SENSASI “PINTU SURGA” DI TIANMEN MOUNTAIN NATIONAL PARK HUNAN CHINA

SENSASI “PINTU SURGA” DI TIANMEN MOUNTAIN NATIONAL PARK HUNAN CHINA

Monday, 17-06-2019 | 21:14

"Pintu Surga"

 

Kalau di Gua Jomblang Yogyakarta ada “cahaya surga”, di Tianmen Mountain National Park di Provinsi Hunan China ada “pintu surga”. Lubang besar yang menembus tebing gunung yang disebut “pintu surga” ini bahkan bisa dilihat dari jauh termasuk dari area landasan Zhangjiajie Hehua Airport. Selain memilki “pintu surga” yang unik, beberapa hal spektakuler juga dapat dinikmati di taman nasional di Zhangjiajie ini.

 

Cableway terpanjang di dunia membentang sepanjang 7.455 m di sini, yang melintas mulai dari stasiun bawah yang berlokasi di tengah kota, melewati jalan raya di kota sampai puncak gunung dengan waktu tempuh 30 menit. Sesampainya di puncak kita akan menginjakkan kaki di Guigu Plank Road, jalanan yang dibuat menempel di tepi tebing pada ketinggian 1.400m.

 

Cableway

 

Sensasi menikmati ketinggian berlanjut semakin seru di Glass Road sepanjang 60 m yang terletak pada ketinggian 1.430 m. Rute berikutnya kita mengarah turun menikmati eskalator yang panjang sekali dengan waktu tempuh selama 20 menit dan sesampainya di bawah kita dapat melihat dari dekat Tianmen Cave, yang dari kejauhan tampak berupa lubang. Tingginya 131 m dan lebar 57 m.

 

Glass Road

 

Bagi yang mau mencoba sensasi menuruni anak tangga sebanyak 999 step dapat mulai menuruni anak tangga dari tempat ini, tapi bagi yang nggak kuat, saat ini sudah tersedia eskalator yang dapat ditempuh selama 10 menitan dan kita harus membeli tiket seharga RMB 32. Tiba di bawah, berpuas-puaslah berfoto dengan pemandangan lubang gua dan 999 anak tangga. Bagi yang ingin berfoto dengan baju khas Tujia juga bisa menyewa di sini seharga RMB 10 dan cetak foto RMB 20.

 

Sudah berakhirkah sensasinya? Belum, ada satu kali lagi. Kita akan naik bus yang disediakan pengelola yang akan melewati 99 tikungan tajam sebelum kita sampai kembali di stasiun awal di mana kita naik cableway.

 

99 tikungan tajam

 

Tempat yang penuh sensasi ini pernah dua kali menjadi ajang atraksi spektakuler. Pertama, penerjun bernama Jeb Corliss asal USA dan beberapa rekannya pernah terbang dengan wingsuit menembus lubang gua; dan kedua, yang tak kalah sensasional adalah atraksi 3 pesawat yang terbang melintasi gua.

 

Lokasi: Distrik Yongding, Zhangjiajie, Hunan, China

Harga tiket: RMB 238

Jam buka: 08.00-16.30 (April-Oktober), 08.30-16.00 (November-Maret)

 

Baca juga: "Shop Till You Drop in China"

 

Tips:

- Gunakan sepatu yang nyaman karena banyak jalan kaki.

- Bawa paspor karena saat membeli tiket dan masuk kawasan perlu menunjukkan paspor.

- Wisata ke tempat ini membutuhkan waktu minimal 6 jam, jadi makan waktu seharian lah. Karena lokasi stasiun cableway-nya berada di tengah kota dan dekat bandara, jadi jadwal ke sini bisa dilakukan di hari pertama atau hari terakhir liburan keluarga Anda di Zhangjiajie. Sementara waktu di tengah-tengahnya, minimal 2 hari, dipakai untuk eksplor Zhangjiajie National Park.

- Sebaiknya ke sini juga memakai jasa tur lokal terutama yang nggak bisa bahasa Mandarin.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


289

Back to Top