MILAN DIJAJAH MADRID

MILAN DIJAJAH MADRID

Monday, 23-05-2016 | 09:56

Stasiun kereta api di Milan

 

Siapa yang tak kenal Milan? Milan adalah salah satu kota favorit di Italia setelah Roma. Hanya saja, kota yang namanya berasal dari Bahasa Latin, Mediolanum ini sebentar lagi akan menjadi Madrid ke-2, atau Milan seolah dijajah Madrid. Lho? Ya, akhir Mei nanti, tepatnya 28 Mei 2016 waktu Milan, atau 29 Mei WIB, orang Milan harus merelakan salah satu wilayahnya, sekitar Stadion San Siro dijajah orang Madrid. Itu pasti, karena seluruh penggemar fanatik Atletico dan Real Madrid, dua raksasa sepak bola Madrid akan memadati Stadion San Siro Milan untuk menyaksikan pertandingan Final Liga Champions. Dan sementara ini Milanisti (penggemar AC Milan) dan Interisti (penggemar Inter Milan) pemilik sah Stadion San Siro harus rela menyingkir.

Nah, meskipun akhir Mei ini Kota Milan bakal beraroma Madrid, tapi Milan sendiri tetap memiliki pesona wisata yang indah dan cantik. Berikut lokasi menarik di Milan.

 

STADION  SAN SIRO

Stadion San Siro, markas dua tim asal kota Milan, AC Milan dan Internazionale Milan atau Inter Milan, akan menjadi pusat perhatian dunia khususnya penggemar sepak bola. Di stadion inilah dua tim raksasa Spanyol Atletico dan Real Madrid bertemu dalam final ajang Liga Champions. Fakta unik dari stadion ini, inilah satu-satunya stadion sepak bola yang memiliki dua nama, karena dipakai dua tim Milan yang berbeda dan berseteru. Bagi AC Milan, stadion berkapasitas 80.018 penonton ini disebut San Siro --diambil dari nama seorang santo atau orang suci. Sedangkan bagi Inter Milan, stadion ini dinamai Giuseppe Meazza --nama pemain legendaris Inter Milan dan timnas Italia. Satu stadion dengan dua nama. Lucu ya!

Apa yang menarik dari stadion terbesar di Italia ini? Silakan ikut Milan San Siro Stadium Tour yang diadakan setiap Senin hingga Kamis pukul 10.30 hingga 17.00. Selama tur Anda akan diajak berkeliling melihat ke ruang ganti pemain dari masing-masing klub, lanjut ke Museum San Siro atau Museo San Siro. Museum ini menyimpan banyak sejarah perjalanan klub dan memorabilia milik pemain bintang dari kedua tim. Tur akan diakhiri dengan kunjungan ke toko yang menjual produk resmi dari AC Milan dan Internazionale Milan.

 

DUOMO CATHEDRAL

Katedral Duomo Milan  ini mampu menampung sekitar 40.000 orang. Terletak di Piazza del Duomo, katedral Katholik terbesar ketiga di dunia ini memiliki tinggi 108 m dan panjang 158 m. Sedangkan  Piazza del Duomo sendiri merupakan alun-alun yang sarat akan perjalanan sejarah perkembangan Kota Milan. Di kawasan ini terdapat pula bangunan bersejarah seperti patung Vittorio Emanuele, perumahan Palazzo Reale, Museum Duomo serta  Museum of Contemporary Art. Katedral ini buka setiap hari dan gratis.

 

GALLERIA VITTORIO EMANUELE II

Galleria Vittorio Emanuele II  merupakan pusat perbelanjaan yang sering disebut il salotto di Milano (ruang tamu Kota Milan). Bangunan ini dirancang tahun 1861 dan dibangun oleh Giuseppe Mengoni antara tahun 1865 hingga 1877. Terdiri dari 4 lantai dan terletak di tengah kota Milan. Di dalamnya berbentuk gang-gang arcade, dan dinamai seperti nama raja pertama Kerajaan Italia, Vittorio Emanuele II.  Pusat perbelanjaan ini memiliki atap kaca besar dan di dalamnya berjajar toko-toko dengan brand-brand terkemuka seperti Gucci, Versace, Fratelli Rossetti, Prada, Cartier dan masih banyak lainnya.

 

SFORZA CASTLE

Dibangun pada abad ke-15, awalnya hanya sisa-sisa benteng pada abad ke-14. Kemudian dilakukan renovasi dan perluasan bangunan sehingga Castello Sforzesco menjadi salah satu benteng terbesar di Eropa pada abad ke-16 hingga ke-17. Bangunan kastil ini sebelumnya sempat dijadikan rumah tinggal keluarga bangsawan Milan, sebelum akhirnya dibuka untuk umum sebagai obyek wisata dengan menambahkan beberapa museum di dalamnya.

Saat mengunjungi kastil ini kita dapat melihat berbagai artefak istana, detil arsitektur seni patung terakhir Michelangelo, koleksi alat musik serta museum arkeologi prasejarah. Di dalam kastil ada sebuah ruangan yang disebut masyarakat lokal dengan nama Sala Delle Asse dan pada langit-langitnya terdapat lukisan yang dibuat khusus oleh Leonardo da Vinci.

Sforza Castle dibuka setiap hari pukul 07.00–18.00 di musim dingin, dan pukul 07.00–19.00 di musim panas. Gratis untuk masuk kastil, sedangkan untuk masuk museum di dalam kastil harus bayar.

 

TAMAN VERTIKAL

Merupakan hutan buatan yang terletak di sebuah pusat perbelanjaan Fiordaliso Shopping Center, di  Rozzano, Milan. Sesuai namanya, Taman Vertikal dibuat melebar ke atas, seolah menempel pada dinding yang tinggi dan lebar. Di taman seluas 1.263 m2 ini terdapat sekitar 44.000 tanaman.

Taman yang diresmikan tahun 2010 ini berhasil mencatat rekor sebagai taman vertikal terbesar di dunia, mengalahkan taman vertikal di Madrid, Spanyol. Cara pembangunannya pun terbilang unik. Dinding disusun secara bertahap persis seperti membangun sebuah lego raksasa. Selain berfungsi untuk mempercantik wajah Milan, keberadaan taman ini juga membantu mengendalikan suhu di dalam pusat perbelanjaan dengan mengurangi sinar matahari langsung.

Teks: Maulana Alam, Adi Pamungkas Foto: Istimewa

2 COMMENTS


Erna Yuliana May 23, 2016 Reply

Pengen banget suatu saat ke Milan, saking pengennya, anak aku dikasih nama Milan jd bisa bareng anak2 kesananya... #Haruskejadian


Admin May 23, 2016

Iya harus diniatin, semoga kesampean ya Mbak Erna Yuliana


333

Back to Top