INSPIRASI FILM AVATAR DATANG DARI ZHANGJIAJIE NATIONAL PARK

INSPIRASI FILM AVATAR DATANG DARI ZHANGJIAJIE NATIONAL PARK

Monday, 10-06-2019 | 10:25

 

Lukisan pemandangan China klasik berupa deretan batuan kars yang di atasnya dihiasi pepohonan dapat kita lihat secara nyata di Zhangjiajie National Park, Hunan, China. Taman seluas 3.810 ha ini memiliki beberapa spot cantik, salah satunya yang menginspirasi lahirnya Pandora di film Avatar. Apa saja?

 

Golden Whip Brook, menawarkan pemandangan batuan kars yang jika terkena sinar matahari tampak kuning keemasan dan di depannya terdapat sungai dangkal yang jernih banget airnya. Di sini kita juga bisa melihat beberapa monyet lucu sedang asyik bersantai.

 

Yuanjiajie, menampilkan deretan bebatuan kars yang tinggi menjulang dan di atasnya ada pepohonan. Di sini kita bisa mencoba naik lift tertinggi di dunia, Bailong Elevator yang dalam waktu 1,5 menit membawa kita naik setinggi 300-an m ke atas puncak tebing. Salah satu batu di sini ada yang menjadi inspirasi dari Pandora, nama suatu tempat pada film Avatar sehingga batu ini dinamakan Avatar.

 

Tianzi Mountain, menawarkan pemandangan bebatuan dengan bentuk unik yang dinamakan Fairly Maiden dan di sini juga ada tempat untuk berfoto dengan baju khas Tujia (nama salah satu suku di Provinsi Hunan). Harga sewa baju RMB 20 dan cetak foto ukuran RMB 30. Selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan Tianzi Mountain dengan naik cableway.

 

Jika menginap di Wulingyuan, pada malam hari kita juga bisa menonton kesenian budaya Hunan dengan atraksi akrobat yang luar biasa di Charming Western Hunan Show yang berlokasi di luar taman nasional.

 

Baca juga: "Alternatif Wisata Warna-Warni di China: Dongchuan"

 

Lokasi: Distrik Wulingyuan, Zhangjiajie, Hunan, China

Harga tiket: RMB 245 untuk 4 hari (ibu jari kita akan dipindai sebagai tanda masuk di hari berikutnya). Tiket hanya berlaku sebagai tiket masuk dan menggunakan bus selama di dalam taman (di dalam taman hanya ada mobil khusus pengelola) dan tidak termasuk tiket Bailong Elevator (RMB 72) dan Tianzi Cableway (RMB 72). Tidak ada pilihan tiket lain selain yang berlaku 4 hari.

Harga tiket Charming Show: RMB 228.

Jam buka: 07.30-18.00 (last entry pkl.17.00)

 

Tips:

- Gunakan sepatu olahraga karena di lokasi ini banyak anak tangga dan kita perlu jalan kaki cukup banyak.

- Di beberapa spot ada penjual air dan makanan. Bahkan di pintu depan Yuanjiajie ada KFC dan di Tianzi Mountain ada McDonald’s. Tapi sebaiknya bawa air minum di dalam tas.

- Taman nasional ini sangat luas dan nggak banyak orang yang bisa berbahasa Inggris. Untuk kemudahan, ikutlah tur baik tur dari Indonesia maupun tur lokal (rekomendasi private tour lokal www.china-zjj.cn).

- Durasi eksplor minimal 1,5 hari sudah dapat spot-spot utamanya. Kalau punya waktu dan ingin puas tentu 4 hari, sesuai masa berlaku tiket.

- Lebih nyaman menginap di wilayah Wulingyuan karena dekat dengan lokasi taman nasional. Pullman Hotel adalah salah satu hotel terbaik di sini dan terletak di sebelah Charming Western Hunan Show.

- Saat menonton di Charming Western Hunan Show pilih bangku yang di pinggir dan atas sehingga lebih mudah keluar saat pergantian sesi pertunjukan dari teater di dalam ruangan ke teater terbuka.

 

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


272

Back to Top