AKHIR MEI INI MADRID AKAN MELEDAK DAN TERBELAH!

AKHIR MEI INI MADRID AKAN MELEDAK DAN TERBELAH!

Thursday, 26-05-2016 | 10:58

Plaza Mayor Madrid, tempat  pesta sang juara

 

Akhir Mei 2016 ini Kota Madrid di Spanyol akan meledak dan terbelah! O ya? Masak? Iya bener! Tepatnya tanggal 28 Mei (29 Mei dinihari WIB), seluruh masyarakat Madrid akan meledak dan terbelah karena dua raksasa sepak bola Madrid  yang berseteru  dan memiliki suporter militan dan fanatik yakni Atletico dan Real Madrid akan bertemu di Final Liga Champions di Milan Italia. Ini gelaran bergengsi terakhir dan satu-satunya yang bisa mereka raih setelah liga bergengsi Spanyol La Liga dimenangi tim musuh bebuyutan mereka, Barcelona FC. Ledakan suporter fanatik itu jelas akan membelah Madrid menjadi dua. Nah, suporter mana yang akan berpesta di pelataran dan sepanjang jalan Plaza Mayor Madrid, layak ditunggu. Tapi, di luar aura panas itu, Kota Madrid sendiri memiliki potensi wisata yang menarik. Berikut beberapa tempat menarik di Madrid.

 

PLAZA MAYOR

Lokasi ini akan menjadi ajang pesta suporter dan klub Atletico maupun Real Madrid, siapa pun di antara mereka yang akan menjuarai Liga Champions 2016. Lokasi yang berupa alun-alun yang di tengahnya berdiri patung Raja Philip III menunggang kuda selalu menjadi ajang pesta saat Real Madrid ataupun Atletico Madrid memenangi kejuaraan. Ada gedung 4 lantai di ke empat sisinya “dihiasi”  banyak kafe outdoor. Dulunya lapangan ini dipakai untuk tempat eksekusi, penobatan raja, aksi matador lawan banteng, dan pesta rakyat.

 

ESTADIO (STADION) SANTIAGO BERNABEU

Inilah markas klub sepak bola terkaya sejagad, Real Madrid. Kurang afdol kalau ke Madrid tapi nggak ke stadion megah ini. Bisa sekadar keliling area luar stadion, masuk ke toko resminya (beli jersey/kaos tim asli), mampir ke restorannya, dan foto-foto narsis di depannya. Mau lebih puas, ikut tur keliling stadion. Tur dibuka sepanjang tahun kecuali 25 Desember dan 1 Januari.

Jadwalnya:

  • Di hari yang tak ada pertandingan: Pkl.10.00-19.30 (Senin-Sabtu), 10.30-18.30 (Minggu dan hari libur).
  • Di hari yang ada pertandingan: Dibuka maks.5 jam sebelum kick off (dan nggak bisa masuk ke ruang ganti pemain).

Tiket bisa dibeli online (www.realmadrid.com) atau langsung di loket tiket di luar stadion.

 

PUERTA DEL SOL

Artinya “Gerbang Matahari”. Ke sini enaknya sore-sore karena warga Madrid tumplek di alun-alun di pusat kota ini. Di sisi utara ada kolam air mancur yang dikelilingi bunga dan patung beruang yang merambati pohon madronyo (simbol Madrid), di sisi selatan ada patung Raja Charles III menunggang kuda. Di trotoar depan gedung eks kantor pos yang berada di seberang patung ada lempeng penanda Kilometer 0-nya Spanyol. Ada menara jam di atas gedung yang selalu dinantikan dentangannya menjelang pergantian tahun. Sekeliling alun-alun penuh toko suvenir dan kostum bola, toko barang bermerek, termasuk El Corte Ingles, department store terkenal di Spanyol.

 

IGLESIA DE SAN JOSE (CHURCH OF SAINT JOSEPH)

Berada di ujung timur Gran Via (jalan utama Madrid), tepatnya di Calle de Alcala. Tampak dari luar kurang menarik, dengan dinding bata merah. Tapi begitu melangkahkan kaki ke dalam, woww, kita akan terpukau dengan gereja bergaya Barok ini. Interiornya detil banget!

 

PLAZA DE CIBELES (CIBELES FOUNTAIN)

Posisinya di antara Church of Saint Joseph dan Puerta de Alcala di Calle de Alcala. Kalau dari Gran Via ke arah timur, kita sampai di Cibeles dulu, baru Puerta de Alcala. Nama Cibeles diambil dari Dewi Kesuburan Yunani, Cybele. Patung sang dewi menunggang kereta yang ditarik dua ekor singa menghiasi bagian tengah air mancur. Di empat sisi plaza terdapat bangunan-bangunan megah, salah satunya Palacio de las Comunicaciones yang kini menjadi Madrid City Hall. Turis bisa masuk dan naik ke lantai atas gedung ini.

 

PUERTA DE ALCALA

Berdiri di Plaza de la Independencia, di tengah Calle de Alcala, salah satu jalan tertua di Madrid. Yang kita lihat sekarang bukan yang asli, tapi hasil pembangunan kembali atas perintah Raja Charles III.

 

PALACIO REAL (ROYAL PALACE)

Inilah istana kerajaan terbesar di Eropa Barat. Kamarnya ada 2.800 lho! Walaupun ini kediaman resmi, tapi Raja Spanyol yang sekarang memilih tinggal di istana lain yang lebih kecil di pinggiran Madrid. Dibuka untuk umum hampir setiap hari kecuali saat ada jamuan kerajaan dan acara resmi lainnya. Turis bisa masuk gratis khusus tanggal 18 Mei saat International Museum Day.

 

PLAZA DE ORIENTE

Karena letaknya di sebelah timur Royal Palace maka namanya “oriente” (timur). Selain lapangan dan patung Raja Philip IV menunggang kuda, tempat ini juga memiliki taman dengan pohon rindang dan deretan patung raja-raja. Plaza yang satu ini jauh lebih tenang dibanding plaza lain. Nggak aneh kalau ada yang bobo siang dengan nyenyaknya di bangku taman.

 

PLAZA DE ESPANA

Jalan utama di Madrid, Gran Via, berakhir di sisi baratnya di Plaza de Espana. Monumen di plaza yang di depannya ada kolam air mancur ini didedikasikan untuk Cervantes, penyair terkenal Spanyol yang menulis novel legendaris Don Quixote. Di belakang plaza ada dua gedung tinggi, Torre de Madrid (142 m, pernah menjadi gedung tertinggi di Eropa pada zamannya—dibangun tahun 1950) dan Edificio España.

 

MUSEO NACIONAL DEL PRADO (PRADO MUSEUM)

Termasuk museum seni terbesar di dunia. Ada ribuan lukisan dan patung karya seniman-seniman ternama. Butuh waktu berjam-jam untuk bisa menikmati semua koleksinya. Bisa masuk gratis di atas jam 6 sore atau 5 sore untuk Minggu dan hari libur. Gratis juga untuk anak <18 tahun dan mahasiswa 18-25 tahun.

 

CATEDRAL DE LA ALMUDENA (MADRID CATHEDRAL)

Lengkapnya adalah Catedral de Santa María la Real de la Almudena, dikenal juga sebagai Madrid Cathedral. Gedungnya relatif modern (dibangun tahun 1883), tapi layaknya katedral di Eropa, interiornya detil, bahkan satu bagian dinding depannya bagai punya relief seperti candi. Patung-patung dan ornamen di altar utamanya kuning berkilau dan sangat detil. Katedral ini perpaduan eksterior dengan gaya Neoklasik, interiornya Gotik, dan ruang bawah tanahnya Neoroman. Gereja ini menyimpan legenda patung Bunda Maria.

 

Catatan:

Untuk mengetahui lebih detil wisata Kota Madrid, khususnya, dan Spanyol seluruhnya, baca majalah MyTrip vol. 10. Untuk membelinya hubungi Novi, bagian  pelanggan di 081311453553 atau 082130888550 atau pelanggan@media.femalindo.com

Teks: Adi Pamungkas, Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


508

Back to Top