ACUNGAN JEMPOL BUAT ANTWERP DENGAN CENTRAL STATIONNYA YANG WAH!

ACUNGAN JEMPOL BUAT ANTWERP DENGAN CENTRAL STATIONNYA YANG WAH!

Wednesday, 20-02-2019 | 16:54

Antwerp Central Station

 

Kesan pertama yang MyTrip dapatkan ketika berada di Antwerp, salah satu kota pariwisata utama di Belgia, adalah modern, canggih, berseni dan fashionable. Apabila datang dengan kereta, kita akan dibuat terpana dengan Antwerp Central Station yang digadang-gadang sebagai cathedral of trains bergaya Barok mewah dengan empat tingkat!

 

Antwerp adalah kota pelabuhan terbesar kedua di Eropa. Port side di sebelah Sungai Scheldt yang luasnya 65–450 m dapat dilewati kapal container hingga kapal pesiar. Kita juga bisa berjalan melalui Sint Annatunnel (lorong) di dalam Sungai Scheldt sepanjang 525 m. Eskalatornya yang membawa kita ke kedalaman 32 m masih dipertahankan seperti aslinya, terbuat dari kayu dan bisa dilewati tidak hanya pejalan kaki, tetapi juga sepeda. Ya, Antwerp mengingatkan kita pada Amsterdam karena arsitekturnya serta penduduk lokal yang juga menggilai sepeda.

 

Kota ini pantas mendapatkan acungan jempol atas beberapa museumnya yang atraktif dan interaktif dengan konsep “5 senses” yang membuat kita bisa melihat, mendengar, meraba, mencium dan mencicip. Nah kalau masuk ke museum-museum di Antwerp, kita akan menemukan banyak lukisan karya Peter Paul Rubens. Ya, karena ia adalah pelukis Barok Flemish yang sangat dihargai di sini.

 

ASAL USUL NAMA ANTWERP

Brabo Fountain

 

Nama Antwerpen (Antwerp dalam Bahasa Belanda) berasal dari kisah Silvius Brabo yang sekarang menjadi nama air mancur di Antwerp Grand Place. Alkisah, Brabo, prajurit Roman, berhasil membunuh raksasa bernama Druon Antigoon yang sering meminta upeti dari penduduk yang ingin melewati jembatan di Sungai Scheldt. Jika tidak membayar, raksasa itu akan memotong tangan penduduk tersebut. Setelah membunuh raksasa itu, Brabo juga memotong dan melempar tangannya yang dalam Bahasa Belanda “hand werpen”. Maka Antwerpen hingga kini diartikan sebagai “melempar tangan”. Banyak suvenir, cokelat serta biskuit berbentuk tangan yang dijual sebagai oleh-oleh khas Antwerpen. Philip’s Biscuit menjadi toko biskuit favorit warga lokal dan turis. 

 

Cokelat berbentuk tangan, suvenir khas Antwerp

 

Cara ke Antwerp baca di sini.

 

CARA BERKELILING ANTWERP

Lebih mudah dengan berjalan kaki karena letak city center atau Antwerp Central Station hingga bagian pelabuhan hanya berjarak 20 menit berjalan kaki. Berbagai jenis walking tour, seperti historical, Ruben’s, diamond hingga culinary walking tour bisa kita temukan dan pesan melalui www.visitantwerpen.be/walking-en. Disarankan berhati-hati saat berjalan-jalan di pusat kota karena banyak sepeda dan tram yang berlalu lalang.

 

Interior Antwerp Central Station

 

Tapi kalau lelah, nggak ada salahnya naik kendaraan umum. Uniknya, metro di Antwerp menjadi satu dengan tram (line-nya sama), yang disebut Antwerp pre-metro.

 

Bersepeda di Antwerp memang menyenangkan dan banyak bike guided tour selama 2 jam, seperti Antwerp Bike Tours (www.antwerpbiketours.eu). Atau kita bisa menyewa Velo Antwerpen city bike selama sehari yang bisa dipesan melalui www.velo-antwerpen.be. Atau menyewa sepeda di kios Fietshaven (www.fietshaven.com) di depan Antwerp Central Station. Untuk yang ingin mencoba segway bisa ikut tur segway.

 

Untuk menikmati kawasan pelabuhan dan menjelajahi Sungai Scheldt, kita bisa ikut cruise tour selama 50 menit, seperti tur yang disediakan Flandria (www.flandria.nu).

 

Tips: Dapatkan diskon hingga 25% untuk walking, bike dan segway tour serta Port Cruise yang disebutkan di atas dengan membeli Antwerp City Card. 

 

ANTWERP CITY CARD

Dengan menggunakan city card kita akan lebih mudah dan murah untuk mengunjungi berbagai museum dan tourist attractions di Antwerp, tanpa antre. Kartu ini juga mencakup tiket kendaraan umum dalam kota. Selain itu kita akan mendapatkan buku diskon yang berlaku selama setahun untuk berbagai restoran, cruise tour, guided tour serta toko suvenir dan cokelat. Info lebih lengkap klik www.visitantwerpen.be

 

MENIKMATI ANTWERP DI MALAM HARI

Sebagian besar orang Antwerp memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik dan mereka memiliki sisi humor yang sangat besar. Maka dari itu, teater kota, seperti Stadsschouwburg dan Arenbergschouwburg sering mengundang international stand up comedian, seperti Bill Bailey dan Trevor Noah. Kualitas komedinya membuat semua penonton terpingkal-pingkal. Uniknya, di Antwerp pertunjukan di teater biasanya dimulai pukul 20:15.

 

Untuk yang suka berpesta dan mendengar live DJ’s performance bisa ke diskotek di pinggiran Sungai Scheldt seperti Petrol yang berlokasi di bekas pabrik tua atau Café d’Anvers yang dekat dengan Red Light District.

 

ANTWERP MUSIC FESTIVALS

Antwerp ini jagonya music festival. Pernah dengar Tomorrowland? Salah satu pionir festival musik elektronik tahunan terbesar di dunia ini digelar di Boom, salah satu kota di Provinsi Antwerp. Untuk yang nggak mau ketinggalan, siap-siap selalu cek www.tomorrowland.com.

 

Tomorrowland

 

Ada juga Summerfestival, semacam Coachella di US yang menjadi acara tahunan seluruh pecinta musik elektronik sambil mengikuti summercamp. Acaranya juga digelar setiap musim panas, sekitar awal Juli yang menjadikannya pre-party Tomorrowland.

 

Ending dari festival music elektronik di Antwerp selama musim panas diakhiri oleh Laundry Day yang banyak menghadirkan new comers DJ’s yang dianggap akan naik daun di kemudian hari.

 

PENGINAPAN DI ANTWERP

Di kawasan Meir ada banyak hostel, seperti Antwerp Student Hostel atau Antwerp Central Youth Hostel yang menawarkan tarif mulai EUR 27/ranjang/malam, sudah termasuk sarapan. Kita juga bisa mencari hostel di Antwerp melalui www.jeugdherbergen.be yang menawarkan pilihan hostel cabang Hosteling International, yaitu Pulcinella dengan tarif mulai EUR 25/ranjang/malam, sudah termasuk sarapan.

 

Kalau punya bujet lebih disarankan menginap di Radisson Blu Astrid Hotel Antwerp yang letaknya tepat di depan Antwerp Central Station yang bagus sekali jika dilihat dari kamar hotel. Untuk menginap di hotel ini kita harus merogoh kocek mulai EUR 144 per kamar belum termasuk sarapan.

 

Radisson Blu Astrid Hotel Antwerp

 

TEMPAT MAKAN DI ANTWERP

Untuk urusan perut, tidak jauh dari Steen Castle, tepatnya di Suikerrui Street, kita bisa menemukan banyak restoran dan kafe yang menawarkan harga hidangan utama khas Flemish mulai EUR 17. Terus ke arah Oude Koornmarkt, masih banyak pilihan, termasuk Kartini Indonesian Restaurant. Kalau mau suasana yang berbeda, di sini juga ada Vlaeykensgang, yaitu jalan tersempit dan buntu dengan suasana tenang, yang digunakan sebagai lokasi sebuah kafe. Di sekitar Groenplaats Square yang memiliki landmark berupa patung Ruben juga terdapat banyak pilihan kafe dan restoran masakan internasional.   

 

Vlaeykensgang

 

Restoran favorit MyTrip adalah RAS yang terletak di pinggir Sungai Scheldt sehingga kita bisa bersantap sambil memandang kapal yang lalu-lalang. Menu favoritnya Fresh linguine pasta with pan fried lobster yang dibandrol dengan harga EUR 28. Selain itu, MyTrip juga merekomendasikan Moelleux au chocolat (chocolate lava cake) yang lembut dan meleleh di mulut di Applemans Brasserie yang berada di sebelah Cathedral of Our Lady.

 

INFO BELANJA

Stadsfeestzaal dengan kubah berlapis emas

 

Untuk yang gila belanja, Antwerp surga bagi para pecinta pakaian, sepatu, hingga diamond. Di sepanjang Meir Street banyak shopping mall serta retail pakaian terkenal dunia. Salah satu mal paling mewah adalah Stadsfeestzaal dengan kubahnya yang berlapis emas. Kalau mau beli berlian, pastikan mendapat sertifikat dari Antwerp World Diamond Centre and the City of Antwerp untuk memastikan kualitas terbaik.

 

 

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Haerani, Shutterstock, Visit Brussels, Visit Flanders

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


374

Back to Top