30

           Keluarga (2 dewasa + 2 anak-anak <18 tahun) CZK 240

 

HOT SPRING COLONNADE & 14 PUBLIC MINERAL SPRINGS

Seperti sudah disebutkan di awal, di Karlovy Vary ada banyak hot springs, sumber air panas yang mengandung mineral dan berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hot springsnya tersebar di seantero pusat kota, sudah dalam bentuk keran sehingga mudah diambil dengan wadah cangkir. Makanya banyak sekali gerai yang menjual cangkir yang seperti teko kecil. Jadi kita sebagai turis bisa membeli cangkir dulu, baru menghampiri keran-keran hot springs yang ada. Salah satu sumber air mineral utama dengan panas 72° C dan geysernya bisa menyemburkan air hingga 12 m ada di gedung bernama Hot Spring Colonnade. Di dalam gedung ini ada banyak toko suvenir.

Jam buka Hot Spring Colonnade: pukul 09.00-17.00 (Senin-Jumat) dan pukul 10.00-17.00 (Sabtu-Minggu).

 

Mengambil air mineral panas dengan cangkir

 

Cangkir berbentuk teko kecil

 

UNDERGROUND HOT SPRING

Air mineral panas yang dipakai berbagai hotel dan tempat spa di Karlovy Vary berasal dari underground hot spring yang berupa lorong-lorong. Pintu masuknya ada di depan Hot Spring Colonnade. Tempat ini dibuka untuk turis tapi nggak setiap bulan. Di sini juga diproduksi suvenir berupa bunga mawar atau poci yang dilapisi mineral.

Jam buka: Mei (10.00-17.00)

                Juni (09.00-22.00)

                Juli (09.00-17.00/18.00)

                Agustus (09.00-17.00)

                September (10.00-16.00)

Tiket: Dewasa CZK 80

         Anak-anak <15 tahun CZK 40

 

BEER SPA

Nah ini dia spa yang murah dan unik yang jarang ada di tempat lain. Pivni Lazne nama beer spa di Karlovy Vary ini. Dengan waktu ± 2 jam kita bisa menikmati paket perawatan beer spa. Selama 1 jam kita akan berendam di sebuah bak berisi 1.000 liter bir hitam Krusovice dan rempah-rempah yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Setelah itu, kita akan diminta untuk berbaring di atas jerami gandum selama 20 menit.

Jam Buka: Setiap Hari pukul 10.00-19.00

Paket 1 jam: 1 Tub-1 Orang (CZK 1.600)

                     1 Tub-2 Orang (CZK 2.300)

                     2 Tub-2 Orang (CZK 2.900)

 

Tub isi bir untuk berendam

 

Ranjang jerami

 

FAKTA MENARIK

  • It’s all about mineral water! Di Hot Spring Colonnade dijual wafer khas Karlovy Vary yang harus dicoba dan salah satu bahannya itu pastinya air mineral berkhasiat.

 

Gerai yang menjual wafer khas Karlovy Vary

 

  • Setiap bulan Juli Karlovy Vary selalu kedatangan artis-artis dari seluruh dunia untuk menghadiri perhelatan Karlovy Vary International Film Festival yang merupakan salah satu festival film internasional tertua di dunia. Acara ini digelar di Hotel Thermal yang bentuknya menyerupai film roll, dan Crystal Globe, piala dalam acara ini, diproduksi oleh Moser lho!

 

Crystal Globe, produksi Moser

 

  • Grandhotel Pupp di Karlovy Vary adalah hotel bintang 5 yang pernah menjadi lokasi syuting film-film Hollywood, salah satunya film James Bond tahun 2006, Casino Royal.

 

PENGINAPAN

Harga penginapan di Karlovy Vary memang sedikit lebih mahal dibanding kota lainnya. Untuk pension (bed & breakfast) biasanya harga kamarnya EUR 18/orang, sedangkan hotel keluarga mulai EUR 38 untuk 2 orang/malam. Kalau ingin menginap di hotel bintang 4, bisa mencoba Hotel Thermal yang room rates nya EUR 63 untuk double room.

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


219

Back to Top