FAKTA UNIK DOLMABAHCE PALACE DI TURKI INI TAK PERNAH TERBAYANGKAN....

FAKTA UNIK DOLMABAHCE PALACE DI TURKI INI TAK PERNAH TERBAYANGKAN....

Thursday, 22-02-2018 | 17:59

Istana Dolmabahce adalah istana megah peninggalan Kesultanan Ottoman yang wajib hukumnya dikunjungi jika Anda ke Istanbul Turki. Banyak fakta unik dan menarik seputar istana ini. Beberapa hal sangat mencengangkan. Apa saja?

 

1. Dolmabahce Palace memiliki 285 ruangan, 44 aula, 68 toilet dan 6 turkish baths.

2. Sebanyak 14 ton emas digunakan untuk mendekorasi langit-langit sehingga seperti dilapis daun emas.

3. Sebanyak 131 karpet sutra buatan tangan dipesan khusus dari kota kecil di Turki bernama Hereke khusus untuk menggelari istana ini. Hereka memang terkenal akan karpetnya yang ciamik.

4. Chandelier kristal yang dihadiahkan oleh Ratu Victoria dari Inggris untuk istana ini adalah chandelier terbesar di dunia dengan 750 bohlam dan beratnya mencapai 4,5 ton.

5. Pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk, wafat di kamar tidur yang paling sederhana di istana ini dibanding kamar-kamar lainnya. Dan jam dinding di ruang ini sampai sekarang tetap menunjukkan pukul 09.05, yang adalah waktu wafatnya pada tanggal 10 November 1938.

6. Pengunjung sama sekali tidak boleh memotret di dalam ruangan istana padahal bagian dalamlah yang sangat impresif. 

7. Wisatawan hanya dapat masuk ke istana ini dalam rombongan tur yang dipimpin seorang pemandu. Jadi nggak bisa masuk sendiri tanpa ikut rombongan ya...

8. Istana Dolmabahce ini adalah kediaman bagi 6 sultan terakhir dari Kesultanan Ottoman.

9. Lokasi istana ini awalnya adalah sebuah teluk di Selat Bosphorus yang dulunya difungsikan sebagai pelabuhan bagi armada kapal Kesultanan Ottoman.

10. Dolmabahce bermakna “taman yang penuh”.

11. Dolmabahce adalah istana terbesar di Turki dengan luas mencakup 45.000 m2.

12. Banyak sekali batu-batuan berharga super mahal yang digunakan sebagai dekorasi di dalam istana seperti Egyptian alabaster, marmer Marmara dan porphyry dari Pergamum.

13. Sejumlah 202 lukisan cantik dipajang di dalam istana, antara lain karya Ivan Aivazovsky, Gustave Boulanger, Eugene Fromentin, Jean Leon Gerome, Stanislaw Chlebowski, Sandor Svaboda, Fausto Zonaro, Felix Ziem, Theo Van Rysselberghe, Karl Joseph Kuwasseg, Osman Hamdi Bey, Osman Nuri Pasa, Halil Pasa, Sekrit Dag and Omer Ben Mustafa.

14. Ruangan-ruangan di istana yang menghadap laut dipakai oleh Grand Vizier, pejabat utama dan menteri negara Kesultanan Ottoman.  

15. Anak tangga kristal dengan chandelier kristal di istana ini membuat semua pengunjung terkesima.

 

 

16. Istana Dolmabahce menerima kunjungan setiap hari kerja kecuali Senin dan Kamis, pukul 09.00- 15.00.

17. Para harem menonton acara atau upacara-upacara akbar di aula utama istana melalui jeruji dari kamar persembunyian mereka.

18. Total biaya yang dihabiskan untuk membangun Dolmabahce setara USD 1,5 triliun (dengan kurs tahun 2013), yang membuat kesultanan di ambang kebangkrutan.

 

 

Teks: Mayawati NH, berbagai sumber Foto: www.toycatour.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


737

Back to Top