TAHUKAH ANDA ADA IKAN YANG BISA MERAMAL CUACA?

TAHUKAH ANDA ADA IKAN YANG BISA MERAMAL CUACA?

Thursday, 23-03-2017 | 02:56

 

Tahukah Anda bahwa ikan cod begitu populer dan sekaligus diagungkan di Lofoten, Norwegia? Salah satunya karena ikan ini bisa meramalkan cuaca. Berikut fakta-fakta lain mengenai ikan cod.

 

-          Sudah berabad-abad lamanya menangkap dan mengeringkan ikan cod menjadi bagian hidup para nelayan di Lofoten, bahkan telah menjadi industri besar.

 

 

-          Puncak penangkapan ikan cod terjadi pada Januari hingga April ketika gerombolan ikan ini berpindah dari Laut Barentz menuju Vesfjorden.

 

-          Jumlah tangkapan rata-rata ikan cod 50.000 ton per tahun.

 

-          Orang Norwegia percaya bahwa satu dari 20.000 ikan cod adalah King Cod. Gumpalan istimewa pada dahi menandakan kecerdasan dan membawa keberuntungan bagi keluarga yang menangkapnya. King Cod biasanya dikeringkan dan digantung di langit-langit dengan benang dan dibiarkan memutar sebagai penanda ramalan cuaca.

 

  • Setiap tahun di akhir Maret diadakan World Cod Fishing Championship di Svolvær yang biasanya diikuti lebih dari 300 peserta. Ada 2 kategori yang dilombakan yaitu ikan yang terberat dan jumlah terbanyak ikan yang ditangkap.

 

-          Biasanya ikan yang seukuran akan diikat sepasang-sepasang, lalu digantungkan hingga kering di atas rak kayu berbentuk huruf A yang sangat besar. Stockfish ini biasanya diekspor ke Italia, Spanyol dan Portugal. Stockfish bisa bertahan bertahun-tahun, bisa dimakan mentah, diasinkan ataupun dimasak. Kandungan proteinnya 80%. Nutrisi dari 1kg stockfish sama dengan 5 kg ikan segar lainnya.

 

Baca tentang Lofoten di sini.

Teks & Foto: Jetty Mardona

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


166

Back to Top