INILAH KEMERIAHAN NATAL TAHUN 2018 DI TAIWAN

INILAH KEMERIAHAN NATAL TAHUN 2018 DI TAIWAN

Friday, 21-12-2018 | 15:34

Christmasland di New Taipei City

 

Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya bukan hari libur resmi di Taiwan. Umat Kristiani di Taiwan memang minoritas, hanya sekitar 5%, sedangkan mayoritasnya adalah Buddhis. Namun tidak ada larangan untuk memperingati kelahiran Yesus di gereja-gereja, juga merayakan pesta Natal sesuai tradisi dan tentu semeriah mungkin. Yang bukan Kristiani pun ikut menikmati suasana festive dan sale di pasar Natal. Jadi tak heran suasana Natal di Negeri Formosa ini cukup kental, terutama jika dibandingkan dengan di China Daratan.

 

Pemandangan pusat perbelanjaan, hotel dan ruang publik lainnya yang berdekor Natal dengan para staf mengenakan topi Santa bukan hal yang sulit ditemukan. Lantunan kidung Natal terdengar di banyak tempat. Anak-anak sekolah di Taiwan pun tahu tentang Santa Claus dan keriaan yang dibawanya saban Natal. Bahkan ada sekolah yang menggelar karnaval atau kontes bertema Natal. Makan malam Natal di restoran, gathering Natal di kalangan anak muda, bukan hal asing.

 

Tak sedikit turis dari luar Taiwan datang ke Taiwan menghabiskan liburan Natal dan Tahun Barunya. Anda pun bisa, dan tetap mendapatkan suasana Natal yang Anda bayangkan. Toko-toko kue banyak yang menyajikan kue sesuai tema Natal seperti donat berbentuk orang-orangan salju dan Santa Claus, bun, biskuit, roti khas Natal seperti gingerbread. Ada juga toko kue yang menggelar Christmas Eve Sale sampai setengah harga lho...

 

 

Kafe, pub, bar di kota-kota besar seperti Taipei dan Kaohsiung banyak juga yang mengadakan pesta Natal khusus, tentunya dengan penawaran-penawaran menarik.

 

Suhu udara sendiri di Taiwan pada bulan Desember memang cukup dingin, karena sudah memasuki musim dingin. Tapi masih sangat nyaman bahkan untuk kita yang tinggal di daerah tropis, antara 13 sampai 18 °C untuk Taipei. Di Taipei nggak ada salju. Salju di Taiwan adanya di Central Mountain Range. Dua tempat populer untuk melihat salju di Taiwan adalah Mt. Hehuan di Nantou dan Mt. Guanshan di Taidong. Desember termasuk low season di Taiwan, jadi Anda bisa mendapatkan harga-harga lebih murah dari biasanya. Menarik ‘kan?

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Taiwan"

 

Beberapa tempat di Taiwan yang menampilkan kemeriahan Natal tahun 2018 ini antara lain:

CHRISTMASLAND DI NEW TAIPEI CITY

Christmasland ini winter festival paling ngetop di Taiwan yang diadakan tiap tahun. Sudah dibuka dari 16 November 2018 hingga nanti 1 Januari 2019. Temanya kali ini angkasa luar dan planet-planet, yang akan mengilaukan Taipei dengan cahaya-cahaya dan lampu-lampu selama 47 hari! Akan ada juga instalasi seni interaktif dari New York. Dan tentu yang menarik adalah pasar Natal yang sangat ramai dan besar.

 

GLORIDAY DI TAOYUAN

Gloria outlet berdiri di Taoyuan sejak 2016. Sejak tahun lalu outlet ini sukses menggelar acara Natal yang menarik minat banyak pengunjung. Yang paling dituju banyak orang tentulah pasar Natal outdoor yang menjual aneka kebutuhan Natal dan kebutuhan lainnya. Dan yang paling favorit menjadi latar foto tentulah pohon Natal raksasa berwarna merah, dan beberapa instalasi seni yang warna-warni. Tahun ini ada yang istimewa. Pohon Natal setinggi 18 m tak hanya bisa difoto, tapi juga bisa dimasuki dalamnya yang juga penuh ornamen Natal. Acara ini sudah dibuka 13 November 2018  hingga 1 Januari 2019.

 

NATAL PINK DI PINGTUNG

Pingtung tak mau kalah dengan tempat-tempat lain. Kota yang berada di Taiwan bagian selatan ini juga mempercantik diri demi menyambut Natal. Semua dekorasi Natal di taman Pingtung berwarna pink! Pohon Natalnya terbuat dari kado-kado, yang dikeliling rusa-rusa kutub berwarna pink. Juga ada komidi putar pink. Dekorasi ini akan bertahan sampai 3 Maret 2019, sekalian menunggu Taiwan Lantern Festival yang biasa diadakan 2 minggu setelah Tahun Baru Imlek.

 

DEKORASI NATAL SEPANJANG JALAN DI BEITOU, TAIPEI

Beberapa jalan atau gang di dalam permukiman di Distrik Beitou di Taipei setiap tahun didekor oleh para penghuninya dengan nuansa Natal, mulai minggu ketiga Desember hingga Tahun Baru Imlek. Tentu ini jadi pilihan atraksi menarik yang nggak mainstream bagi para wisatawan yang melewatkan liburan Natal di Taipei.

 

TAIPEI 101 BERGAYA NATAL

Pastinya landmark Taipei bahkan Taiwan yang satu ini berdandan genit saat Natal dan menjelang pergantian tahun. Tema dandanannya berganti-ganti tiap tahun. Tahun 2017 lalu tema Frozen dari Disney Movie. Di sekitarnya juga digelar ice-skating rink, pasar Natal, dan beragam wahana permainan anak.

 

 

Teks: Mayawati NH (sumber dari www.imreadygo.com, www.taiwannews.com.tw) Foto: IG@newtaipeitour, Wikimedia

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


876

Back to Top