MAU KE MOSKOW? BACA DULU PANDUANNYA

MAU KE MOSKOW? BACA DULU PANDUANNYA

Friday, 05-07-2019 | 22:24

St. Basil Cathedral, landmark Moskow

 

Moskow ibu kota Rusia yang terkenal dengan Lapangan Merah atau Krasnaya Ploshad-nya sangat tepat untuk dimasukan ke dalam bucket list Anda. Mata Anda akan dimanjakan oleh arsitektur bangunan-bangunannya yang indah, termasuk stasiun-stasiun metronya yang luar biasa cantik dan berbeda di tiap tempat. Sebelum merencanakan liburan Trippes ke Moskow, baca dulu panduannya berikut ini.

 

ZONA WAKTU

Rusia yang begitu luas wilayahnya memiliki 11 zona waktu, UTC+2 hingga UTC+12. Moskow berada di zona waktu UTC+3 (4 jam lebih lambat dari WIB).

 

BAHASA

Bahasa Rusia. Sekarang anak mudanya sudah banyak yang bisa berbahasa Inggris. Untuk tanya jalan nggak terlalu susah. Tapi guna memudahkan, siapkan peta tempat tujuan kita supaya orang yang ditanya lebih gampang mengerti. Di restoran besar pada umumnya bisa berbahasa Inggris.Tapi di restoran fast food malah susah menemukan yang bisa berbahasa Inggris. Jadi main tunjuk gambar aja udah paling bener deh!

 

MATA UANG

Rubel. 1 rubel = +/-Rp225.

Tips: Sangat jarang money changerdi Indonesia yang menjual rubel. Jadi sebaiknya membawa USD untuk ditukarkan di Moskow. Atau bisa juga mengambil uang melalui ATM di Rusia.

 

STOP KONTAK

Dua lubang bundar, sama dengan Indonesia.

 

WI-FI

Pada umumnya hostel atau hotel menyediakan Wi-Fi gratis.

 

TIPPING

Tip diharapkan saat membayar makan di restoran, sekitar 5-10%.

 

VISA

Dibutuhkan visa untuk masuk ke Rusia. Syaratnya tidak terlalu sulit, tidak memerlukan rekening koran, namun diperlukan ketelitian. Diperlukan juga visa support yang bisa dibeli secara online melalui website agen travel di Rusia. Salah satu yang direkomen www.destinationrussia.com untuk visa support. Proses pengajuan langsung ke Kedutaan Rusia di Jl. H.R Rasuna Said Kav X-7, 1-2 Kuningan, Jakarta.

 

Baca juga: "Benarkah Jalan-Jalan ke Oslo Mahal?"

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Rusia memiliki 4 musim. Saat musim dingin suhu sangat rendah. Bahkan saat musim gugur pun suhu bisa di bawah 0 derajat celcius dengan curah hujan cukup tinggi. Untuk menghindari padatnya turis dan merasakan cuaca yang masih bersahabat, akhir musim semi dan awal musim gugur bisa menjadi pilihan tepat.

 

CARA KE MOSKOW

Dari Jakarta tidak ada penerbangan langsung. Durasi penerbangan Jakarta-Moskow (Domodedovo Airport) 12-13 jam (belum termasuk transit). Jika ingin waktu transit yang singkat, Etihad, Qatar atau Emirates bisa jadi pilihan. Tapi jika ingin sekalian menginap di Bangkok, bisa memilih Thai Airways.

 

Domodedovo Airport

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA MOSKOW KE KOTA

Maskapai yang terbang dari negara Asia ke Moskow biasanya mendarat di Bandara Domodedovo. Transportasi yang paling mudah tentunya taksi. Pastikan taksi menggunakan argo. Jarak dari bandara ke kota cukup jauh. Bisa juga menggunakan Aeroexpress atau bus. Aeroexpress memakan waktu sekitar 50 menit sampai kota.

 

TRANSPORTASI DI MOSKOW

Keliling Moskow paling pas naik metro. Selain karena Moskow terkenal dengan stasiun metronya yang indah-indah (menikmati stasiun metro bisa menjadi ‘tur’ tersendiri di Moskow), jarak antara tempat wisata di Moskow tidak dekat (kecuali Red Square).

 

Stasiun Elektrozavodskaya

 

Stasiun metro di Moskow sangat dalam --sebagian besar menggunakan eskalator yang bisa menghabiskan waktu beberapa menit. Selain itu, di Moskow kita bisa naik bus/trolleybus, trem, monorail, atau jika kita beramai-ramai, taksi biasa ataupun taksi online juga tersedia (Uber).

 

Stasiun Kiyevsskaya

 

Tips: Di stasiun metro kita tidak akan menemukan petunjuk stasiun dalam bahasa Inggris/Latin, jadi lebih baik hapalkan tulisan stasiun tujuan kita dalam huruf Cyrillic. Atau simpan peta sistem metro dalam huruf Cyrillic dan Latin di dalam telepon genggam. Tapi di dalam kereta kita bisa melihat peta stasiun terpampang dalam huruf Latin dan tentu saja ada pengumuman saat kereta akan berhenti di stasiun-stasiun tujuan dalam bahasa Inggris.

 

PENGINAPAN

Moskow  memiliki banyak pilihan penginapan dari mulai hostel, apartemen hingga hotel berbintang. Harga hostel untuk kamar dorm mulai 500 rubel per orang. Harga hotel *3 mulai 2.500 rubel per kamar sedangkan apartemen mulai 1.700 rubel per kamar. Rekomendasi: di daerah Arbatskaya atau Tverskaya.

 

MAKANAN YANG PERLU DICICIPI

Beef stroganoff, yaitu daging sapi yang ditumis kemudian disajikan dalam saus dengan krim asam. Ada restoran yang merupakan steak house terbesar di Rusia dan jadi favorit yaitu Stroganoff Steak House yang berada di Moskow. Selain rasanya yang enak, suasana restoran pun sangat nyaman. Restoran ini buka dari pukul 10 pagi hingga tengah malam.

 

OLEH-OLEH KHAS RUSIA

Matryoshka. Boneka kayu khas Rusia yang berongga dan dalamnya diisi dengan boneka-boneka lainnya dengan ukuran yang lebih kecil. Satu set bisa terdiri dari 5-7 boneka. Dengan berbagai warna, gambar, dan ukuran yang beraneka ragam, boneka ini jadi favorit turis untuk dibawa pulang ke negaranya. Selain itu, Rusia juga memiliki beragam cokelat yang bisa dijadikan oleh-oleh.

 

Boneka kayu matryoshka

 

Mengenai objek-objek wisatanya bisa dibaca di artikel berikut.

Teks: Titry Frilyani Foto: Priyo Tri Handoyo, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


424

Back to Top