YAMDROK LAKE DI TIBET, CANTIKNYA KEBANGETAN! KE SINI YUK...

YAMDROK LAKE DI TIBET, CANTIKNYA KEBANGETAN! KE SINI YUK...

Tuesday, 25-06-2019 | 08:50

Danau Yamdrok dari Kambala Pass

 

Tibet “Negeri Atap Dunia” menyimpan berjuta pemandangan indah bahkan di setiap pengkolan jalannya. Mau bukti? Cobalah lempar pandangan keluar jendela saat mobil yang Anda tumpangi melaju antara Kota Lhasa dan Gyantse yang  berada di selatan Tibet, menuju Yamdrok Lake atau Yamdrok Yumtso. Hanya pemandangan cantik, cantik, dan cantik yang akan Anda lihat. Apalagi begitu Anda tiba di danau yang berada di ketinggian 4.441 m yang dikelilingi pegunungan bersalju itu. Air danau hijau turkois yang digenapi langit biru dan awan putih yang menggantung sempurna benar-benar menyihir. Hanya decak kagum yang akan keluar dari mulut Anda.

 

Gambaran keindahan danau yang sempurna

 

ADA 3 SPOT SEPANJANG DANAU

Setidaknya ada 3 spot bagi turis untuk menikmati Yamdrok Lake dari ketinggian maupun dari tepi danaunya. Tiga spotnya ini nggak saling berdekatan, harus dengan kendaraan untuk pindah antarspot, maklum danau yang bentuknya seperti kalajengking ini panjangnya sampai 72 km!

 

Biasanya pemandu tur hanya akan mengajak kita berhenti maksimal di dua spot karena keterbatasan waktu. Di satu spot saja kita pasti tak akan puas-puas berfoto, minimal 30 menit. Sementara biasanya jadwal ke Yamdrok Lake sekalian untuk berpindah kota dari Lhasa ke Gyantse atau Shigatse, atau sebaliknya, yang jaraknya ratusan km. Jadi nggak bisa terlalu berlama-lama juga.

 

Kalau kita datang dari Lhasa, spot pertama yang dilewati adalah Kambala Pass (4.990 m), di mana terdapat tugu penanda Yamdrok dan ketinggiannya. Dari sini kita bisa mengambil foto danau yang agak lebar, dan bisa terlihat jalan mengular di sisi danau.

 

Dari spot pertama, Kambala Pass

 

Memotret keindahannya

 

Lalu spot kedua juga di ketinggian tapi sudah agak turun. Ada tangga-tangga dan tembok-tembok batu untuk dipakai sebagai lokasi foto. Danaunya tampak memanjang dan meliuk-liuk. Bagian danau yang terlihat dari spot pertama dan kedua mirip, cuma beda angle sedikit.

 

MyTrip di Yamdrok Lake spot kedua

 

Salah satu peserta Tibet Trip-nya MyTrip tahun 2018 di Yamdrok Lake spot kedua

 

Spot ketiga berada di bawah, tepat di sisi danau. Kita bisa memotret dari teras dekat parkiran, bisa juga turun ke tepi danau. Di sini juga ada yang menawarkan berfoto dengan yak (sejenis kerbau Tibet) ataupun Tibetan mastiff (anjing besar) dengan membayar 10 yuan, bisa foto sepuasnya.

 

Yamdrok Lake, spot ketiga

 

Yamdrok Lake spot ketiga

 

Berfoto dengan Tibetan Mastiff

 

SEPANJANG PERJALANAN

Di perjalanan di antara ketiga spot itu bahkan sebelum atau sesudahnya, dari Lhasa maupun Gyantse, kita juga bisa melihat sudut-sudut danau yang panjang laksana sungai ini ‘mengikuti’ kita. Jadi siapkan kamera, buat video atau foto-foto yang banyak.

 

Pemandangan sepanjang jalan. Danau di kanan, berarti rutenya dari Gyantse ke Yamdrok

 

Dari Lhasa ke Yamdrok Lake sepanjang 170 km berkendara ditempuh sekitar 2,5 jam. Kita bisa singgah dulu di Sungai Brahmaputra. Berfoto maupun melihat-lihat dagangan para penjual suvenir. Lepas dari Sungai Brahmaputra, jalan mulai mendaki dan berkelok-kelok tajam. Gunung dan lembah muncul bersusulan. Surga tak putus-putusnya di hadapan kita!

 

Jalan mendaki dan berkelok-kelok

 

Surga tak putus-putus ada di depan mata

 

Kalau berangkatnya dari Gyantse ke Yamdrok juga sekitar 2,5 jam, sekitar 100 km. Kita akan melewati Yamdrok Hydropower Station (waduk) dan kemudian Kharola Glacier yang puncaknya mencapai 5.560 m. Tapi kita berhenti untuk berfoto-foto di ketinggian 5.035 m.

 

Yamdrok terus 'mengikuti' sepanjang jalan

 

Kota terdekat dengan Danau Yamdrok adalah Nagartse. Biasanya turis mampir di sini untuk makan siang.

 

TENTANG YAMDROK LAKE

Yamdrok yang terletak di Nagartse County, Shannan Prefecture adalah salah satu dari 4 danau tersuci dan terindah di Tibet. Menurut mitologi yang diyakini masyakarat Tibet, Yamdrok adalah transformasi dari seorang dewi. Banyak orang termasuk Dalai Lama melakukan ziarah keliling danau ini. Tiga danau lainnya yaitu Nam Tso, Manasarovar, dan Lhamo La Tso.

 

Gunung Nojin Kangtsang atau Nyechenkangsar (7.191 m) terlihat di belakang danau maha luas ini. Danau yang berair tawar ini saking panjangnya di beberapa tempat memiliki aliran-aliran sungai kecil, juga teluk. Makanya banyak banget spot cantiknya.

 

 

Total luas permukaan danaunya 638 km2. Merupakan danau terluas di Tibet bagian selatan. Sedangkan kedalamannya rata-rata 30 m, dan yang terdalam 60 m. Danaunya melebar di bagian selatan dan menyempit di bagian utara. O ya, Yamdrok membeku saat musim dingin. Makanya kalau mau lihat Yamdrok dengan airnya yang hijau turkois itu datangnya antara September sampai November ya. Juli-Agustus juga bisa, tapi sering turun hujan.

 

 

CARA KE TIBET

Tibetan Autonomous Region yang dideklarasikan 1 September 1965 merupakan bagian dari negara Republik Rakyat China. Jadi untuk ke Tibet perlu apply visa China, cukup single entry. Selain visa, juga perlu Tibet Travel Permit (TTP). Dokumen ini harus ditunjukkan saat check in pesawat atau naik moda transportasi lain ke Lhasa. Dan perlu diketahui, independent traveler nggak bisa mengurus TTP sendiri, harus melalui agen travel di China di mana kita telah memesan paket turnya ke Tibet. Jadi karena jalan-jalan ke Tibet harus ikut grup tur dan ambil paket tur dari agen travel di China (atau baiknya agen yang based-nya di Lhasa Tibet), Trippers nggak perlu pusing, tinggal daftar turnya saja. MyTrip juga memiliki paket tur ke Tibet tanggal 31 Agustus-10 September 2019, hubungi WhatsApp 0811821006.

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Tibet (Bagian 1)” & “Panduan Cerdas Eksplor Tibet (Bagian 2-Tamat)

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Hemawati N

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


304

Back to Top