TAHUKAH ANDA ADA TEMPAT DI BUMI YANG JUMLAH BERUANG KUTUBNYA LEBIH BANYAK DARI MANUSIA?

TAHUKAH ANDA ADA TEMPAT DI BUMI YANG JUMLAH BERUANG KUTUBNYA LEBIH BANYAK DARI MANUSIA?

Friday, 24-03-2017 | 03:10

 

Adalah Svalbard, satu tempat di muka bumi yang memiliki banyak fakta unik yang tak ada di tempat lain. Apa saja?

 

  • Svalbard merupakan tempat paling utara di dunia yang memiliki populasi polar bear (beruang kutub) permanen. Jumlah populasi polar bear di sini melebihi jumlah penduduknya. Jadi nggak heran polar bear pun menjadi ikon atau simbol Svalbard. Saking banyaknya jumlah polar bear, turis tidak diperbolehkan mengeksplor sendiri sampai batas tertentu, tapi harus ambil paket tur setempat yang akan didampingi pemandu lokal bersenjata. Karena sewaktu-waktu kita bisa saja bertemu si polar bear.

 

  • Polar bear jantan tidak berhibernasi, sedangkan polar bear betina berhibernasi selama 2 bulan di musim dingin untuk menjaga bayinya.

 

  • Saat musim dingin 60% dari Svalbard tertutup salju dan dikelilingi oleh glacier.

 

  • Fenomena polar night biasa terjadi dari 26 Oktober sampai 16 Februari di Svalbard. Disebut Polar Night ketika terjadi gelap gulita di seluruh Svalbard saat siang maupun malam. Fenomena ini terjadi karena matahari berada 6 derajat di bawah horizon.

 

Polar night

 

  • Kebalikan dari Polar Night, Midnight Sun terjadi di mana matahari bersinar 24 jam dari periode 15 April sampai 26 Agustus.

 

Midnight sun

 

  • Svalbard merupakan bagian dari kepulauan di Norwegia tapi secara administratif Svalbard bukan bagian dari wilayah Norwegia mana pun. Norwegia sendiri termasuk Negara Schengen sedangkan Svalbard tidak. Oleh sebab itu jangan heran ya ketika hendak ke Svalbard, paspor kita akan dicap keluar dari Negara Schengen, dan ketika kembali akan dicap masuk lagi. Makanya harus minta Visa Schengen yang multiple entry jika berencana ke Svalbard.

 

Jadi, menurut  pada  , kalangan internasional mengakui kedaulatan Norwegia atas Svalbard dan menetapkannya sebagai zona netral. Norwegia mengambil alih administratif Svalbard pada . Namun, menurut isi perjanjian yang unik itu, penduduk negara-negara lainnya mempunyai hak untuk mengeksploitasi deposit mineral dan sumber daya alam lainnya yang "berpijak pada prinsip sama rata sepenuhnya". Sebagai dampaknya, pemukiman permanen dengan status otonomi muncul di  Pada suatu masa, jumlah penduduk Rusia (atau ) yang bermukim di Svalbard pernah melebihi populasi warga Norwegia. Tak heran jika lebih dari 40 kewarganegaraan menetap di Longyearbyen, pusat pemerintahan Svalbard. Kota  di bawah pimpinan gubernur berstatus sysselmann (sheriff) yang diangkat pemerintah pusat. Svalbard hanya terdiri dari sebuah kabupaten, yaitu Longyearbyen.

 

Baca tentang Svalbard di sini.

 

Teks: Jetty Mardona Foto: Istimewa, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


902

Back to Top