WISATA DEN HAAG DENGAN MADURODAM SEBAGAI ANDALANNYA

WISATA DEN HAAG DENGAN MADURODAM SEBAGAI ANDALANNYA

Monday, 31-12-2018 | 08:05

Taman Miniatur Madurodam, andalan Den Haag

 

Kota Den Haag atau The Haque merupakan kota bersejarah bagi Belanda, sebab selain menjadi pusat pemerintahan, banyak keluarga kerajaan yang tinggal di sini. Daya tarik wisata utamanya selain bangunan-bangunan lama dengan arsitektur menawan seperti istana Paleis Noordeinde, Gedung Parlemen, juga terdapat Museum Mauritshuis yang memiliki koleksi karya pelukis ternama seperti Rembrandt, Rubens, Jan Steen dsb, serta taman miniatur Madurodam.

 

Panduan ke Belanda baca dulu di sini.

 

CARA KE DEN HAAG

Dari Bandara Schiphol bisa naik kereta, bus, taksi ataupun sewa mobil. Untuk naik kereta tinggal beli tiket di konter, sekaligus tanya jenis kereta, langsung menuju Stasiun Schiphol yang berada di lantai basement dan menunggu  di platform yang diinformasikan. Waktu tempuh +/-40 menit.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

ROYAL CITY TOUR

Pesona Den Haag terletak pada bangunan-bangunan bersejarah dan bernilai seni tinggi yang membuat kagum setiap orang yang melihatnya. Kondisi jalanannya pun bersahabat dengan pejalan kaki, meski berseliweran kendaraan bermotor.

 

 

Apa yang bisa dinikmati saat berkeliling di kota ini? Keindahan kanal dekat Gedung Parlemen, kemegahan Gedung Parlemen maupun Paleis Noordeinde yang menjadi istana keluarga kerajaan sejak tahun 1609. Sayangnya istana itu tidak dibuka untuk umum. Bila capek jalan dan ingin menikmati menu Indonesia, ada dua restoran Indonesia yakni Restaurant Garoeda dan De Poentjak yang letaknya bersebelahan di Jalan Kneuterdijk Den Haag.

 

 

Nah untuk menikmati Royal City Tour ini ambil saja paket guided walking tour yang banyak ditawarkan.

 

ROYAL PICTURE GALLERY MAURITSHUIS

Alamat: Plein 29, 2511 CS, Den Haag

Jam buka: pkl.10.00-18.00, kecuali Senin pkl.13.00-18.00, Kamis pkl.10.00-20.00.

Tiket masuk: EUR 15,50, untuk rombongan >15 orang EUR 14, untuk anak-anak gratis.

 

Galeri ini memiliki koleksi-koleksi menawan dari pelukis yang juga disebut Generasi Emas Belanda atau The Dutch Golden Age di bidang seni rupa seperti Veermer, Rembrant, Rubens, Jan Steen dsb. Salah satu karya legendaris yang juga menjadi ikon galeri ini adalah “The Girl with a Pearl Earring”  karya Johannes Vermeer, berupa lukisan gadis cantik berkerudung kain warna biru dan kuning, dengan anting mutiara.

 

“The Girl with a Pearl Earring" 

 

Selain itu galeri yang bertempat di komplek bangunan yang dibangun abad ke-17 ini juga memajang karya Rembrant yang fenomenal  berjudul “The Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp”. Menggambarkan seorang dokter yang memberi pelajaran soal anatomi. Pendeknya, bila Anda pecinta seni lukis wajib berkunjung ke museum ini karena setiap lukisan yang dipajang sungguh memukau.

 

“The Anatomy Lesson of Dr. Nicolaes Tulp”

 

Baca juga: "Menikmati Seni Rupa dari Generasi Emas Belanda"

 

TAMAN MINIATUR MADURODAM

Alamat: George Maduroplein 1, 2584 RZ, Den Haag

Ke sini: Dari Den Haag naik trem berhenti di Schedeldoekshaven, ganti bus jalur 69 atau 79 menuju Scheveningen Noorderstrand turun di Madurodam. 

Jam buka: 11.00-17.00 (Senin-Jumat); 10.00–20.00 (Sabtu-Minggu)

Tiket masuk: EUR 16,50. Lebih murah EUR 2 kalau beli online.

 

Taman Miniatur Madurodam seluas 18.000 m2 ini memajang koleksi dari seluruh landmarks destinasi wisata ternama di Belanda. Seperti The Gooyer Windmill, Royal Palace Amsterdam, Kincir Angin Kinderdijk, Rijksmuseum, Amsterdam Airport Schiphol, Binnenhof, Port of Rotterdam, dll. Tentu dalam bentuk miniatur.

 

 

Semua miniatur bangunan di taman ini memakai skala 1:25 dan dibuat sedetil dan semirip mungkin.  Taman ini dinamakan Madurodam sebagai bentuk penghargaan pada George Maduro, seorang mahasiswa yang meninggal saat melawan penjajahan Jerman pada Perang Dunia II. Sebagai bentuk dedikasi, di taman itu juga ada miniatur rumah kediaman George Maduro. 

 

Taman ini juga dilengkapi museum interaktif dengan sistem multimedia yang menjelaskan tentang sejarah Belanda, sehingga pengunjung seolah-olah terlibat langsung dalam perjalanan sejarah itu. O ya, miniatur pesawat, kapal atau kereta bisa bergerak seolah di lokasi sesungguhnya. Menarik ‘kan?

 

Tips: Sebelum berkunjung buka website-nya dulu (www.madurodam.nl/en) karena jam buka dan harga tiket bisa berubah. Bahkan dalam satu bulan bisa berubah beberapa kali seperti pada bulan Desember.

 

Teks & Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


469

Back to Top