GOLD COAST AUSTRALIA: NAIK HELIKOPTER HINGGA MEMELUK KOALA 2019-05-02 00:00

Garis pantai Gold Coast dilihat dari helikopter

 

Dengan pantainya yang amat panjang, matahari yang bersinar hampir sepanjang tahun, berbagai atraksi turistik dan taman rekreasi kelas dunia seperti Sea World dan Dreamworld yang menantang adrenalin, serta resorts dan kasino mewah, Gold Coast menjadi tujuan paling utama, tidak hanya di Queensland tetapi juga di seluruh Australia. Ombaknya pun membuat setiap peselancar dari seluruh dunia ingin mengunjunginya. Tak hanya pantai, Gold Coast juga memiliki pegunungan dengan alam Australia yang menantang untuk dijelajahi, seperti Mt. Tamborine, Lamington National Park dan Glow Worm.

 

Cara ke Gold Coast baca di sini.

 

SKYPOINT AT Q1 BUILDING

Tantang diri Anda dengan memanjat rooftop apartemen setinggi 270 m, yang menjadikan Q1 Building sebagai gedung tertinggi di Australia yang dapat dipanjat di luar ruangan. Lokasinya yang agak di tengah membuat kita bisa melihat hampir seluruh daratan Gold Coast dari atas. Keamanan menjadi concern utama, begitu pula fun aspect! Kita akan di-briefing terlebih dahulu, lalu dilengkapi dengan pakaian dan perlengkapan khusus, serta diberikan topi gratis yang bisa menjadi suvenir.

 

Berani menerima tantangan ini?

 

Namun jika memang merasa tidak mampu, dari Observation Deck kita sudah bisa melihat Kota Gold Coast secara 360° dari ketinggian 230 m sambil menikmati kopi atau hidangan di Seventy7 Café & Bar.  Info jenis paket dan harga silakan klik https://www.skypoint.com.au/

Jam buka: 07.00–20.00 (Minggu-Kamis), 07.00–21.00 (Jumat & Sabtu).

Catatan: Setiap Jumat & Sabtu setelah pukul 20.00 SkyPoint hanya diperbolehkan untuk pengunjung 18+ tahun. 

 

SEA WORLD

Sebagai taman rekreasi yang mengajarkan para pengunjung tentang kehidupan laut ditambah wahana anak-anak dengan tema Nickelodeon dan wahana untuk pengunjung dewasa yang menantang adrenalin, Sea World menjadi tempat yang mesti dikunjungi saat berlibur ke Queensland.

 

Atraksi lumba-lumba di Sea World

 

Mau lebih dekat dengan satwa laut, kita bisa ikut memberi makan penguin, berfoto bersama lumba-lumba, ikut snorkeling di Reef Lagoon atau shark encounter diving di Shark Lagoon yang memiliki koleksi berbagai hiu jinak dan buas. Untuk semua atraksi ini kita harus membayar biaya tambahan.

 

Atraksi lumba-lumba di Sea World

 

Cobalah naik helikopter untuk tur keliling kota di atas langit Gold Coast yang cerah. Satu lagi yang perlu dicoba adalah tur untuk melihat humpback whale apabila kita berlibur pada saat musim migrasi akhir Juli sampai awal November. Info detil jenis dan harga tiket masuk silakan cek di http://seaworld.com.au

Jam buka: 09.30–17.00 setiap hari

 

DREAMWORLD

Dreamworld merupakan one stop Australian amusement park karena di sini kita bisa belajar tentang budaya Suku Aborigin, melihat hewan asli Australia seperti dingo dan wombat, dikelilingi kanguru yang jinak, berfoto bersama koala dan bersenang-senang di wahana yang paling menantang di antaranya BuzzSaw, The Giant Drop dan Tower of Terror II. Untuk keluarga, juga ada Family and Kid Rides yang bertemakan tokoh Dreamworks seperti Kung Fu Panda dan Madagaskar. Info detil jenis dan harga tiket masuk silakan cek di www.dreamworld.com.au

Jam buka: 10.00–17.00 setiap hari

 

MUST DO

- Berfoto bersama ikon Dreamworld yang Australia banget yakni sepasang koala bernama Kenny dan Belinda.

Berpose bersama Belinda dan Kenny

 

- Foto bareng dan memeluk koala asli karena hanya di Queenstown dan satu negara bagian lainlah kita bisa melakukannya. Saat menggendongnya, jangan karena gemas lalu Anda menggoyang-goyangkannya seperti kalau kita sedang gemas sama dedek bayi ya... nanti ditegur petugas.

Foto bareng dan memeluk koala

 

- Naik wahana BuzzSaw, semacam roller coaster, tapi yang ini lebih seru lah, ada bagian ngebut mundurnya.

 

SOUTHERN CROSS 4WD TOURS

Kalau ingin mendapatkan pengalaman di hutan Australia, kita bisa ikut tur Southern Cross 4WD ke Mt. Tamborine, Lamington National Park dan Glow Worm 4WD.

 

Half-day tour ke Mt. Tamborine menggunakan mini bus 4WD. Tur diawali dengan perjalanan melalui hutan eukaliptus. Kalau beruntung, kita bisa menemukan koala langsung di habitatnya. Kemudian kita disajikan sarapan berupa fresh from the oven scones yang lembut banget.

 

Lalu kita berpetualang ke Taman Nasional Tamborine bersama pemandu yang menceritakan fakta-fakta unik tentang flora dan fauna yang ada di hutan hujan tropis tersebut. Di tengah tur kita beristirahat sejenak sambil memandang Air Terjun Curtis yang menghasilkan tenaga listrik dari arus yang dihasilkan.

 

Sebelum tur berakhir kita akan berhenti di Gallery Walk yang merupakan shopping esplanade di Mt. Tamborine di mana kita bisa makan, berbelanja produk lokal dan berkunjung ke galeri seni. Berburulah oleh-oleh lucu, unik dan nonmainstream di sini, seperti pembatas buku dan gantungan kunci dari kayu berbentuk koala atau kanguru. Untuk detil paketdan harga silakan lihat di http://sc4wd.com.au

 

Toko pernak-pernik di Gallery Walk

 

CURRUMBIN WILDLIFE SANCTUARY

Untuk pecinta satwa, terutama koala dan kanguru, Currumbin Wildlife Sanctuary menjadi tempat yang mesti dikunjungi saat berada di Gold Coast.

 

Jika tiba pukul 08.00 atau 14.00, kita bisa memberikan makan puluhan rainbow lorikeet, burung kakatua khas Australia yang juga bisa ditemukan di bagian timur Indonesia. Selain itu, puluhan kanguru menanti kedatangan kita sepanjang hari untuk difoto dan diberi makan. Hati-hati dengan burung emu yang berkeliaran di sekitar area, walaupun jinak mereka larinya cepat untuk mengejar kita apabila merasa terancam. Selain satwa tersebut, kita juga bisa melihat red kangaroo, echidna, macrotis, dingo, tazmania devil dan banyak hewan khas Australia lainnya. Untuk yang suka outdoor activities, seperti memanjat dan flying fox, terdapat fasilitas Tree Top Challenges. Taman marga satwa ini juga menyediakan kesempatan bagi pengunjung untuk berfoto dengan koala. Info lengkapnya baca di https://currumbinsanctuary.com.au/

Jam buka: 08.00-17.00 setiap hari

 

Baca juga: "Ingin Memeluk Koala? Berkunjunglah ke Queensland!"

 

PARADISE JET BOATING

Nikmati serunya ber-jet boating di Gold Coast Broadwater dan Moreton Bay Marine Park di mana kita bisa melihat wallaby atau lumba-lumba di habitatnya sambil berputar 360° di atas jet boat. Nggak salah jika Paradise Jet Boating menjadi Gold Coast’s No.1 Experience on the Water.

 

 

Safety rule, tentunya yang paling utama karena pengemudi akan memberikan instruksi dengan memutarkan tangannya di udara, yang berarti kita harus bersiap-siap untuk berpegangan dan menjadi basah. Tapi tidak perlu khawatir karena kita akan diberikan mantel anti-air sehingga baju kita tidak basah. Saran, pakai kacamata untuk melindungi mata karena kita akan kecipratan air laut yang asin dan perih di mata. Untuk info lengkap klik saja https://www.paradisejetboating.com.au/

Jam buka: 09.00–16.00 setiap hari

 

HUMPBACK WHALE CRUISE TOUR

Tur kapal cruise untuk menonton humpback whale (paus bungkuk) bisa ditemukan di beberapa lokasi termasuk di Gold Coast dan Fraser Island, tapi pusatnya dan paling populer adalah di Hervey Bay, berkendara beberapa jam dari Brisbane ke arah utara.

 

Whale watching di Hervey Bay

 

Jangan ragu sudah bayar mahal terus nggak ketemu pausnya. Pasti kok, karena musim migrasinya pasti antara akhir Juli-awal November, dan tur ini hanya diadakan saat musim migrasi. Kita bisa melihat si paus cukup dekat karena mereka senang mendekat ke kapal turis. Bahkan para paus ini hobi pamer lho! Mereka melompat menembus permukaan laut dan menjatuhkan diri lagi ke air dengan punggungnya, atau menamparkan ekornya ke permukaan air hingga menimbulkan percikan yang amat besar, tapi tetap tak membahayakan kapal. Kita benar-benar disuguhi tontonan akrobat yang spektakuler!

 

Baca juga: "Si Bongkok yang Menjadi Magnet Queensland"

 

Harga tur untuk dewasa mulai AUD 110. Durasinya ada yang 1/2 hari, 3/4 hari, atau seharian penuh. Jadwalnya ada yang pagi atau sore. Sebaiknya booking dulu 1-2 hari sebelumnya.

 

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH, Paul Manias Foto: Mayawati NH, Paradise Jet Boating, Paul Manias, SkyClimb Point, Tourism & Events Queensland
Comment