INILAH FAKTA & LEGENDA UNIK CHOCOLATE HILLS DI BOHOL FILIPINA

INILAH FAKTA & LEGENDA UNIK CHOCOLATE HILLS DI BOHOL FILIPINA

Tuesday, 02-07-2019 | 21:11

 

Bukit imut-imut bagaikan bukit Teletubbies ini adalah salah satu ikon top wisata negara Filipina. Bukit-bukit ini bukan hanya imut-imut tapi unik karena jumlahnya sangat banyak di satu area, 1.260 bukit! Bukit-bukit yang tingginya bervariasi 30 m sampai 120 m ini menyebar di area seluas 50 km2 pada Kota Sagbayan, Batuan, Carmen, Bilar, Sierra Bullones dan Valencia di Pulau Bohol, Filipina.

 

Wisatawan dapat menikmati Chocolate Hills di 2 tempat yaitu viewing deck di Chocolate Hills Complex, Carmen dan di Sagbayan Peak.

 

Baca juga: "7 Kegiatan yang Tak Boleh Dilewatkan di Manila"

 

Saat saya ke Bohol pihak agen tur memilih Chocolate Hills Complex yang terletak 55 km dari Kota Tagbilaran untuk kami menikmati pemandangan perbukitan ini. Untuk mendapatkan spot foto terbaik di Chocolate Hills Complex kita harus naik ke satu bukit yang sudah dipangkas yang di atasnya ada viewing deck. Anak tangga yang harus kita naiki cukup banyak, jadi pakailah alas kaki yang nyaman.

 

Pemandangan dari tempat ini sangat memukau dan saat kemarau di mana rerumputan yang menyelimuti bukit-bukit ini mengering, maka akan tampaklah bagai cokelat-cokelat berserakan. Itulah kenapa dinamai Chocolate Hills.

 

 

Tempat unik ini juga terkenal dengan legendanya lho, bahkan sampai ada tiga legenda. Yang paling terkenal adalah legenda romantis tentang seorang raksasa bernama Arogo yang sangat kuat dan awet muda. Arogo jatuh cinta pada Aloya, yang adalah manusia biasa. Kematian Aloya menyebabkan Arogo sangat sedih dan karenanya dia tidak bisa berhenti menangis. Ketika air matanya mengering, terbentuklah Chocolate Hills.

 

Karya Tuhan yang imut-imut dan cantik ini secara geologi konon zaman dahulu kala ada di bawah permukaan laut dan terangkat ke daratan lalu mengalami proses alam sehingga berbentuk seperti sekarang ini.

 

Saat gempa yang cukup besar 6 tahun lalu di Bohol, beberapa bukit ada yang terbelah tapi bukit yang jauh dari pusat turis. Syukurnya, jalanan utama menuju Chocolate Hills Complex juga tidak rusak sama sekali.

 

Cara ke tempat ini:

Disarankan ikut day tour. Referensi travel: Uni Orient Travel (https://uni.com.ph/)

 

Cara ke Bohol:

Naik pesawat Cebu Pacific dari Kota Manila atau naik kapal ferry dari Kota Cebu.

Teks & Foto: Kumala Budiyanto

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


639

Back to Top