TAK HANYA KAIN, BAMBU JUGA BISA UNTUK KERAJINAN BATIK

TAK HANYA KAIN, BAMBU JUGA BISA UNTUK KERAJINAN BATIK

Tuesday, 11-12-2018 | 17:30

 

Kalau Trippers mengunjungi toko suvenir di Kota Yogyakarta atau Solo, pasti tak asing dengan kerajinan satu ini. Ya, kerajinan yang membutuhkan ketelatenan serta keuletan ini adalah Batik Bambu. Bambu-bambu yang dihiasi lukisan batik dengan beragam motif memang selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan hiasan di dalam rumah.

 

Baca juga: "Mengenal Lebih Dekat Batik Magetan"

 

Namun tahukah Trippers di mana lokasi pembuatan Batik Bambu ini? Adalah Santoso, industri rumah tangga di bidang seni yang terletak di Jalan Argowiyoto 2, Ngaglik, Desa Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Industri ini telah berdiri sejak tahun 1995 dan didirikan oleh Bapak Santoso dengan mengandalkan produk vas bunga bermotif batik dan natural.

 

Selain vas bunga, ada pula produk lain seperti celengan, tempat pensil, gelang dan asbak. Di samping menjadi lokasi produksi Batik Bambu, tempat ini juga menyediakan tempat khusus untuk menjual Batik Bambu. Untuk harganya pun bervariasi, mulai dari Rp7.000 hingga Rp85.000 atau sesuai dengan motif dan ukuran.

 

 

Salatiga memang dikaruniai tanaman bambu yang melimpah, mulai dari bambu kecil hingga bambu berukuran besar atau biasa disebut bambu petung. Adapun proses pengolahan bambu dimulai dari pemotongan dengan alat pemotong, selanjutnya diproses dengan mesin bubut supaya bentuknya terlihat lebih cantik. Langkah berikutnya adalah dihaluskan dengan kertas amplas, diolesi obat anti rayap dan segera dikirim ke Solo untuk proses pembatikan.

 

Setelah proses pembatikan selesai, barang-barang tersebut kembali dikirim ke Salatiga untuk masuk ke tahap sanding yakni olesan dasar tahap pertama dengan warna natural transparan. Kemudian dihaluskan kedua kalinya menggunakan amplas dan dicat menggunakan melamin jenis dof untuk warna tidak mengkilap dan ada juga yang dicat dengan melamin gloss untuk warna mengkilap.

 

 

Tahap berikutnya adalah pengeringan dengan oven besar selama kurang lebih 12 jam. Selesai proses ini, masuklah ke proses pengecoran menggunakan malam pada bagian alasnya, sementara permukaan paling bawah dilapisi kain beludru. Inilah beberapa tahapan pembuatan Batik Bambu sampai akhirnya barang siap dikirim kembali ke Solo dan Yogyakarta untuk masuk ke toko suvenir.

 

Bagi Trippers yang tertarik membeli atau memesan Batik Bambu, bisa menghubungi pemilik di nomor HP 081902811666. Atau bisa juga langsung meluncur ke lokasi pembuatan dengan jarak kurang lebih 45 km dari Bandara Adi Sumarmo Solo atau sekitar 1 jam berkendara.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


454

Back to Top