PECINTA SEJARAH KALAU KE SWISS MAMPIR DEH KE NEUCHATEL

PECINTA SEJARAH KALAU KE SWISS MAMPIR DEH KE NEUCHATEL

Friday, 24-05-2019 | 19:04

 

Orang mengenal Swiss dengan wisata andalannya seperti Mount Titlis, Jungfrauch, Interlaken, Zurich, maupun Genewa. Jarang mungkin yang melirik kanton sekaligus kota yang berada dekat Genewa ini.  Neuchatel. Padahal dengan atmosfer Mediterranea yang sangat kental, tempat-tempat sarat nilai sejarah, dan Danau Neuchatel yang dimilikinya, tempat ini menarik dirambahi.

 

CARA KE SINI

- Dari bandara Genewa naik kereta tujuan Neuchatel, sekitar 1 jam, kereta berangkat setiap satu jam sekali.

- Dari bandara Zurich naik kereta 1 jam 50 menit.

 

Baca juga: “Check In-nya di Stasiun Kereta, Bagasi Kita Bisa Terbang Langsung ke Jakarta

 

CARA MENGEKSPLOR KOTA

- Kotanya yang berkontur tetap nyaman untuk dikelilingi dengan jalan kaki santai sekaligus untuk menikmati dari dekat kekayaan arsitektur bangunan-bangunan kunonya seperti gereja dan kastil. Kalau mau jalan sambil ditemani pemandu tentu jadi lebih bermakna, tapi harus membayar jasa yang hitungannya per jam.

- Naik bus. Sebaiknya beli kartu bus untuk 24 jam yang meliputi zona 10 dan 11 (tempat yang paling banyak jadi tujuan wisata karena ada kastil, danau, taman). Tiket bus ini bisa dibeli di Kantor Informasi Turis yang terletak di stasiun kereta. Info: Jangan lupa menstempel saat memulai perjalanan dengan memasukkan kartu ke mesin berwarna oranye di dalam bus, karena kalau nggak, kita akan kena denda yang besarannya lumayan bikin nyesek. Waktu perjalanan berakhir 24 jam setelah jam yang tertera pada stempel tersebut.

- Naik kereta turis yang berangkat setiap jam dari pkl.13.45-16.45 (harus buking dulu). Jadwalnya: Minggu (Mei-Juni), setiap hari (Juli-Agustus).

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

ART AND HISTORY MUSEUM

Inilah museum kebanggaan kota ini, di mana di dalamnya terdapat 3 boneka automaton yang merupakan ide awal penciptaan komputer modern. Boneka ini diciptakan tahun 1768-1774. Pertunjukan bonekanya hanya diadakan setiap Hari Minggu pertama setiap bulan pada pukul 14.00, 15.00, 16.00 (di luar jadwal itu harus buking dulu). Dengan 20 ruangan untuk pameran berkala dan tetap, kita dapat melihat koleksi koin, benda seni dan sejarah di museum ini. 

 

Salah satu boneka automaton

 

Ke sini:

Naik bus dari stasiun dan turun di Universitas Neuchatel (museum ini terletak di belakang universitas). Atau kalau dari danau, ke museum ini cukup jalan kaki +/-5 menit.

Tiket masuk: CHF 8 (dewasa), 4 (pelajar, orang tua), gratis untuk anak-anak <16 tahun. Gratis tiap Rabu.

  • Tur dengan pemandu: CHF 150 untuk 1 jam.
  • Tarif demonstrasi 3 boneka: grup 5-10 orang CHF 120, grup >10 orang tambah CHF 10/orang, anak-anak mulai 6 tahun: CHF 5. Terjemahan: CHF 70. Maks. 30 orang.

Jam buka: pkl.11.00-17.00 (Selasa-Minggu)

 

Baca juga: “Naik Kereta di Swiss Harus Punya Jam Tangan Digital. Kalau Nggak...

 

COLLEGIATE CHURCH

 

Merupakan ciri khas kanton ini dengan bangunan arsitektural dalam satu kompleks berisi benda peninggalan bersejarah seperti perisai dari raja-raja terdahulu. Menghadap ke kota dan dibangun di atas bukit sehingga kita bisa melihat pemandangan kota Neuchâtel dari sini.

 

ETHNOGRAPHIC MUSEUM

Berisi koleksi menarik mengenai sejarah manusia.

 

NATURAL HISTORY MUSEUM

Cocok untuk mereka yang ingin tahu mengenai mamalia dan burung di Swiss dalam habitat alaminya.

 

BOTANICAL GARDEN

Taman dengan tanaman khas yang bisa dijadikan tempat santai atau piknik.

Teks: Clesia Lay, Mayawati NH Foto: Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


218

Back to Top