KALAU KE UTRECHT JANGAN LUPA BERWISATA KANAL YA...

KALAU KE UTRECHT JANGAN LUPA BERWISATA KANAL YA...

Tuesday, 01-01-2019 | 08:33

Wisata kanal di malam hari

 

Kota Utrecht bisa dibilang salah satu kota tertua dan  kota terbesar ke-4 di Belanda. Selain dikenal sebagai kota pengetahuan dengan simbol universitas ternamanya Utrecht University, kota ini juga memiliki beberapa destinasi wisata menarik seperti Dom Tower, Museum  Miffy dan tentu saja wisata kanal. Pusat kotanya berada di distrik belakang Utrecht Centraal yang juga menyatu dengan pusat perbelanjaan Hoog Catharijne. Enaknya, jalanan di pusat kota hanya boleh dilalui sepeda dan pejalan kaki.

 

Panduan ke Belanda baca dulu di sini.

 

CARA KE UTRECHT

Cara terbaik ke Utrecht dari Bandara Schiphol dengan naik kereta, waktu tempuh +/-30 menit. Dari Stasiun Schipol yang berada di lantai basement menuju lorong spoor 1-2  jurusan Stasiun Utrecht Centraal. Setelah melewati Stasiun Amsterdam Zuid dan Stasiun Amsterdam Bijlmer Arena, sampailah Stasiun Utrecht Centraal. Harga tiket tergantung jenis kereta yang dipilih.

 

Baca juga: "Ke Belanda Harus Coba Wisata Kanalnya"

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

WISATA KANAL UTRECHT

Dibanding dengan kanal-kanal lain di Belanda, kanal di Utrecht sangat unik. Sebab di sepanjang tepian kanal berjajar restoran-restoran dengan segala keunikan bangunannya. Dan restoran-restoran itu letaknya 2 m di bawah jalan. Hal itu bisa terjadi karena kanal di Utrecht dibendung sehingga airnya surut dan tanah di pinggir kanal yang surut itulah yang dimanfaatkan untuk mendirikan restoran.

 

Wisata kanal di Utrecht, banyak melewati kafe dan resto

 

Ada dua perusahan yakni Rederij Schuttevaer dan Rederij de Ster yang menawarkan wisata kanal dengan perahu mengelilingi Kota Utrecht. Rederij Schuttevaer yang beralamatkan di Oudegracht 85, Utrecht, membuka tur tiap hari pkl.11.00-17.00 setiap 1 jam sekali  dan untuk musim panas setiap 30 menit. Harga paket tur EUR 10,50.

 

DOM TOWER DOMTOREN

Alamat: Domplein 3512 JC, Utrecht.

 

 

Dom Tower atau Domtoren dibangun pada abad ke-14, dengan tinggi 112 m, merupakan bagian dari Katedral St. Martin. Menara Dom Tower memiliki 50 lonceng yang berada di puncak. Untuk sampai di lokasi lonceng kita harus menaiki anak tangga sebanyak 465 dan itu cukup menghabiskan tenaga.

 

 

Selama pendakian pemandu wisata dari Dom Tower menjelaskan sejarah dan berbagai keunikan bangunan ini dan beberapa kali mengajak peserta tur beristirahat sejenak. Ketika sampai di lokasi lonceng, setelah menjelaskan nama dan asal-usul lonceng dari yang gede hingga yang lebih kecil, pemandu mempersilakan peserta memukul salah satu lonceng sambil mengucapkan keinginan dan harapan. Dan, yang paling mengasyikkan adalah menikmati panorama indah Kota Utrecht dari atas.

 

Memukul lonceng

 

Tur naik Domtoren dibuka setiap hari per 1 jam pukul 11.00-16.00. Cuma, untuk low season ada jam-jam tertentu yang tutup, ditandai dengan cetak tebal. Harga tiket EUR 9 (dewasa), EUR 5 (anak-anak <13 tahun).

 

Untuk mencapai lokasinya cukup jalan kaki +/-20 menit dari Stasiun Utrecht Centraal.  Keterangan lebih lengkap lihat di www.domtoren.nl/page/english.

 

MUSEUM MIFFY

Alamat: Agnietenstraat 2, 3512 XB, Utrecht.

Jam buka: 10.00- 17.00 (Selasa-Minggu)

Tiket masuk: EUR 9 (anak umur 2-12 tahun), EUR 5 (anak >12 tahun dan dewasa), gratis untuk anak anak <2 tahun, EUR 22,50 (tiket keluarga: 2 dewasa + 2 anak). Harga lebih murah EUR 1 kalau beli online (www.miffymuseum.com).

 

Museum Miffy atau Museuum Nijntje merupakan museum tokoh kartun kelinci betina kecil karya seniman Belanda, Dick Bruna. Buku cerita mengenai tokoh Miffy ini pertama kali terbit tahun 1955 hingga 30 edisi dan meledak. Tokoh Miffy pun terkenal di seluruh negeri Belanda, sampai diangkat ke layar televisi dan tahun 2013 diangkat ke layar bioskop.

 

 

Museum yang memiliki 3 lantai ini dibagi dalam beberapa ruang yang punya tema berbeda-beda. Kesemuanya mengajak anak-anak bermain, belajar sekaligus mengembangkan kreativitasnya. Bagi orangtua yang memiliki anak usia 2 hingga 6 tahun wajib ke sini saat berkunjung ke Utrecht. Dan agar lebih berkesan lagi, silakan juga mampir ke toko suvenirnya yang terletak di depan museum.

 

Teks & Foto: Adi Pamungkas

1 COMMENTS


Rollie Feb 02, 2019 Reply

Dear Need info about budapest R Thanks


163

Back to Top