BERMIMPI KE MACHU PICCHU? SIMAK PANDUAN LENGKAP INI

BERMIMPI KE MACHU PICCHU? SIMAK PANDUAN LENGKAP INI

Tuesday, 22-03-2016 | 15:34

Machu Picchu

 

 

Apa sih istimewanya tempat yang satu ini sampai menjadi destinasi impian banyak orang? Baru melihat fotonya aja udah banyak yang berdecak kagum dan meleleh hatinya. Apalagi kalau lihat langsung! Machu Picchu, situs peninggalan Kerajaan Inca di Peru Amerika Selatan ini memang menawarkan pemandangan yang begitu spektakuler. Tumpukan bebatuan yang merupakan sisa istana peristirahatan ini terhampar di atas lahan rumput di ketinggian 2.430 mdpl dengan latar belakang Puncak Wayna Picchu yang menjulang bak kerucut, dan di sekelilingnya berbaris punggung pegunungan yang sering dipeluk kabut.

 

 

Machu Picchu diambil dari jarak lebih dekat

 

 

Machu Picchu yang dalam Bahasa Quechua (bahasa penduduk asli) berarti Gunung Tua ini dibangun atas perintah Raja Inca saat itu Pachacutec sekitar tahun 1450. Sempat terabaikan selama 100 tahun karena pendudukan Spanyol. Machu Picchu menjadi terkenal di seluruh dunia setelah seorang ahli arkeologi Amerika, Hiram Bingham menemukan situs ini tahun 1911. Dan akhirnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 1983.

Cara Ke Sini:

  • Dari Jakarta terbang ke Kota Lima, ibu kota Peru. Salah satu maskapai yang melayani rute ini adalah KLM, dengan transit di Kuala Lumpur dan Amsterdam atau Kuala Lumpur dan Paris. Durasi perjalanan sekali jalan total +/- 33 jam (termasuk transit). Harga tiket PP mulai +/-USD 2.700.
  • Karena kota gerbang masuk ke Machu Picchu adalah Cusco, maka dari Lima harus terbang lagi dengan maskapai lokal (LAN, TACA, Star Perú dan Peruvian Airlines) ke kota yang dulunya merupakan ibu kota Kerajaan Inca ini. Jadwalnya pagi, jadi harus menginap dulu semalam di Lima. Harga tiket Lima-Cusco PP: mulai +/-USD 170. Durasi terbang +/-1 jam.

Jangan lewatkan! Dari atas pesawat dari Lima ke Cusco kita bisa melihat Pegunungan Andes. Makanya pilih kursi window ya, kiri atau kanan sama aja.

 

 

Kereta Vistadome yang berjendela besar termasuk atapnya

 

  • Sampai Cusco harus sambung lagi dengan kendaraan ke Stasiun Ollantaytambo (masih di Cusco Region) untuk naik kereta dari sana ke kota kecil yang dibangun khusus untuk memfasilitasi turis yang hendak ke Machu Picchu, yakni Aguas Calientes. Kalau mau nyaman dan dimanjakan dengan pemandangan keren sepanjang jalan harus naik kereta Vistadome yang berjendela besar termasuk di atapnya. Harganya memang lumayan mahal, sekitar USD 62-87 sekali jalan termasuk dapat snack dan minumam (harga fluktuatif tergantung musim). Tapi yang berbujet terbatas tenang aja, ada kereta yang lebih murah kok dengan harga +/-USD 100 untuk PP. Perjalanan dengan kereta +/-1,5 jam.
  • Tiba di Aguas Calientes, harus sambung lagi naik bus turis selama 20 menit untuk sampai ke lokasi situs Machu Picchu. Harga tiket bus PP USD 19. Setelah turun dari bus, jalan kaki sedikit ke atas hingga tiba di bagian di mana kita bisa melihat ke arah Machu Picchu.

 

 

Rerumputan hijau membuat pemandangan di Machu Picchu tambah berwarna

 

 

Jalan Sendiri atau Ikut Tur? Berapa Harganya?

Sampai Lima atau bahkan sampai Cusco bisa sendiri aja, karena ikut paket tur Machu Picchu dari Jakarta relatif sangat mahal. Tapi begitu tiba di Cusco sebaiknya ambil paket tur ke Machu Picchu. Karena kalau jalan sendiri ribet, dan belum tentu dapat tiket Machu Picchu karena dibatasi 2.500 orang per hari.

Paket tur banyak ditawarkan di bandara maupun di hotel atau pusat kota Cusco. Pilihannya banyak, tapi yang paling standar 3 hari 2 malam (termasuk jalan-jalan di Cusco Region). Jangan kaget kalau harga yang ditawarkan bisa beda jauh antara agen tur yang satu dengan lainnya, tergantung jenis akomodasi dan fasilitas. Misalnya untuk paket hemat 3 hari 2 malam (penginapan basic, tanpa tiket kereta –beli sendiri, penjemputan di Kota Cusco saja) hanya +/-USD 150/orang. Tapi yang mahal, untuk 4 hari 3 malam dengan meeting point di Bandara Lima dan termasuk tiket kereta Vistadome bisa mencapai USD 1.400/orang (itu pun nggak termasuk tiket pesawat Lima-Cusco PP).

Ada lagi pilihan, buking tur dari Jakarta, tapi langsung dengan travel agent di Lima yang mempunyai agen di Jakarta.

 

Info Penting:

Turis nggak bisa beli tiket masuk Machu Picchu langsung di tempatnya. Harus beli di Aguas Calientes atau di Cusco. Harganya: USD 62 (hanya Machu Picchu) atau USD 71 (Machu Picchu + Wayna Picchu). Tapi kalau kita ikut tur, tiket masuk pastinya udah termasuk.

 

 

Machu Picchu terlihat dari puncak Wayna Picchu

 

 

Curamnya jalur turun dari Wayna Picchu

 

Tips: Kalau bisa ambil paket tur yang membolehkan kita datang dua kali ke Machu Picchu dan termasuk mendaki Wayna Picchu untuk melihat Machu Picchu dari sudut pandang yang berbeda. Jalur mendaki Wayna Picchu memang cukup sulit dan menegangkan. Tapi pemandangan dari atas sana sayang banget dilewatkan.

 

Mata uang:

Sol atau Soles). 1 Sol= +/-Rp 4.500. 1 USD= +/- 3 Soles.

Bawa USD aja dari Jakarta, tukarnya pas sampai di Peru, di money changer di luar bandara yang nggak mengenakan komisi.

 

Visa:

WNI nggak perlu visa buat masuk Peru.

 

Sisi lain Machu Picchu

 

 

Sisi lain Machu Picchu

 

 

Pelangi di Machu Picchu

 

 

Trek menuju Wayna Picchu

 

 

Machu Picchu

Teks: Mayawati NH ; Foto: Eddy Sukandar, Mayawati NH, Novindra Christian, Shutterstock (foto utama)

9 COMMENTS


Dr Hendra Yaputra Mar 23, 2016 Reply

Untuk perjalanan ke objek wisata yang benar-benar eksotik ini, siapkanlah waktu yang lebih panjang dan fisik yang prima. Silahkan eksplore via website lokal tour sebelum menentukan objek apa saja yang ingin anda kunjungi. Bila anda ingin dipandu secara private maka ada TOURSBYLOCAL.com dengan guide-guide local yang professional dan seluruh rute anda akan dapat di customize oleh mereka. Untuk tour di sekitar Cusco, maka anda dapat lihat salah satunya adalah Cusco Latin Treks. Mereka punya daily city tour ke Catedral, Koricancha, Sacsayhuaman, Q’enqo, Pucapucara, Tambomachay. Atau tour ke Sacred Valley ( Pisaq market, arquelogical site, Urubamba, Oilantaytambo, Chincero ). Pokoknya jangan lewatkan tempat-tempat yang tidak biasa ini. Selama ini group tour dari Indonesia ( Jakarta ) tidak mengunjungi tempat-tempat eksotik ini. Dan group tour dari Jakarta hanya mengunjungi Machu Picchu site selama 2 jam ! Oleh karena itu, bila anda berminat mengeksplore keunikan wilayah ini, sebaiknya anda siapkan saja perjalanan sendiri. Atau agar lebih murah, buatlah grup kecil ( antara 6 – 15 orang ). Dan tentunya rute dirembukkan secara bersama-sama, agar keinginan seluruh individu dapat diadaptasi. Jangan lupa untuk mengagendakan pendakian ke Gunung Wayna Picchu dan Gunung Machu Picchu ( beda lagi dari Machu Picchu ruin yang selama ini terkenal dari foto-fotonya ). Selamat jalan-jalan dan selamat menikmati keluarbiasaan Negara ini.


Admin Mar 30, 2016

Terima kasih atas tambahan info yg panjang dan lengkap Pak Dr.Hendra Yaputra


Azis Wahyu Mar 26, 2016 Reply

Keren memang lokasi ini, sangat membuat penasaran buat orang seperti saya yg selama ini hanya bisa melihat foto-foto dan videonya saja. Tentu diperlukan effort yg khusus untuk menuju ke tempat ini, perjalanan yg panjang, harga yg cukup mahal tentunya juga harus jadi pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk traveling ke lokasi ini. Semoga satu saat nanti bisa melihat secara langsung peninggalan bersejarah yg indah ini.


Admin Apr 12, 2016

Machu Picchu memag bagus sekali Pak Azis Wahyu. Semoga suatu saat Bapak kesampean ke sana ya...


Amanda Anastasia Jul 02, 2016 Reply

Ini juga artikel yg superb!! Nggak rugi nih mampir ke website ini


Bagus Jan 19, 2017 Reply

Sebuah artikel yang informatif dan lengkap sebagai sebuah panduan.. Thanks


Admin Feb 01, 2017

Terima kasih atas apresiasinya Pak Bagus


kukuh wibowo Feb 22, 2017 Reply

Berarti sekitar berapa om biayanya untuk setiap orang ? . kapan kira2 bisa kesana ?


Admin May 18, 2017

Kalo mau eksplor Peru lengkap 14 hari sekitar 3000-an USD di luar tiket pesawat. Itu kalau ikut tur. Kalau jalan sendiri atur sendiri pasti lebih murah, tp pastinya lebih ribet.


239

Back to Top