HAL-HAL YANG PERLU ANDA TAHU SEBELUM JALAN-JALAN KE SPANYOL (Bagian 1)

HAL-HAL YANG PERLU ANDA TAHU SEBELUM JALAN-JALAN KE SPANYOL (Bagian 1)

Wednesday, 11-05-2016 | 16:33

Spanyol yang berada di Semenanjung Iberia di Eropa bagian barat daya, dengan Samudera Atlantik di sisi barat, Teluk Biscay di utara, Laut Tengah (Mediterranea) di timur dan Selat Gibraltar di selatan yang memisahkannyaa dengan Benua Afrika (tepatnya dengan Maroko), mempunyai kontur yang menarik terutama di bagian pesisir. Negara seluas 504.782 km2 (kira-kira 4X luas Pulau Jawa) ini juga memiliki kota-kota yang eksotis di antaranya Madrid (ibu kotanya) dan Barcelona. Jadi tak heran kalau negeri matador ini jadi destinasi favorit para pelancong. Tapi sebelum memutuskan liburan ke Spanyol, ada baiknya simak dulu apa saja yang perlu Anda ketahui.

 

PUNYA 2 BAHASA YANG SAMA KUAT

Bahasa resmi di Spanyol adalah Castilian/Castellano. Tapi 3 bahasa besar lainnya yakni Catalan, Basque dan Galician juga dipakai secara resmi di daerahnya masing-masing. Bahasa Catalan dipakai resmi di Catalonia (termasuk Barcelona) dan Kepulauan Balearic (termasuk Ibiza). Orang Barcelona lebih suka berbahasa Catalan dibanding Bahasa Spanyol. Bahkan semua dokumen resmi, petunjuk lalu lintas, pengumuman di metro, bus atau pesawat menggunakan 2 bahasa: Catalan dan Spanyol, selain Inggris.

 

CARI LOGO HURUF “I”

Di bandara, stasiun kereta maupun terminal bus di Spanyol ada konter informasi turis (berlogo huruf “i”). Datangi saja kalau Anda butuh bantuan atau informasi. Kerjanya efektif dan benar-benar informatif.

 

METRO BELUM ADA DI SEMUA KOTA

Hanya beberapa kota di Spanyol yang mempunyai metro sebagai moda transportasi publik yang paling efisien (murah, cepat, menjangkau hampir semua sudut kota), yakni Barcelona, Bilbao, Madrid, Palma de Mallorca, Sevilla dan Valencia. Tarifnya beda-beda di tiap kota. Di Madrid tarifnya berdasarkan jarak, di Barcelona jauh dekat sama. Naik metro baik di Madrid maupun Barcelona gampang asal pelajari petanya.

 

ARGO TAKSI BEDA-BEDA

Ongkos taksi di tiap kota berbeda. Madrid menempati urutan ke-9 dan Barcelona ke-10. Tarif taksi paling mahal justru di kota yang kurang dikenal: Tarragona.

 

BUS KOTA MENJANGKAU PELOSOK

Semua kota di Spanyol punya bus kota, termasuk di Ibiza. Rute busnya menjangkau semua pelosok pulau. Tarif bus rata-rata antara EUR 1-5 (tergantung jarak).

 

“MURAH-MURAH” DI BARCELONA

Toko suvenir di La Rambla Barcelona banyak dimiliki migran dari India, dan ada di antara mereka yang bisa nyebut “murah-murah”. Udah kayak di Shenzhen aja, hehe.

Toko suvenir

 

TOKO BESAR TUTUP HARI MINGGU

Madrid maupun Barcelona memang bukan Paris, London, Milan atau New York yang jadi acuan mode dunia. Tapi buat penggila shopping barang bermerek, jangan khawatir, bisa shop till you drop di Spanyol, terutama di 2 kota besar ini. Sempatkan masuk ke toko Zara dan Desigual, karena keduanya merek asal Spanyol, jadi tentu harganya lebih murah. Kalau mau yang semua barang ada, datang aja ke El Corte Ingles, jaringan department store terbesar di Spanyol; ada di hampir semua kota. Fashion mall lainnya: Bulevard Rosa, L’illa. Harap diingat, toko-toko besar tutup pada hari Minggu.

 

DURASI TINGGAL IDEAL PER KOTA

Idealnya min.3 hari. Terutama untuk Madrid atau Barcelona. Nah, kalau 3 hari, kita patut mempertimbangkan membeli Madrid Tourist Ticket atau Madrid Card dan Barcelona Card. Karena akan lebih menguntungkan. Kartu mulai aktif dan dihitung masa berlakunya saat pertama kali dipakai. Tapi tetapkan dulu rencana eksplorasinya, mau setiap hari jalan sendiri tanpa tur atau kombinasi? Kalau ikut tur satu hari misalnya, beli kartunya cukup yang 1 atau 2 hari, jadi nggak mubazir.

 

WALKING TOUR DAN HOP ON HOP OFF BUS

Banyak ditawarkan walking tour gratis di beberapa kota besar seperti Madrid dan Barcelona, juga tersedia bus turis dengan sistem hop on hop off. Disarankan ikut walking tour atau bus turis di hari pertama untuk mengenal kota secara umum. Esoknya jalan sendiri ke obyek-obyek yang diminati saja dengan naik metro dan bermodal peta. Hari ketiga baru ikut paket tur ke pinggir kota.

 

(Bersambung ke sini)

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock

1 COMMENTS


Tike May 11, 2016 Reply

Pas nih saya lagi ada rencana mau ke Spanyol. Info2nya berguna banget. Saya tunggu lanjutannya


534

Back to Top