PANDUAN CERDAS EKSPLOR BELANDA

PANDUAN CERDAS EKSPLOR BELANDA

Saturday, 29-12-2018 | 13:12

 

Apa yang Anda pikirkan tentang wisata Belanda? Kincir angin? Madurodam? Wisata kanal? Keukenhof? Lukisan Van Gogh? Atau Red District? Ya, negerinya Ratu Wilhelmina ini memiliki semuanya untuk ditawarkan pada para wisatawan mancanegara. Yuk kita jelajahi Belanda lewat artikel ini dulu sebelum benar-benar pergi ke sana.

 

MENGENAL BELANDA LEBIH DEKAT

Negara Belanda secara resmi ada tahun 1581, dengan bentuk negara monarki konstitusional dan kepala negaranya adalah seorang raja atau ratu, yang saat ini dijabat Raja Willem-Alexander. Sedangkan kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang perdana menteri, yang saat ini dipegang Mark Rutte. Belanda yang juga disebut Nederlands atau Holland beribu kota di Amsterdam, dengan pusat pemerintahannya di Den Haag.

 

Belanda memiliki luas 41.528 km2 (kurang lebih 1/3 Pulau Jawa) dengan jumlah penduduk 17 juta jiwa lebih. Di sebelah timur berbatasan langsung dengan Jerman, bagian selatan dengan Belgia, sedangkan bagian utara dan barat berbatasan langsung dengan Laut Utara.

 

Secara umum 60% wilayah Belanda berada lebih rendah dari permukaan laut, dengan titik terendahnya 7 m di bawah laut berada di daerah Zuidplaspolder, Rotterdam. Sedangkan titik tertingginya berada di Gunung Vaalserberg yang hanya memiliki tinggi 323 m.

 

VISA

Pengurusan visa ke Belanda dilayani di VFS Global baik di Jakarta, Surabaya maupun Bali. Untuk Jakarta, VFS Global berada di Kuningan City Mall Lt. 1 No L1-30-32, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 Kuningan Jakarta.

 

Untuk membuat janji dan mengetahui  persyaratannya, buka saja website VFS Global. Secara garis besar, persyaratan visa Belanda dimulai dengan bikin janji melalui website, mengisi formulir yang dikirim via email setelah buat janji, dan menyiapkan kelengkapan dokumen. Waktu pemrosesan 2 minggu hingga 1 bulan.

 

MATA UANG

Karena Belanda anggota Uni Eropa, mata uangnya Euro (EUR). EUR 1 = +/-Rp16.400.

 

BAHASA

Bahasa resmi Bahasa Belanda. Tapi hampir semua orang Belanda bisa berbahasa Inggris.

 

ZONA WAKTU

GMT +2 (atau 5 jam lebih lambat dari WIB) saat musim panas, atau GMT+1 saat musim dingin.

 

KODE TELEPON

Belanda: +31

 

Baca juga: "Raja Jalanan di Belanda: Sepeda!"

 

WAKTU BERKUNJUNG TERBAIK

Tergantung tujuannya. Kalau mau menikmati indahnya bunga tulip ya datang pada minggu terakhir Maret hingga pertengahan Mei. Kalau ingin menikmati salju datang saat musim dingin, dsb. Intinya, wisata Belanda bisa dinikmati sepanjang waktu.

 

CARA KE BELANDA

Banyak maskapai yang melayani rute dari Jakarta ke Bandara Schiphol Amsterdam, seperti Garuda Indonesia serta KLM Royal Dutch Airlines. Penerbangan dari Jakarta ke Amsterdam +/-14 jam. KLM transit sekali di Kuala Lumpur. Harga tiket PP mulai sekitar Rp10.000.000.

 

Schipol Amsterdam

 

CARA MENGEKSPLOR BELANDA

Cara paling gampang dan murah mengeksplor Belanda dengan naik kereta api, trem ataupun bus. Taksi ataupun sewa mobil tentunya ada tapi sangat mahal. Tiket transportasi umum bisa didapat dengan beberapa cara, salah satunya dengan membeli kartu OV-Chipkaart saat baru tiba di bandara.

 

Kereta Api

Di Belanda ada beberapa jenis kereta api yakni:

  • Kereta cepat Thalys atau TGV dan ICE yang hanya berhenti di stasiun tujuan dan biasanya melayani antarnegara di Eropa.
  • Fyra, kereta yang hanya berhenti di stasiun tujuan.
  • Intercity trein, kereta dengan kecepatan standar yang berhenti hanya di beberapa stasiun yang besar.
  •  Stoptrein, kereta termurah  yang berhenti di setiap stasiun yang dilewati. Perlu dicatat,

jadwal kereta di Belanda sangat tepat waktu.

 

Bus

Di Belanda ada dua jenis bus, yakni bus antarkota dan bus dalam kota. Bus beroperasi hingga pukul 00.30. Kalau weekend  hingga pukul 04.00. Cuma, jarak kedatangan bus semakin malam semakin lama.

 

Trem

 

Angkutan umum jenis ini hanya ada di beberapa kota di Belanda seperti  Amsterdam, Rotterdam, Den Haag dan Utrecht.

 

Metro

Transportasi umum seperti KRL di Indonesia ini hanya ada di Amsterdam dan Rotterdam, itu pun rutenya sangat terbatas.

 

PENGINAPAN

Seperti negara-negara Eropa lainnya, soal penginapan di Belanda bukanlah persoalan. Semua jenis hotel ada, tinggal sesuaikan dengan bujet. Seperti jaringan NH Hotel yang biasanya nggak jauh dari stasiun besar seperti NH Hotel di Utrecht maupun di Rotterdam. Kalau mau hotel dekat Bandara Schiphol ada Hotel Hilton. Atau bisa juga menikmati hotel dengan nuansa keindahan bangunan dan desain interior masa lalu seperti di Carlton Ambassador Hotel Den Haag. Jadi tinggal pilih. Rata-rata tarif hotel bintang 3 di Belanda per malam mulai Rp900.000.

 

Baca juga: "Ada Sebilah Keris di Museum Seks Amsterdam"

 

FAKTA UNIK TENTANG BELANDA

  • Bandara Schiphol berada 4,5 m di bawah permukaan laut.
  • Belanda juga disebut Holland, Netherlands, serta Dutch. Padahal sebutan-sebutan itu tidak sinonim. Holland hanyalah wilayah pesisir barat dari Netherland yang terdiri dari Amsterdam, Rotterdam, Leiden, Harlem dan Den Haag (The Haque).
  • Jumlah sepeda lebih banyak dari jumlah penduduk Belanda. Hal itu dikarenakan rata-rata penduduk Belanda memiliki 2 sepeda. Kenapa? Karena jarak antara rumah ke kantor terlalu jauh jadi mereka naik kereta. Tapi dari rumah ke stasiun mereka naik sepeda dulu. Sepeda ditinggal, lalu mereka naik kereta. Sampai di stasiun tujuan, mereka tinggal ambil sepeda satunya lagi yang diparkir di stasiun untuk menuju kantor. Begitu.
  • Belanda memiliki 1.000 lebih museum. Sehingga ada anggapan di Belanda apa pun bisa dijadikan museum.
  • Di Amsterdam terdapat 1.200 lebih jembatan.
  • Kebanyakan jalan di dalam kota terbuat dari konblok bukan aspal.

 

Objek-objek wisatanya:

Amsterdam: Wisata kanal, Heineken Experience, Museum Van Gogh

Den Haag: Royal City Tour, Taman Miniatur Madurodam, Royal Picture Gallery Mauritshuis

Rotterdam: Keukenhof, Market Hall, Rumah Kubik, Museum Boijmans van Beuningen

 

Lautan bunga tulip di Keukenhof

 

Utrecht: Wisata kanal, Dom Tower, Museum Miffy

Delft: The Royal Delft, New Church, Old Church, Stadhuis (City Hall), Desa Kinderdijk.

 

Info Museum

Belanda memiliki banyak museum, bahkan ada pameo yang mengatakan di Belanda apa pun bisa dijadikan museum. Dan hebatnya lagi, museum-museum dikelola secara profesional. Karena itu bagi perseorangan atau yang tidak dalam rombongan besar jangan khawatir tidak mendapatkan info penting seputar museum yang dikunjungi, karena hampir semua museum menyediakan audio guide yang akan memberi informasi apa yang Anda kehendaki dari museum yang dikunjungi.

 

 

Teks & Foto: Adi Pamungkas

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


603

Back to Top