HANYA DI NEPAL YANG BEGINI

HANYA DI NEPAL YANG BEGINI

Tuesday, 22-03-2016 | 15:59

Sungai di Pegunungan Annapurna

 

Hanya Nepal yang punya gunung tertinggi di dunia. Hanya Nepal pula yang punya bendera bentuknya unik. Dan masih ada lagi “hanya di Nepal-hanya di Nepal” lainnya. Nepal memang negeri yang eksotis, dan hanya Nepal yang begini....

 

Kartu Kedatangan dengan Kolom “Trekking” dan “Rafting”

Mungkin cuma kartu kedatangan  di Nepal yang menyediakan kolom “Trekking” dan “Rafting” sebagai salah satu tujuan kunjungan. Biasanya ‘kan cuma disediakan pilihan “Business”, “Holiday/Travel”, “Official”, “Study/Research”, “Other”. Maklum, saking banyaknya orang datang ke Nepal buat trekking di Pegunungan Annapurna. Pemandangan turis dengan backpack gede yang digantungi trekking pole atau sepatu trekking jadi hal biasa di Tribhuvan International Airport, Kathmandu, ibu kota Nepal. Nggak heran pula kalau Thamel, kawasan backpackers di Kathmandu dijejali toko perlengkapan trekking. Pantes sering banget orang lokal nanya, “Do you come here for trekking?” Nah, kalau rafting? Nepal juga surga bagi para penggemar olah raga sungai. Pilihan tingkat kesulitan sungainya lengkap, dari kelas 2 sampai 5. Wajar, karena Nepal adalah negeri kedua setelah Brasil yang memiliki sungai terbanyak di dunia. Bukan cuma itu, bahkan beberapa sungai berarus terderas di dunia terdapat di Nepal karena kemiringannya yang sangat ekstrem.

 

Anak-anak sekolah di Nepal

 

Minggu Adalah Hari Kerja

Di Nepal Minggu adalah hari kerja. Anak sekolah pun masuk. Jadi kapan dong liburnya? Sabtu. Sedangkan Jumat setengah hari. O ya, sekolah di sana dimulai pada pukul 10 pagi dan berakhir sekitar pukul 2 siang. Beda tempat beda aturan ya.

 

Bendera Nepal

 

 

Bendera Unik

Satu-satunya bendera negara yang bentuknya nggak persegi empat cuma Nepal. Unik, seperti umbul-umbul yang  berbentuk dua segitiga siku-siku ditumpuk, dengan warna dominan merah. Miniatur bendera ini banyak dijual di mana-mana sebagai suvenir.

 

 

Gunung-gunung tinggi di Nepal

 

 

Cuma Disebut “Peak”

Saking punya buanyak banget gunung tinggi (8 dari 10 gunung tertinggi di dunia ada di Nepal), di Nepal tuh gunung yang tingginya nggak lebih dari 6.000 mdpl cuma disebut “peak”, bukan “mountain”. Pegunungan Annapurna yang tingginya minimal 7.000-an mdpl barulah disebut “mountain”.  Sooo, kalau pakai terminologi di Nepal, bahkan Pegunungan Sudirman yang punya puncak tertinggi di Indonesia (Cartenz Pyramid) pun belum bisa disebut gunung dong? Soalnya “cuma” 4.884 mdpl.

Teks: Mayawati NH ; Foto: Hartadi, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


307

Back to Top