PANDUAN CERDAS EKSPLOR CAPE TOWN AFRIKA SELATAN

PANDUAN CERDAS EKSPLOR CAPE TOWN AFRIKA SELATAN

Tuesday, 19-03-2019 | 23:14

Aerial view Cape Town dan Table Mountain-nya

 

Selain kota bersejarah, Cape Town, ibu kota Afrika Selatan, adalah kota terindah di benua hitam. Sepanjang perjalanan memasuki kota ini, terlihat dua perpaduan pemandangan yang kontras yaitu gunung-gunung pada satu sisi, dan laut pada sisi lainnya. Keteraturan kota ini dan banyaknya atraksi serta tempat-tempat wisata menarik jutaan wisatawan datang setiap tahunnya.

 

LETAK & SEJARAH SINGKAT CAPE TOWN

Cape Town merupakan ibu kota legislatif Afrika Selatan dan ibu kota Provinsi Tanjung Harapan. Merupakan kota pelabuhan yang terletak di bawah kaki Gunung Meja (Table Mountain). Disebut Table Mountain karena puncaknya terlihat datar seperti meja.

 

Cape Town terletak di ujung selatan Benua Afrika dan di utara Cape Peninsula. Cape Town dikelilingi Pegunungan Hottentots Holland dan 2 samudera, yaitu Samudera Atlantik dan Samudera Hindia, membuatnya memiliki lansekap sempurna dengan gunung dan lautan.

 

Cape Town didirikan orang Belanda dengan nama Kaapstad tahun 1652 dan direbut Britania Raya tahun 1806. Inggris menjadikan Cape Town sebagai pelabuhan singgah untuk tentara Inggris yang pulang dari India.

 

VISA

Visa Afrika Selatan bisa langsung diajukan dengan mengisi formulir B1-84 yang dapat diunduh di website Kedutaan Afrika Selatan. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirimkan melalui kurir atau datang langsung ke kedutaan.

 

Permohonan visa secara manual dapat melalui Kedutaan Afrika Selatan di:

Suite 705, 7th Floor, Wisma GKBI, Jl. Jend. Sudirman No. 28, Jakarta 10210

Telp: 021- 2991-2500

Website: http://www.dirco.gov.za/jakarta/

 

BAHASA

Bahasa Afrikaans atau dikenal juga sebagai “African Dutch” (Belanda Afrika). Tetapi mayoritas penduduk Afrika juga bisa berbahasa Inggris.

 

ZONA WAKTU

GMT +2 (5 jam lebih lambat dari WIB)

 

MATA UANG

Rand Afrika Selatan (ZAR).  ZAR 1= +/- Rp985

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Cape Town, suasana di waterfront

 

Afrika Selatan adalah negara yang memiliki 4 musim, dengan iklim mediterania di Cape Town. Musim gugur (April sampai mid Mei) adalah waktu yang baik berkunjung ke Cape Town. Jangan lupa membawa light sweater untuk berjaga-jaga menghadapi angin di atas puncak Table Mountain. Untuk menikmati indahnya pemandangan dari Table Mountain disarankan datang bulan September.

 

Musim semi (Agustus-Desember) paling sering turun hujan. Musim dingin di Afrika Selatan layaknya di belahan bumi selatan lainnya seperti Australia, jatuh di bulan Mei-Agustus (suhu bisa mencapai -2oC).

 

Awal tahun adalah awal musim panas dan cuacanya tidak beda jauh dengan Indonesia. Pada musim panas suhu di pagi dan malam hari tidak jauh berbeda, berkisar di 25-32oC.

 

CARA KE CAPE TOWN DARI JAKARTA

Emirates: Jakarta - Dubai - Cape Town

Qatar Airways: Jakarta - Doha - Cape Town

Turkish Airlines: Jakarta -Istanbul - Cape Town

Lama penerbangan Jakarta - Cape Town termasuk transit +/-23 jam.

 

Baca juga: "Bohong Deh Kalau Anda Nggak Jatuh Cinta di Sini (Bagian 1)"

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE PUSAT KOTA

Bandara Internasional Cape Town terletak +/-20 km dari pusat kota Cape Town.

 

Taksi: Taksi meter ke pusat kota akan dikenakan biaya ZAR 400-500. Beberapa memiliki tarif flat, sementara yang lain mengenakan kilometer. Tapi lebih baik deal harga di muka dulu sesuai jarak yang akan ditempuh.

 

MyCiti Shuttle Bus: Harus beli kartu dulu, tidak terima pembayaran tunai. Kartunya, Myconnect Card, bisa dibeli di stasiun MyCiti di bandara, sistemnya seperti top up dan kartu dilengkapi pin. Untuk informasi lengkap lihat di MyCiTi.org.za.

 

MyCiti juga beroperasi di rute dalam kota. Kalau belum beli kartunya di bandara, bisa beli di Cape Town Tourism’s Visitor Centres. Harga tiket tergantung jarak.

 

Sewa mobil:

Avis: http://www.avis.co.za

Thrifty: https://www.thrifty.co.za

Europcar: http://www.europcar.co.za

Harga sewa tergantung jangka waktu pemakaian dan mobil yang dipilih. Sekalian sewa dengan GPS sebagai penunjuk jalan.

 

TRANSPORTASI DALAM KOTA

Golden Arrow Bus: Disubsidi pemerintah sehingga cukup bagus pelayanannya, hanya kadang sering molor waktunya. Terminal utama di Grand Parade.

 

Minibus taksi: Dapat ditemukan di jalan-jalan utama di Cape Town, dengan jumlah penumpang 14-16 orang dan harus menunggu sampai penuh dulu baru jalan.

 

Bus hop on hop off: Bus berangkat dari terminal di  Two Oceans Aquarium setiap 15 menit, 7 hari seminggu dan mulai pkl.09.00.

  • Red City Tour: V&A Waterfront-Clock Tower- Cape Town Intl Convention Center - Long Street- Jewel of Africa - Table Mountain Cableway - Camps Bay - President’s Hotel - Sea Point - Winchister Mansion - Green Point - V&A Waterfront.

Red City Tour

 

  • Blue Mini Peninsula Tour: V&A Waterfront - Foreshore - Long Street - Mt. Nelson - Kirstenbosch Garden - Constantia Neck - World of Birds - Imizamo Yethu Township- Mariner’s Wharf- Camps Bay - President’s Hotel - Sea Point- Winchister Mansion - Green Point - V&A Waterfront

Info lengkap: www.citysightseeing.co.za

 

Metrorail: Jangkauan bisa sampai Stellenbosch, harga tergantung jarak dan pilihan tempat duduk, ada MetroPlus atau Metro biasa.

 

Taksi meter: Yang penting survey dulu jarak lokasi yang dituju secara kilometer melalui Google map untuk perkiraan biaya.

 

Aplikasi untuk Metrorail, MyCiti dan Golden Arrow Bus: www.gometroapp.com

 

OBJEK-OBJEK & AKTIVITAS WISATANYA

Pesisir pantai di Cape Town

 

Cape of Good Hope, Cape Point, Table Mountain, Bo-Kaap, Private Game Reserve (Safari), V&A Waterfront, Nobel Square, Pantai Boulders, Stellenbosch, Robben Island.

 

PENGINAPAN

Hotel bintang 3 yang direkomendasikan:

- Protea Hotel di Techno Avenue, Techno Park, Stellenbosch 

- Upperbloem Hotel di 8 Bloem St, Schotsche Kloof, Cape Town

- Parliament Hotel di 9 Barrack Street, Cape Town Central

 

KULINER

Afrika Selatan memiliki budaya multi rasial yang kaya, terutama di Cape Town yang terkenal sebagai melting pot di Afrika Selatan. Hal ini berpengaruh juga pada kulinernya. Yang paling terkenal seafood. Makanan yang kudu dicoba adalah ikan Kingclip. Nama Kingclip berasal dari bahasa Belanda, koningklipvisch yang artinya “raja dari ikan karang”. Selain itu juga tersedia kuliner lainnya seperti masakan Melayu, Afrikans, dan Indian.

 

Restoran yang direkomen:

- Jason’s Bakery di Bree Street, Cape Town (enak banget kopi dan croissantnya)

- Nobu di One & Only Cape Town (sushinya enak)

- Afternoon Tea di Mount Nelson Hotel, Orange Street, Cape Town

- Beluga di Prestwich Street, Greenpoint

 

DURASI KUNJUNGAN IDEAL

7 hari, dengan itinerary sbb:

Hari 1: Jakarta-Cape Town

Hari 2: Cape Town- Cape of Good Hope - Cape Point

Hari 3: Simon’s Town – Boulders - Table Mountain

Hari 4: Bo-Kapp - V&A Waterfront - Robben Island

Hari 5: Stellenbosch - Wine Tasting Tour

Hari 6: The Big Five Game (Safari) – Cape Town

Hari 7: Cape Town-Jakarta

 

TIPS KHUSUS:

Meskipun kotanya relatif aman, sebaiknya tidak bepergian sendirian di di atas jam 9 malam, terutama di tempat-tempat sepi. Bisa saja kita didatangi anak muda yang meminta uang.

 

Artikel lengkap tentang Cape Town pernah dimuat di majalah MyTrip vol 28/2016. Untuk pembelian edisi tersebut bisa hubungi mytrip_idm@yahoo.com atau WhatsApp 0811821006.

 

Teks: Lisa Koestaryo Foto: Mario Susilo, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


823

Back to Top