24 NEGARA DAN JULUKANNYA (Bagian 1)

24 NEGARA DAN JULUKANNYA (Bagian 1)

Friday, 27-05-2016 | 18:16

Ternyata tidak hanya orang saja yang mempunyai nama lain atau alias (a.k.a), negara pun memiliki julukan tersendiri. Entah karena mitos, sejarah, budaya, seni, cinderamata, desain, bangunan dan masih banyak alasan lain yang menjadikan negara tersebut mempunyai julukan tersendiri. Coba simak 30 negara yang tersebar di seluruh muka bumi ini mendapat julukan karena apa?

 

1. AMERIKA SERIKAT = NEGERI PAMAN SAM

Pada masa perang di tahun 1812, seorang pemuda bernama Samuel Wilson menyuplai daging untuk para tentara Amerika Serikat dalam bentuk tong-tong besar. Kiriman daging di dalam tong tersebut ditandai oleh Samuel dengan inisial “US” yang berarti United State (Amerika Serikat).  Namun lama-kelamaan para tentara mengartikannya “US” sebagai “Uncle Sam” (Paman Sam).  Sejak itu para kritikus dunia pun sering menjadikan “US” tersebut sebagai bahan publikasi, misalnya dalam perekrutan tentara Amerika tertulis “US need …” yang dibaca “Uncle Sam need…” (Amerika membutuhkan …..)

 

2. ARGENTINA = NEGERI TANGO

Tango sebenarnya adalah sebuah kebiasaan, kepercayaan dan bagian upacara masyarakat kelas bawah, yaitu penduduk asli Rio De La Plata yang merupakan budak Afrika. Seiring waktu berjalan, kegiatan ini digabungkan dan diubah menjadi sebuah tarian yang dinamakan tango.

Kata tango sendiri pertama kali digunakan tahun 1890 yang berasal dari Bahasa Latin “Tangere” yang berarti menyentuh, ada juga yang mengatakan dari Bahasa Spanyol yaitu “Tambo” yang dipelesetkan menjadi Tango. Nah tarian tango ini sangat populer di Argentina terutama di ibu kotanya Buenos Aires. Jadilah negeri ini dijuluki Negeri Tango.

 

3. AUSTRALIA = NEGERI KANGURU

Benua Australia adalah benua termuda dari 5 benua di seluruh dunia. Ditemukan pada abad ke-17 oleh James Cook. Sejak ditemukannya, berbagai penemuan membuat benua ini semakin diminati.  Dari sisi flora dan fauna pun didapati berbagai jenis hewan yang asli dan hanya terdapat di Australia, seperti laba-laba, kalajengking, ubur-ubur dan moluska.  Yang menjadi perhatian adalah binatang berkantung dan tumbuh besar yaitu kanguru. Binatang unik ini hanya bisa ditemukan di Australia pada masa itu. Keunikan kanguru menyebar ke seluruh dunia dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi benua tersebut, sampai-sampai pada lambang Negara Australia pun terdapat gambar kanguru.


4. BELANDA = NEGERI KINCIR ANGIN, DAM, TULIP

Negara yang banyak banget julukannya ini memang sangat mempesona. Berawal dari sebuah daratan dengan tingkat ketinggian tanahnya yang di bawah permukaan laut, menjadi sebuah negara kering dengan bendungan (dam) di mana-mana. Sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi mulailah dibuat kincir angin yang fungsi utamanya adalah untuk mengeluarkan air dari dataran yang lebih rendah dan sekaligus menangkap angin. Akan halnya bunga tulip –bunga yang berwarna-warni ini sempat menjadi alat pembayaran di Belanda, hingga suatu saat nilainya jatuh. Namun pertumbuhan bunga tulip di negeri ini tak pernah berhenti. Jadi, dam di mana-mana, kincir angin juga tersebar di seluruh pelosok sampai bunga tulip yang tak pernah berhenti tumbuh, semuanya menjadi julukan Negeri Belanda.


5. BRASIL = NEGERI SAMBA

Sebagian besar kebudayaan Brasil merupakan bawaan dari penjajahnya yaitu Portugal, dan tari-tariannya pun banyak dikombinasi dengan musik dari Afrika. Tapi tarian samba merupakan tarian khas Brasil, yang kemudain tenar di mana-mana hingga pada akhirnya begitu melekat dengan masyarakat Brasil sehingga dijadikan identitas negara. Bahkan para pemain sepak bolanya pun mendapat julukan Tim Samba.

 

6. BRUNEI DARUSSALAM = PETRO DOLAR ASEAN

Negara kecil yang terletak di Asia Tenggara ini merupakan satu-satunya negara ASEAN yang mempunyai pendapatan > 40.000 dolar per kapitanya karena hasil tambang minyaknya. Brunei Darussalam merupakan penghasil minyak terbesar di Asia Tenggara. Hingga saat ini belum ada negara di Asia Tenggara yang mampu menyamakan angka tersebut, oleh karena itu negara ini disebut Petro Dolar ASEAN.


7. CHINA = NEGERI TIRAI BAMBU, PANDA, TEMBOK RAKSASA

Sebutan Tirai Bambu ini diberikan karena China sangat menutup diri dari perkembangan dunia luar pada zaman dulu dan bambu merupakan tanaman tradisional yang banyak sekali tumbuh di China sehingga disebutlah Negara Tirai Bambu. Sedangkan panda yang dikenal termasuk hewan karnivora (pemakan daging) namun 90% makanan aslinya adalah bambu, sehingga mudah berkembang biak di China. Lalu soal Tembok Raksasa, tembok ini dibangun pada masa Kekaisaran  Qin Shi Huang Di, dengan tujuan melindungi diri dari serangan musuh. Pada masa Dinasti Ming tembok yang dalam Bahasa Mandarin disebut Wan Li Chang Cheng ini disempurnakan lagi hingga terbentuk seperti sekarang dan telah menjadi salah satu destinasi favorit di seluruh penjuru dunia dengan panjang mencapai 6.350 km.

 

8. FINLANDIA = NEGERI SERIBU DANAU

Total jumlah danau di Finlandia ada 187.888, dimana 60.000-nya termasuk danau yang sangat besar. Danau Saimaa misalnya, merupakan danau terbesar ke-5 di seluruh Eropa. Dan jangan lupa Finlandia juga dikenal sebagai Land of The Midnight Sun di mana matahari bersinar selama 24 jam di musim panas di bagian utaran wilayahnya.

 

(Bersambung)

Teks: Fransiskus Ipang K Foto: Adi Pamungkas, Getty Images, Istimewa, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


579

Back to Top