UNIK NIH, ADA VW BEETLE DAN JIMNY DI PURA PALUANG NUSA PENIDA

UNIK NIH, ADA VW BEETLE DAN JIMNY DI PURA PALUANG NUSA PENIDA

Saturday, 01-12-2018 | 21:08

 

Keistimewaan Nusa Penida di Bali memang tak terbantahkan. Rasanya sudah banyak orang tahu kalau Nusa Penida menyimpan pesona wisata bahari yang layak diacungi 2 jempol sekaligus. Di sana ada Broken Beach atau Pasih Uug, Pantai Kelingking, Laguna Angel's Billabong, Pantai Atuh, Pantai Volcom, Raja Lima dan masih banyak lagi. Belum lagi cara mengeksplornya pun tidak begitu sulit. Hal inilah yang membuat Nusa Penida selalu ramai karena menjadi destinasi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

 

Baca juga: "8 Spot Keren di Nusa Penida Bali (Bagian 1)"

 

Nama Nusa Penida memang melambung karena wisata baharinya, ini yang membuat mayoritas wisatawan seolah melupakan jenis wisata lain yang ada di Nusa Penida, sebut saja salah satunya adalah Pura Paluang. Sebagai daerah yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, adalah hal yang wajar jika di Nusa Penida sering dijumpai bangunan pura. Tapi Pura Paluang ini beda lho! Begitu memasuki kawasan pura, Trippers akan dibuat keheranan sebab di sana terdapat 2 buah struktur unik yakni berupa mobil VW Beetle dan Suzuki Jimny.

 

 

Sejarahnya, Pura Paluang ini ada berawal dari keinginan masyarakat Dusun Karang Dawa untuk membuka lahan perkebunan di tempat ini. Di tengah proses pengerjaan, ada sebuah batu besar yang harus dipindahkan ke tempat lain. Namun setelah dipindah, keesokan harinya batu tersebut kembali ke tempat semula. Hingga suatu ketika muncullah sebuah petunjuk untuk mendirikan sebuah pura yang letaknya di atas perbukitan karang dan bersebelahan dengan jurang yang sangat curam. Dan pura tersebut dinamai Pura Paluang.

 

Adalah Ratu Gede Sakti yang meminta agar masyarakat di Dusun Karang Dawa membuatkan pelinggih (tempat pemujaan) mobil jenis VW Beetle dan Suzuki Jimny. Bangunan yang tak biasanya ini dulunya dibuat dengan menggunakan bahan kayu yang dibentuk menyerupai sebuah mobil. Namun lama kelamaan kayu tersebut mulai keropos, hingga akhirnya dilakukan pemugaran tanpa mengubah ukuran, bentuk dan desain, menggunakan batu supaya tahan lebih lama.

 

Bangunan mobil VW Beetle dicat warna emas pada kap dan coklat kekuningan di bagian bodi. Plat nomor mobil ini KD 013 yang berarti Karang Dawa dan tahun pemugaran pada tanggal 01-01-2013. Sementara mobil Suzuki Jimny berwarna merah dengan kaca bagian depan mobil tertutup dan di kedua sisinya terdapat 2 naga berwarna hijau emas. Plat mobil ini adalah DK 28703 GL, yang merujuk pada DK plat nomor kendaraan Provinsi Bali, tanggal pemugaran pada 28-7-2003 dan GL kepanjangan dari Gunung dan Lebah atau bisa diterjemahkan sebagai Jurang.

 

 

O ya, ada sedikit cerita mistis seputar pura ini. Menurut warga sekitar, pada malam hari sering terdengar suara mesin dan bunyi klakson disertai sorot lampu yang sangat terang, kemudian hilang begitu saja.

 

Dari 2 bangunan mobil kuno nan unik tersebut, akhirnya muncul sebutan lain dari Pura Paluang yakni Pura Mobil. Pura ini persisnya berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Untuk memasukinya tidak ada tiket khusus alias gratis, namun tetap tunjukkan kesopanan ya.

 

Adapun rute menuju Pura Paluang adalah sebagai berikut:

Dari Bandara Ngurah Rai menuju Dermaga Sanur dengan jarak 17 km atau 30 menit berkendara.

Dari Dermaga Sanur menuju Dermaga Banjar Nyuh menggunakan kapal cepat umum (fast boat) sekitar 30 menit perjalanan dengan harga tiket Rp75.000 sekali jalan. Dari Dermaga Banjar Nyuh menuju Pura Paluang sekitar 15 km atau sekitar 40 menit berkendara.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


197

Back to Top