KE PARIS HARUS MENGUNJUNGI INI SEMUA (Bagian 2-tamat)

KE PARIS HARUS MENGUNJUNGI INI SEMUA (Bagian 2-tamat)

Monday, 13-06-2016 | 14:57

Menara Eiffel

 

Mulai Sabtu 11 Juni 2016 dini hari Kota Paris akan menjadi fokus pandangan masyarakat dunia, khususnya pecinta bola sejagad. Ya, tepat hari itu gelaran Piala Eropa 2016 dimulai, dengan laga pembuka tim Ayam Jantan Prancis ditantang tim Rumania. Siapa yang akan memenangkan Piala Eropa kali ini? Tentu kita harus menunggu hingga babak final sebulan lagi. Nah terlepas dari Piala Eropa, Kota Paris yang sering disebut The City of Love, pastinya menarik untuk dikunjungi.

 

CHATEAU DE VERSAILLES (ISTANA VERSAILLES)

 

Kalau berkunjung ke Paris, Anda perlu menyempatkan diri ke Desa Versailles. Letaknya hanya 17 km ke arah barat daya Paris. Desa ini terkenal di abad ke-16 karena di sini dibangun Chateau de Versailles atau Istana Versailles. Adalah Louis XIII awalnya yang jatuh cinta pada desa ini saat pergi berburu, dan kemudian membangun sebuah pondokan untuk istirahat. Di tangan Louis XIV penerusnya, pondokan itu berubah menjadi istana megah yang menjadi salah satu istana terluas dan termewah di dunia. Pernah menjadi tempat tinggal 3 raja Prancis sebelum revolusi. Bahkan Louis XIV sempat memindahkan pusat kekuasaan ke istana ini sejak 1682.

Sejak 30 tahun lalu Chateau de Versailles  sudah  berada di bawah perlindungan UNESCO karena dianggap salah satu pencapaian artistik terbaik dari abad ke-18. Dan banyak yang bisa Anda nikmati di istana yang  luas lantainya hampir 70.000 m2 ini. Terdapat lebih dari 2.000 jendela, 2.000 patung, 6.000 lukisan dan ribuan benda-benda seni lainnya.

 

Dua bagian yang tak boleh dilewatkan dari Istana Versailles:

  • Galerie de Glasses (Hall of Mirrors)

 

Salah satu bagian terpopuler dari istana ini. Memiliki 17 cermin lengkap dengan lengkungannya yang masing-masing berisi 21 cermin. Menghadap ke 17 jendela ke arah kebun dan merupakan lorong yang setiap hari dilalui oleh Louis XIV karena menghubungkan apartemen pribadinya ke kapel.

 

  • Taman Istana

 

Luasnya +/-800 hektar dengan 50 air mancur menghiasi hampir setiap sudutnya. Nggak mungkin semua bisa Anda kunjungi karena begitu luasnya. Dan memang nggak semua dibuka untuk umum. Tapi jangan takut, bisa kok menyewa buggy untuk keliling taman.  

 

KABARET LIDO

 

Kabaret Prancis ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Kalau Anda memenuhi undangan sebuah organisasi, biasanya Lido menjadi salah satu agenda. Kabaret yang ada sejak 1946 ini menampilkan 70 artis dengan hampir 600 kostum seksi yang kebanyakan memamerkan keindahan tubuh wanita. (Jadi jangan bawa anak-anak kemari ya, meskipun anak-anak diperbolehkan masuk). Berbagai paket ditawarkan untuk pengunjung dengan harga berbeda-beda. Plus makan malam yang luar biasa dan pastinya champagne. Lokasinya di Champ Elysees Avenue.

 

SHOPPING

Urusan shopping Paris memang juara deh.  Hampir di setiap sudut kota Anda bisa menemukan tempat untuk membeli atau menikmati sesuatu. Berikut adalah beberapa tempat yang direkomendasikan:

  1. Champ Elysees

 

Diklaim sebagai jalan terindah di dunia, di mana setiap sisi jalan dipagari toko, kafé, restoran, dan butik dari merek apa pun. Mulai dari suvenir sampai barang branded. Dan bagi anak-anak, di sini juga tersedia Disney Store apabila tidak sempat ke Disneyland Paris. Klub malam yang populer, Queen, dan lokasi petunjukan Lido juga ada di sini.

 

  1. Galleries Lafayette

Berada di Boulevard Haussman, dan Anda mudah menjangkaunya dengan Metro jalur 7 dan 9,  berhenti di Chaussee d’Antin Lafayette. Begitu keluar, Anda sudah berada di pintu masuk shopping mall yang isinya super lengkap ini. Bahkan di lantai 3 bisa ditemukan restoran Cina yang biasanya dicari wisatawan Asia. Untuk orang Indonesia yang mencari nasi, bisa jadi salah satu pilihan.   

 

  1. Factory Outlet - La Vallee Village

 

Belanja di factory outlet banyak disukai orang. Yang terkenal adalah La Vallee Village. Kita perlu menyediakan waktu setengah hari, lebih karena letaknya sedikit di luar Kota Paris. Untungnya, Anda bisa ikut shuttle yang disediakan. Perjalanan one way makan waktu +/-35 menit. Anda perlu mendaftar ke Cityrama yang terletak di Rue de Rivoli. Tepatnya di sebelah Hotel Regina. Anda bisa mendapat keuntungan dengan mendapat beberapa voucher diskon. Jadwal shuttle 2 kali sehari yaitu pagi dan siang. Dan Anda bisa ikut bus yang sama di sore hari untuk kembali ke Paris. Harganya EUR 10/orang PP. Tapi, inget-inget ya, jangan sampai ketinggalan last shuttle untuk kembali ke Paris.

 

 

KULINERAN DI PARIS

Sebagai pusat segala hal di Prancis, hampir semua masakan Prancis bisa ditemukan di Paris. Yang pasti, orang lokal sangat menyukai tata cara makan yang sempurna. Persis seperti di film yang sering Anda tonton. Urusan makan memang bukan perkara mudah dan nggak murah di sini. Terutama bagi sebagian lidah Asia. Tapi kalau Anda sedang dalam bulan madu atau seorang food lovers, Paris akan sangat memanjakan lidah dan suasana hati.

Urusan breakfast, Anda harus mencoba croissant. Lembut dan renyahnya luar biasa (beda lah dengan croissant di Indonesia). Hampir semua kafé dan resto menyediakan paket sarapan seharga EUR 6-9, sudah termasuk 1-3 potong croissant, orange juice dan kopi atau teh.

Untuk lunch,  dulu orang lokal  sering berlama-lama, bahkan  sampai 2 jam hanya untuk makan siang. Saat ini sudah mulai lebih singkat waktunya. Kebanyakan resto-resto menawarkan menu set. Pilihannya jelas nggak banyak, karena selain presentasi makanan yang harus baik, stok juga nggak boleh banyak lho. Maklum, chef head sangat berkuasa di sana.

Dessert ala Paris

 

Salah satu yang populer sebagai pembuka adalah foie gras atau hati angsa. Biasanya disajikan kepada tamu-tamu yang dianggap penting. Mengingat harganya lumayan juga sih. Atau yang lebih familiar buat mulut kita, escargot, juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Kemudian dilanjutkan menu utama salmon, beef atau pasta. Dessert? Crème brulee! Kalau Anda mau lebih sederhana, baguette bisa menyingkat waktu. Kenyang kok.

 

Wine Prancis

 

Nggak lengkap rasanya bicara soal Paris tanpa membahas wine. Prancis merupakan penghasil anggur terbesar kedua setelah Italia. Dan juga termasuk yang mengonsumsi paling banyak. Banyak sekali daerah yang menghasilkan anggur yang baik. Beberapa masuk 10 besar anggur terbaik dunia. Yang paling umum disediakan di resto-resto adalah Champange, Chateu, Chardonnay, Carbanet Sauvignon, Sauvignon Blanc, Merlot, Syrah. Tinggal pilih! Atau sekalian saja ikut tur vineyards. Hanya butuh sehari untuk menikmati berbagai anggur langsung di tempatnya. Biayanya +/-EUR 200/orang. Waktu tur sekitar 12 jam.

Teks: Christina Ermin Foto: Christina Ermin, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


961

Back to Top