PANDUAN CERDAS EKSPLOR QUEENSLAND AUSTRALIA (Bagian 1) 2019-04-29 00:00

Gold Coast dari ketinggian

 

Queensland menawarkan ragam kegiatan liburan seru yang khas Australia. Ibu kotanya, Brisbane, tertata rapi dengan banyak fasilitas gratis. Di negara bagian Australia ini kita juga bisa merasakan kehidupan bawah laut di beberapa pulau turistik seperti Moreton Island, Whitsunday Islands, Fraser Island, serta tentunya Great Barrier Reef. Melihat eksotisme hutan hujan Australia dan berinteraksi langsung dengan berbagai satwa khas seperti koala dan kanguru, menantang adrenalin di taman hiburan kelas dunia seperti DreamWorld dan SeaWorld atau sekadar bersantai di pantai-pantai Gold Coast yang panjang juga merupakan pilihan yang sulit ditampik. Sebelum ke Queensland baca dulu panduan cerdasnya berikut ini.

 

Baca juga: "Ingin Memeluk Koala? Berkunjunglah ke Queensland!"

 

DATA GEOGRAFI & DEMOGRAFI NEGARA BAGIAN QUEENSLAND

Letak: Queensland merupakan salah satu negara bagian yang berada di timur laut benua/negara Australia

 

 

Luas : 1.852.642 km² (sekitar 4X Pulau Sumatera)

Ibu Kota : Brisbane

Kota Pariwisata Utama: Brisbane, Moreton Island, Gold Coast, Cairns dan Great Barrier Reef-nya, Fraser Island, Whistsunday Islands, Noosa Island, Lady Eliot Island, dan banyak lagi.

Jumlah Penduduk: +/-4,7 juta jiwa.

 

ZONA WAKTU: Termasuk Australian Eastern Standard Time Zone (AEST) atau GMT+10 (lebih cepat 3 jam dari WIB). Tidak memiliki Daylight Saving Time (DST).

 

BAHASA: Bahasa Inggris.

 

MATA UANG: AUD (Australian Dollar). AUD 1= +/-Rp 10.020. Di sekitar CBD Queensland di Brisbane atau Surfers Paradise di Gold Coast terdapat banyak money changer dengan 0% commission fee, namun cek dulu kursnya! Kalau mau simple, ambil uang dari ATM atau transaksi pakai kartu kredit.

 

 

KODE TELEPON AUSTRALIA: +61

 

VISA

Lengkapi formulir Tourist Form 1419 (Visitor Visa) dan formulir SC600 (Tourist Form Checklist). Lalu silakan datang langsung ke VFS Global di Kuningan City Jakarta dan di Benoa Square Bali tanpa perlu booking appointment. Informasi lebih lanjut bisa langsung cek di www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/English/index.html

 

STOP KONTAK: 3 kaki tipis membentuk segitiga. Maka SANGAT DISARANKAN membawa international adapter. Beberapa hotel juga menyediakan international adapter gratis, namun terbatas.

 

INTERNET: Di kota besar seperti Brisbane dan Gold Coast disediakan municipal public Wi-Fi yang bisa diandalkan, terutama di sekitar shopping mall. Hampir semua penginapan juga sudah memberikan fasilitas unlimited Wi-Fi gratis.

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK: Sepanjang musim gugur, dingin dan semi karena cuacanya yang cerah dan angin yang berembus bikin kita betah berlama-lama berada di luar. Sedangkan musim panas menjadi peak season untuk para surfers dan pelancong yang sedang liburan Natal dan Tahun Baru.

 

 

CARA PERGI KE QUEENSLAND

  • Dari Jakarta ke Gold Coast, low-cost airline seperti Scoot dan AirAsia menawarkan tarif PP mulai Rp 4-5 jutaan saja. 
  • Dari Jakarta ke Brisbane, kita bisa naik Garuda Indonesia, Singapore Airlines atau Qantas dengan harga PP mulai Rp 10 jutaan.

 

Baca juga: "Kenali Australia dengan Berlibur di Queensland! (Bagian 1)"

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE KOTA

Baik bandara di Brisbane maupun Gold Coast mudah diakses menggunakan kendaraan umum, shuttle bus atau taksi.

 

Airport Shuttle

Enaknya naik airport shuttle, kita tinggal duduk dan turun di dekat atau di depan pintu penginapan kita, nggak perlu pindah bus atau kereta walaupun harganya pasti sedikit lebih mahal dari transportasi umum.

 

Con-X-Ion Brisbane Airport

Layanan shuttle bus ini lebih privat dengan sistem door to door yang bisa kita pesan melalui www.con-x-ion.com.   

 

Gold Coast Airport Transfer

Layanan ini tidak mengantarkan kita langsung ke penginapan, melainkan berhenti di setiap kawasan di Gold Coast sesuai dengan zona yang sudah ditetapkan. Kita juga bisa upgrade Gold Coast Airport Transfer menjadi Freedom Pass yang sudah termasuk transfer ke berbagai tempat wisata di Gold Coast.

 

Kereta Cepat

Airtrain merupakan layanan direct train yang bisa kita pilih dari/ke Bandara Brisbane untuk ke pusat kota Brisbane atau GoldCoast. Kita bisa dapat diskon hingga 15% apabila memesan online di  www.airtrain.com.au.

 

Kendaraan Umum

Transportasi Umum di Queensland diatur oleh TransLink. Untuk yang memilih naik transportasi umum ke/dari bandara bisa menghemat walaupun harus berpindah jalur bus ke kereta. Bus dan kereta berangkat tiap beberapa menit sekali dan termasuk on-time.  Ada baiknya mengecek jadwal dan tarif di https://translink.com.au.

 

KELILING KOTA NAIK KENDARAAN UMUM DI QUEENSLAND

Agar lebih hemat hingga 30% daripada membeli single ticket saat naik transportasi umum, kita bisa menggunakan go card untuk semua layanan Translink dan G-link yang berupa kereta, bus dan tram, serta kapal feri komuter CityCat. Harga tiket tiap layanan Translink tergantung zona yang dilewati. Yang paling murah Zona 1.

 

G-link

 

Untuk yang berpergian selama 3 atau 5 hari di Brisbane bisa membeli seeQ card, yang sudah termasuk tiket AirTrain sebanyak 2 kali dengan rute yang bebas dipilih. Sedangkan di Gold Coast kita bisa menggunakan Gold Coast Go Explore Card yang dapat diisi ulang. Ketiganya dapat dibeli dan diisi saldonya di toko 7-eleven berlogo “buy go card”, stasiun kereta, terminal bus, di atas CityCat di Queensland atau secara online di https://shop.translink.com.au/epages/shop.sf/en_AU.

 

Penting!!!

Jangan lupa untuk selalu tap go card, seeQ card atau go pass Gold Coast pada saat naik atau turun, agar kita tidak membayar lebih mahal dari zona yang kita lalui. Misalnya kita tap kartu di Brisbane saat naik dan lupa men-tap-nya setelah turun. Lalu saat go card kita gunakan lagi di Gold Coast dan kita tap saat naik, kita akan dikenakan biaya dari Brisbane ke Gold Coast. Rugi bandaarrr... Makanya jangan lupa!

 

Jangan coba-coba tanpa punya tiket atau pass card terus naik transportasi umum ya! Begitu ketahuan oleh pengawas tiket, kita akan didenda. Mahal, dan malu-maluin juga.

 

Taksi

- Di Brisbane terdapat 2 perusahaan taksi yang bisa kita temukan di bandara, yaitu Black & White Cabs dan Yellow Cab Co.

- Di Gold Coast hanya ada 1 perusahaan taksi di seluruh kota, yaitu Gold Coast Taxi yang menawarkan airport one way flat fee ke Surfers Paradise Beach, Broadbeach dan Main Beach.

 

TRANSPORTASI KELILING QUEENSLAND

Queensland memang luas, namun banyak cara untuk berkeliling dalam waktu singkat melalui jalur darat, udara atau laut. Selain itu, ada beberapa pilihan perusahaan transportasi yang bisa disesuaikan dengan bujet dan travel style kita.

 

Jalur Udara

Jetstar dan Virgin Australia merupakan maskapai lokal yang bisa kita pilih untuk berpergian agak jauh dalam waktu singkat. 

 

Jalur Laut

Berpergian ke pulau-pulau di Queensland dapat dilakukan dengan harga terjangkau dan durasi cepat yang ditawarkan beberapa perusahaan kapal feri swasta maupun milik negara. Translink juga menawarkan kapal feri yang berangkat dari dermaga-dermaga di Brisbane, misalnya ke Southern Moreton Bay Island. Berikut website beberapa kapal feri utama untuk menuju beberapa pulau wisata di Queensland: www.tangalooma.com, www.fraserislandferry.com.au, www.marinetourism.com.

 

Tangalooma Launch Transfer

 

Jalur Darat

Jarak antara beberapa kota turistik di Queensland, misalnya Brisbane-Gold Coast tidak terlalu jauh, hanya 1 jam berkendara dengan mobil atau bus apabila lancar. Atau kita juga bisa menikmati alam Queensland dan bermalam di kereta atau bus apabila berpergian dengan rute yang lebih jauh, seperti Brisbane-Cairns.

 

Sewa mobil

Kalau berpergian bersama keluarga, menyewa mobil akan lebih nyaman. East Coast Car Rentals menyewakan mobil sedan mulai AUD 42 per hari sedangkan jika kita menyewa selama seminggu harganya jauh lebih murah, mulai AUD 27 sudah termasuk asuransi kecelakaan dan kehilangan standar.

 

Kereta Antarkota

Perusahaan kereta milik negara, Queensland Rail, menjadi satu-satunya layanan kereta api antarkota yang bisa digunakan yang juga menawarkan travel package (bisa dicek di www.queenslandrailtravel.com.au) untuk berkeliling ke beberapa wilayah di Queensland, kecuali rute Brisbane–Gold Coast. Harganya sedikit lebih mahal dan lebih lambat daripada naik pesawat. Cocok untuk kita yang ingin berpergian santai dengan fasilitas yang lebih nyaman.

 

Bus Antarkota

Ada beberapa perusahaan intercity bus/coach di Australia, tapi MyTrip menyarankan untuk mengecek Greyhound Australia karena simple dan memiliki rute yang luas, termasuk seluruh daerah Queensland. Perusahaan ini juga menyediakan beberapa macam travel pass yang bisa dipilih sesuai kebutuhan atau tour package yang bisa dicek di www.greyhound.com.au/tours-and-packages.

 

 

Teks: Agusmia Putri Haerani, Mayawati NH, Paul Manias Foto: Mayawati NH, Paul Manias, Dok. MyTrip
Comment