MORETON ISLAND, SALAH SATU PULAU FAVORIT TURIS INDONESIA DI AUSTRALIA

MORETON ISLAND, SALAH SATU PULAU FAVORIT TURIS INDONESIA DI AUSTRALIA

Saturday, 04-05-2019 | 19:33

 

Berlibur ke negara bagian Queensland di Australia jangan hanya puas sampai Brisbane dan Gold Coast, tapi menyeberanglah juga ke Moreton Island. Nggak jauh kok, dari Brisbane kurang dari 1,5 jam kita sudah bisa sampai di Moreton Island. Pulau ini bukan cuma populer di kalangan turis Asia, termasuk Indonesia, yang memenuhi kamar resort dan hotel selama liburan Lebaran dan sekolah, tetapi juga favorit warga lokal. Jadi jangan heran kalau mendengar obrolan dalam bahasa Indonesia di banyak sudut pulau ini.

 

Selain pantai, pulau ini juga memiliki taman nasional, gurun pasir, gunung, danau, laguna dan mercusuar yang bisa kita jelajahi. Banyak kegiatan outdoor di darat maupun di air yang bisa diatur oleh pihak resort atau kita atur sendiri. Akhir Mei hingga November kita bisa ikut tur melihat humpback whale dari atas kapal di sekitar perairan pulau ini. 

 

Moreton Island sangat terkenal dengan snorkeling dan scuba diving spot yang memiliki beberapa kapal karam yang sengaja ditaruh di beberapa pantai sebagai bagian dari program ekologi. Curtin Artificial Reef yang digagas Frank Curtin menjadi kompleks koral buatan pertama dari kapal karam. Selain itu ada juga Tangalooma Wreck, Flinders Reef dan Bulwer Wreks. Yang beda, di bagian barat Moreton Bay juga terdapat kompleks di mana mobil bekas sengaja dikaramkan untuk taman koral buatan.  

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Queensland Australia (Bagian 1)

 

CARA KE SINI

Kapal feri yang menuju Pulau Moreton berangkat dari Holt Street Wharf. Walaupun nggak ada transportasi umum untuk menuju dermaga ini dari pusat kota Brisbane, tarif Yellow Cab cukup terjangkau, yaitu mulai AUD 32 jika berangkat dari sekitar CBD Brisbane, selama sekitar 25 menit dan bisa mengangkut hingga 4 orang. Tangalooma Resort juga menyediakan layanan antar-jemput door-to-door berbayar yang harganya dapat ditanyakan pada pihak resort tersebut secara langsung melalui 0061 7 3637 2000. Lebih praktis jika kita minta semuanya sudah diatur dalam paket liburan di satu-satunya resort terbesar di pulau ini.

 

 

Perjalanan kapal feri memakan waktu 75 menit dengan tarif pulang-pergi AUD 46 (anak) dan AUD 84 (dewasa). MyTrip sarankan untuk mengambil keberangkatan paling pagi dan kepulangan paling malam agar bisa ikut acara memberi makan pelikan di pagi hari dan lumba-lumba di sore hari. Untuk jadwal silakan klik di https://www.tangalooma.com/location-transport/moreton-island-ferry-resort-schedule

 

Yang punya bujet lebih bisa pesan layanan transfer pribadi, seperti Helicopter Transfer (tangaloomaheli@chopperline.com) dan Private Boat Mooring (tws@tangatours.com). Untuk jadwal dan harga bisa menghubungi langsung perusahaan tersebut. 

 

TANGALOOMA ISLAND RESORTS

Sebagai satu-satunya resort di Pulau Moreton, Tangalooma Island Resorts memanjakan para turis dengan beberapa tipe akomodasi yang bisa dipilih berdasarkan bujet atau gaya liburan, serta beragam aktivitas yang seru dan mesti dicoba. Agar liburan lebih hemat, kita bisa meminta untuk dibuatkan paket, termasuk transportasi dari/ke sana. Tarif kamar termurah, Budget Room AUD 159 per malam.

 

Resort ini memiliki program spesial memberi makan pelikan dan lumba-lumba langsung di habitatnya, menjadi favorit pengunjung anak-anak dan dewasa yang diadakan setiap hari secara gratis. Takjub melihat kawanan lumba-lumba tak pernah absen datang ke pantai setiap sore, berbaris rapi, menanti diberi makan ikan langsung dari tangan-tangan pengunjung. Semua lumba-lumba ini diperlakukan dengan sangat baik, petugas resort memberi petunjuk dengan jelas kepada pengunjung, dan pengunjung pun nggak ada yang rebutan pastinya. Tertib! Para fotografer pun sigap mengabadikan momen ini. Fotonya bisa ditebus esok harinya.

 

Dolphin feeding

 

PAKET TUR DAN AKTIVITAS DI MORETON ISLAND

Untuk yang bepergian sendiri atau berdua dengan bujet terbatas, MyTrip merekomendasikan Sunset Safaris (www.sunsetsafaris.com.au) untuk paket wisata selama 1 atau 2 hari di Pulau Moreton dengan keberangkatan dari Brisbane atau Gold Coast. Mereka juga menawarkan paket tur ke Pulau Fraser dan Great Barrier Reef. Karena harganya yang terjangkau dan banyak dipesan, kita perlu buking jauh-jauh hari. Paket Cape Moreton Scenic Day Tour misalnya dibandrol mulai AUD 189.

 

Untuk kegiatan underwater (snorkeling, scuba diving dan kayak) bisa cek www.tangaloomadive.com.au. Sedangkan untuk aktivitas darat seperti Sand Toboggan dan Quad Bike Tour cek www.tangatours.com.au.

 

ATV Quad Bikes

 

MUST DO IN MORETON ISLAND:

  • Pelican and Cormorant Feeding

Gratis dan tidak perlu buking dulu untuk semua pengunjung Moreton Bay.

  • Dessert Safari Tour and Sand Toboggan

Tarifnya mulai AUD 49 (dewasa) dan AUD 32 (anak) dengan durasi sekitar 1,5 jam. Dengan bus kita akan diajak menembus hutan, lalu masuk ke area gurun. Di salah satu bukit pasir di gurun inilah kita melakukan sand toboggan. Pemandu akan mengajari dulu bagaimana cara meluncur dengan kencang dan aman dengan hanya menggunakan papan khusus. Selebihnya, tergantung kecakapan Anda deh ! Ada yang papannya cuma meluncur beberapa meter, ada yang sampai jauh dan kencang, ada yang terguling-guling. Yang jelas siap-siap makan pasir! Ya, selihai apa pun kita meluncur, tak bisa terhindarkan pasir menampar-nampar wajah, masuk ke mulut dan mata. Tapi disediakan kacamata renang kok untuk melindungi mata dari pasir. O ya, asal mau ngantre, kita bisa mencoba berkali-kali sampai pemandu menyatakan selesai dan semua harus kembali ke bus.

Sand toboggan

 

  • Snorkel The Wrecks

Tarifnya mulai AUD 59, sudah termasuk peralatan snorkeling.

  • Transparent Day Kayak Tour

Tarifnya mulai AUD 69, selama 1,5 jam.

  • Stand Up Paddle Boards

Tarifnya mulai AUD 35, selama 1 jam.

  • ATV Quad Bike Tour

Tarifnya mulai AUD 80 (per orang 1 quad bike) dan AUD 120 (per 2 orang 1 quad bike) selama 45 menit. Yang belum pernah coba mengendarai ATV jangan ragu, gampang kok, apalagi medan yang dilalui hanya area pasir pantai yang rata, nggak masuk-masuk semak atau jalan bergelombang.

  • Wild Dolphin Feeding

Gratis hanya untuk para tamu yang menginap di Tangalooma Island Resorts, setiap pukul 19.15. Walaupun bakal basah hingga kira-kira selutut, nggak perlu pakai baju renang kok. Dan jangan takut jemari kita yang memegang ikan untuk diberikan ke lumba-lumba bakal digigit. Justru sensasi jemari kita diclamot moncong si lumba-lumba itu yang asyik. Kepengen banget deh pasti mengelus-elus kepala si lumba-lumba, tapi nggak boleh ya! Nggak boleh dengan sengaja menyentuhnya.

 

Dan tentunya masih ada banyak pilihan kegiatan lainnya di Tangalooma Island Resorts.

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH, Paul Manias Foto: Mayawati NH, Paul Manias, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


190

Back to Top