PANDUAN CERDAS EKSPLOR FLANDERS (BELGIA UTARA)

PANDUAN CERDAS EKSPLOR FLANDERS (BELGIA UTARA)

Monday, 18-02-2019 | 21:08

Kanal cantik di Ghent

 

Flanders, yang dikenal juga sebagai Flemish, merupakan salah satu dari 3 wilayah di Belgia. Beberapa kota di bagian utara Belgia ini bisa membuat para wisatawan terpukau dengan inovasinya dalam memadukan seni dan teknologi secara apik. Terlihat dari berbagai museum modernnya yang berkonsep “5 senses”. Arsitektur bangunan bersejarah ditambah belfry (menara pengawas kota) dan beguinage (tempat tinggal para wanita taat agama yang ditinggal suaminya berperang) khas wilayah Flemish membuat kita berasa kembali ke keramaian sekaligus keheningan zaman lampau. Dan asyiknya, menjelajah setiap kotanya sangat mudah dan murah dengan city card! Selain itu, orang Belgia terkenal sebagai gourmand. Banyak jajanan yang bisa kita nikmati dan tentunya juga bir.

 

DATA GEOGRAFI

Letak: Di bagian utara Belgia.

Luas Flanders: 13.522 km2 (sedikit lebih besar dari Jawa Tengah).

Ibu Kota Flanders: Brussels (Brussels sendiri merupakan salah satu negara bagian dari negara Belgia dan menjadi ibu kota Belgia).

Provinsi: Flanders Barat, Flanders Timur, Flanders Brabant, Limburg dan Antwerp.

Kota Pariwisata Utama: Brussels, Antwerp, Ghent, Bruges, Leuven dan Mechelen.

 

ZONA WAKTU

GMT+2 (lebih lambat 5 jam dari WIB) selama musim semi hingga musim gugur dan GMT+1 selama musim dingin (daylight saving).

 

BAHASA

Bahasa resmi di Flanders adalah Bahasa Belanda. Tapi hampir semua penduduknya mampu berbahasa Inggris dengan fasih dengan sedikit bahasa Prancis, Jerman dan Spanyol.

 

MATA UANG:

Euro (EUR). EUR 1= +/-Rp 15.900

 

KODE TELEPON BELGIA: +32

 

VISA

  • Pendaftaran Visa Schengen dengan tujuan utama ke Belgia diproses di VFS Global di Jakarta, Bali dan Surabaya.
  • Keterangan lengkap silakan buka www.vfsglobal.com/netherlands/indonesia.

 

STOP KONTAK

Sama seperti di Indonesia.

 

INTERNET

Hampir semua jenis penginapan menyediakan Wi-Fi. Ada beberapa yang dibatasi kuota atau waktunya, ada juga yang tanpa batas. Namun banyak restoran atau kafe, bahkan yang mahal sekalipun tidak memberikan fasilitas Wi-Fi.

 

AIR MINUM

Sebagian besar warga lokal masih memilih air keran yang bisa diminum dibandingkan membeli air botolan. Di beberapa taman kita bisa menemukan air keran dengan tulisan “potable” atau “non-potable”. Jadi jangan asal minum ya!

 

Baca juga: "Itinerary Keliling Eropa 15 Hari (Bagian 1)"

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Sepanjang tahun. Karena suhu musim dingin di Belgia tidak terlalu rendah, sehingga objek wisata buka hampir sepanjang tahun dan suasananya selalu pas untuk jalan-jalan keliling kota serta naik perahu mengelilingi kanal. Untuk yang suka taman dan bunga, disarankan datang pada akhir musim semi dan selama musim panas. Sedangkan yang suka suasana romantis dan sedikit dingin, silakan datang pada musim gugur dan musim dingin.

 

CARA PERGI KE BRUSSELS

  • Dari Jakarta: naik Emirates, Turkish Airlines atau Qatar Airways. Lama penerbangan minimum 18 jam, termasuk sekali transit.
  • Dari Singapura: naik Emirates, Turkish Airlines atau Qatar Airways. Lama penerbangan minimum 16 jam, termasuk sekali transit.
  • Dari Belanda (Amsterdam), Prancis (Paris), Jerman (Frankfurt), dan Inggris (London), Luxembourg (Luxembourg City): paling mudah dan murah menggunakan bus, seperti Eurolines, ICBus dan Megabus. Bisa juga menggunakan kereta api seperti Thalys, Eurail atau TGV.
  • Dari beberapa kota di Italia, Spanyol, Czech Republic dan negara Eropa lainnya, bisa naik low cost airlines seperti Ryan Air, Iberia, Vueling, Easy Jet atau Brussels Airline. Hanya saja mendaratnya di Brussels South Charleroi Airport.

 

Bandara Internasional Brussels di Zaventem

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE KOTA

Bandara utama untuk pergi ke wilayah Flanders adalah Bandara Internasional Brussels di Zaventem yang letaknya hanya +/-20 menit dari pusat kota menggunakan bus atau mobil.

 

Selain itu ada juga Brussels South Charleroi Airport yang banyak digunakan penerbangan berbiaya rendah. Letaknya di pinggiran Kota Brussels, +/-1 jam naik bus atau mobil ke pusat kota. Dari kedua bandara itu banyak transportasi yang bisa dipilih berdasarkan bujet dan tingkat kenyamanan untuk ke pusat kota Brussels.

 

Bus

Dari Brussels Zaventem Airport kita bisa menggunakan Bus De Lijn yang berangkat di sebelah area parkiran mobil. Tinggal ikuti tanda bus dari aula kedatangan. Ada dua bus utama, Bus No.12 dan No.21 yang bisa membawa kita sampai Schuman dan Luxembourg Railway Station. Tiket sekali jalan bisa dibeli di mesin tiket di sebelah halte atau beli dari sopir. Disarankan beli 1 day card JUMP dari mesin tiket yang bisa digunakan untuk bus ke bandara dan seluruh trasportasi kota MVIB/STIB.

 

Sedangkan dari Brussels South Charleroi Airport menuju Brussels-South Station (Zone Brussels), kita bisa naik Flibco Bus dan memesan tiket melalui www.brussels-city-shuttle.com. Ambil saja shuttle bus ini ketimbang naik kereta jika tiba di Brussels South Charleroi Airport karena lebih simple dan murah.

 

Kalau mau ke Antwerp, ada bus yang langsung berangkat dari Brussels Airport menuju Koningin Astridplein yang dekat dengan Antwerp Central Station. Terkadang bus ini juga berhenti dekat Antwerp Crown Plaza. Untuk keterangan lebih lanjut bisa cek www.airportexpress.be.

 

Fast Train

Kalau tinggal di dekat Grand Place, Brussels Central Station dan Brussels-South Station, kita bisa naik kereta langsung dari Bandara Brussels di Zaventem. Jalan kaki aja dari bandara ke stasiun kereta dengan mengikuti tanda kereta dari aula kedatangan. Tiketnya bisa dibeli di mesin tiket di dekat peron atau melalui loket. Kita juga bisa naik kereta langsung ke Antwerp, Ghent, Bruges dan kota lainnya di Belgia, bahkan ke Belanda dari stasiun di bandara ini. Kita bisa mengecek jadwal atau membeli tiket melalui www.belgianrail.be/en.

 

 

Sedangkan dari Brussels South Charleroi Airport, kita bisa naik shuttle bus TEC menuju Charleroi Sud Station untuk naik kereta. Jarak bandara ke stasiun kereta +/-20 menit.

 

Taksi

Dari Brussels Zaventem Airport ke pusat kota Brussels bisa naik taksi untuk maksimal 3 orang. Pilih taksi dengan tanda kuning atau biru (taksi berlisensi). MyTrip merekomendasikan Taxis Autolux (www.taxisautolux.be) atau Taxi Verts (www.taxiverts.be).

 

TRANSPORTASI KELILING FLANDERS

Berkeliling Flanders murah meriah dan simpel karena kita hanya menggunakan jalur darat --kereta api atau mobil. Dikarenakan fasilitas kereta api yang cepat, nyaman dan terjangkau, maka hanya ada satu perusahaan bus yang melayani rute antar Brussels Zaventem Airport ke Antwerp saja.

 

Kereta

NMBS merupakan perusahaan kereta nasional di Belgia. Kita bisa membeli tiket online melalui www.belgianrail.be maupun beli langsung di mesin penjualan tiket di stasiun dengan harga sama. Direct trains biasanya berangkat dari Brussels Central Station, Brussels-South Station dan Brussels-North Station.

 

Brussels Central Station

 

Terdapat kelas 1 dan kelas 2 yang perbedaannya tak signifikan. Keduanya sama-sama nyaman, sehingga MyTrip menyarankan beli kelas 2 saja.

 

Sewa mobil

Untuk perjalanan keliling Flanders bersama keluarga juga nyaman dengan menyewa mobil dari bandara. Harga yang ditawarkan sudah termasuk third party insurance dan theft protection. Rental mobil yang menawarkan harga terjangkau dan terjamin seperti Keddy, Europcar dan Sixt. Satu mobil bisa memuat hingga 5 orang dan disarankan untuk menyewa mobil sedan yang bagasinya lebih besar daripada hatchback.

 

MAKANAN DAN MINUMAN

Orang Belgia suka sekali makan dan mereka sangat kreatif dalam menyajikan makanan! Belgia sudah pasti dikenal dengan cokelat, waffle, frites (kentang goreng), moules (kerang hijau) dan bir.

 

Waffle disajikan dengan berbagai topping manis

 

Waffle sendiri bisa disajikan dengan berbagai topping manis yang bisa dipilih. Ada dua jenis adonan waffle, yaitu adonan cair dan kalis. Rasanya sama-sama enak tetapi adonan cair memiliki tekstur yang garing sedangkan adonan kalis memiliki tekstur yang kenyal.

 

Sedangkan frites adalah camilan yang mengenyangkan dan bisa bikin irit biaya makan siang dan waktu untuk berkeliling. Kalau yang suka pedas, silakan bawa saus sambal sendiri karena kita hanya bisa memilih saus tomat, mayonnaise dan mustard sebagai cocolannya. Disajikannya pun lucu, dalam kerucut yang mengingatkan kita pada penjaja kacang rebus.

 

Kerang hijau di Belgia jauh lebih mahal daripada kerang hijau yang dijajakan di Muara Karang Jakarta. Tetapi mesti dicoba karena rasanya yang natural dan dijamin bebas dari pencemaran laut! Dan lagi-lagi disajikan dengan kentang goreng!

 

Fine dining di Flanders juga patut diacungi jempol! Banyak restoran yang menyajikan masakan khas dan fusion dengan presentasi yang berkelas.

 

KEAMANAN

Sebenarnya di Brussels dan Flanders keamanan cukup terjamin. Hanya saja kita selalu diminta berjaga dari copet, terutama di tempat-tempat turistik dan di tengah kota.

 

Teks: Agusmia Putri Haerani Foto: Agusmia Putri Haerani, Shutterstock, Dok. MyTrip

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


424

Back to Top