ALTERNATIF WISATA DI BOHOL FILIPINA: LOBOC RIVER CRUISE

ALTERNATIF WISATA DI BOHOL FILIPINA: LOBOC RIVER CRUISE

Saturday, 29-06-2019 | 11:22

 

Wisata makan siang sambil menyusuri Sungai Loboc di Kota Carmen adalah wisata yang tidak boleh dilewatkan saat kita berkunjung ke Bohol, Filipina. Wisata sederhana dan kreatif yang ditawarkan oleh 4 orang pengusaha di kota ini sudah banyak menarik begitu banyak turis dan idenya layak diajungi jempol!

 

Acara dimulai dengan buffet lunch diiringi live music. Setelah sekitar 30 menit kita menikmati makan siang, kapal kayu tradisional mulai bergerak menyusuri sungai. Cara menggerakkan kapal juga unik yaitu didorong dengan perahu motor yang disambung di bagian belakang kapal.

 

 

Pemandangan pertama yang kita lihat di sebelah kanan adalah Gereja San Pedro (lebih dikenal sebagai Gereja Loboc), gereja tertua kedua di provinsi yang pertama kali dibangun pada 1602 dan memiliki dua karakter seni yaitu Baroque (bagian gereja yang dibangun oleh para Yesuit) dan gaya Neoklasik (bagian gereja terutama terasnya yang dibangun oleh Agustinian Recollects).

 

Baca juga: "Terbang Lebih Menyenangkan ke 7 Tempat  yang Menakjubkan di Filipina!"

 

Setelah itu pemandangan serba hijau menghiasi setiap sudut, yaitu pepohonan nan asri di kanan kiri sungai dan air sungai yang bersih berwarna hijau karena pantulan warna aneka pohon pakis abaca yang tumbuh di tepi sungai.

 

Menjelang ujung rute kita akan disuguhkan atraksi seni lokal berupa pertunjukan nyanyian dan acara permainan bambu. Acara yang sederhana tapi tidak biasa ini membuat wisata ini terasa semakin menarik. Para pengunjung juga bisa ikut serta bermain bambu bersama lho...

 

 

Tepat di ujung sebelum kapal memutar balik kita disuguhkan pemandangan air terjun super mungil, Busal Falls, yang berhasil membuat hampir semua pengunjung beranjak dari tempat duduknya.

 

Kemudian kapal berjalan balik sampai ke dermaga di mana kita menikmati pemandangan diiringi live music. Setiap kapal berbeda lagu-lagunya tergantung mayoritas turis yang ada di kapal.

 

Baca juga: "Panduan Menyusuri Sungai Li di Guilin yang Tidak Mainstream"

 

Kapal yang beroperasi cukup banyak, ada 20 kapal dengan kapasitas bervariasi, ada yang sampai 70 orang.

 

Harga:

650 peso/orang (sekitar Rp175.000)

 

Cara ke sini:

Disarankan ikut day tour. Referensi travel: Uni Orient Travel (https://uni.com.ph/)

 

Cara ke Bohol:

Naik pesawat Cebu Pacific dari Kota Manila atau naik kapal ferry dari Kota Cebu.

Teks & Foto: Kumala Budiyanto

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


469

Back to Top